Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PREFERENSI KONSUMEN TERHADAP KERIPIK DAUN SINGKONG MEREK “HANNA” (Suatu Kasus di Kota Cilegon, Banten)

Triyani, Intan (2016) PREFERENSI KONSUMEN TERHADAP KERIPIK DAUN SINGKONG MEREK “HANNA” (Suatu Kasus di Kota Cilegon, Banten). S1 thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text
PREFERENSI KONSUMEN TERHADAP KERIPIK DAUN SINGKONG MEREK “HANNA”.PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

This study is to analyze consumer preferences towards chips of cassava leaves in Cilegon with organoleptic test then tabulated using Fishbein multiatribut analysis using SPSS to attribute the taste, aroma, crispness, price and packaging. This research type is descriptive qualitative method of data collection is done by giving a questionnaire (questionnaire) directly to the panelist. The sample used in this study of 100 respondents by using a sampling technique that is incidental sampling. Research is known that consumer preference on chips cassava leaves by the number of respondents was 100 panelists obtained Consumer preferences towards cassava leaf chips based on the attributes of flavor, aroma, crispness, price and packaging between chips cassava leaves rendang flavor, spicy flavor, Lung taste and flavor meatballs result that attributes of flavor, aroma, crispness pricing and packaging chips cassava leaves spicy flavors are preferred. A level based on the four types of flavor chips cassava leaves rendang flavor, spicy flavor, taste and flavor meatballs lungs are all favored by the respondents.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorBukhari, Ahmad197103092005011003
Thesis advisorWibowo, Aris Supriyo196307272006041001
Additional Information: Dewasa ini pembangunan yang semakin berkembang, pertumbuhan ekonomi dan industri telah banyak mengalami kemajuan. Hal ini dapat dilihat dari semakin banyaknya produsen yang terlibat dalam pemenuhan kebutuhan dan keinginan konsumen sehingga menyebabkan setiap industri harus menempatkan orientasi kepada konsumen sebagai tujuan utama Produk keripik daun singkong merek “Hanna” sebagai produk baru, banyak hal yang harus dilakukan oleh produsen agar konsumen tertarik untuk membeli produk keripik daun singkong tersebut. Hal ini berhubungan dengan atribut yang dimiliki oleh produk, dan mengetahui tingkat kesukaan terhadap produk keripik daun singkong merek “Hanna” dengan empat rasa yang diproduksi diantaranya rasa rendang, rasa pedas, rasa paru dan rasa baso. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana preferensi konsumen terhadap atribut rasa, aroma, kerenyahan, harga dan kemasan pada keripik daun singkong rasa rendang, rasa pedas, rasa paru dan rasa baso. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode survey. Adapun lokasi penelitian yaitu di Jalan KH. Yasin Beiji, Kelurahan Kota Baru, Kecamatan Cilegon, karena 800 meter pada jalan ini terdapat CFD (Car Free Day) yang ditentukan secara purvosive, sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 100 responden dengan menggunakan teknik pengambilan sampel yaitu Sampling insidental. Data yang digunakan yaitu berupa data primer yang diperoleh dari hasil sebaran kuesioner kepada responden keripik daun singkong. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif untuk menganalisis sikap responden dianalisis menggunakan analisis multiatribut fishbein. Preferensi konsumen terhadap keripik daun singkong berdasarkan atribut rasa, aroma, kerenyahan, harga dan kemasan antara keripik daun singkong rasa rendang, rasa pedas, rasa paru dan rasa baso diperoleh hasil bahwa atribut rasa, aroma, kerenyahan, harga dan kemasan keripik daun singkong rasa pedas lebih disukai. Berdasarkan tingkat kesukaan pada keempat jenis rasa keripik daun singkong rasa rendang, rasa pedas, rasa paru dan rasa baso semuanya disukai oleh responden.
Uncontrolled Keywords: consumer preferences, attributes, chips cassava leave
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: 04-Fakultas Pertanian
04-Fakultas Pertanian > 54201-Program Studi Agribisnis
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 21 Mar 2022 14:17
Last Modified: 30 Mar 2022 22:08
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/10384

Actions (login required)

View Item View Item