Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

POLEMIK KEBUDAYAAN ANTARA TOKOH TUTI DAN MARIA DALAM NOVEL LAYAR TERKEMBANG KARYA SUTAN TAKDIR ALISJAHBANA DAN USULAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MENULIS DI KELAS IX SMP: TINJAUAN INTERTEKSTUAL

Sopiah, Alma (2016) POLEMIK KEBUDAYAAN ANTARA TOKOH TUTI DAN MARIA DALAM NOVEL LAYAR TERKEMBANG KARYA SUTAN TAKDIR ALISJAHBANA DAN USULAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MENULIS DI KELAS IX SMP: TINJAUAN INTERTEKSTUAL. S1 thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text
POLEMIK KEBUDAYAAN ANTARA TOKOH TUTI DAN MARIA DALAM NOVEL LAYAR TERKEMBANG KARYA SUTAN TAKDIR.PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Latar belakang masalah ini adalah tentang kurangnya pendidikan budaya di Indonesia serta kurangnya pendidik maupun peserta didik yang menerapkan nilai-nilai budaya yang ada dalam karya sastra, khususnya novel dan buku. Novel yang dipakai sebagia objek dalam penelitian ini adalah novel Layar Terkembang karya Sutan Takdir Alisjahbana dan buku Polemik Kebudayaan editor Achdiat K. Mihardja. novel Layar Terkembang karya Sutan Takdir Alisjahbana dan buku Polemik Kebudayaan editor Achdiat K. Mihardja menggambarkan semanagtnya para pemikir dalam memajukan budaya Indonesia dalam ranah yang lebih baik dengan pemikiran yang berbeda-beda. Penelitian ini di fokuskan pada hubungan intertekstual polemik pemikiran Tuti dan Maria dalam Layar Terkembang dengan pemikiran polemik dalam Polemik Kebudayaan yang kemudian dikaji dengan pendekatan intertekstual. Selanjutnya dicari perbedaan dan persamaannya dengan cara disejajarkan dari hasil penafsiran oleh peneliti. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui polemik pemikiran novel dan buku yang terdapat dalam Layar Terkembang karya Sutan Takdir Alisjahbana dan Polemik Kebudayaan editor Achdiat K. Mihardja dan untuk mengetahui susunan rencana pelaksanaan pembelajaran di SMP menggunakan hasil analisis tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif yang bersifat deskriptif karena sesuai dengan tujuan penelitian, yaitu bagaimana hubungan intertekstual polemik pemikiran Tuti dan Maria dalam Layar Terkembang dengan pemikiran polemik dalam Polemik Kebudayaan. Berdasarkan hasil penelitian terdapat hubungan intertekstual polemik pemikiran Tuti dan Maria dalam Layar Terkembang dengan pemikiran polemik dalam Polemik Kebudayaan. Perbedaan yang terdapat dalam novel dan buku tersebut adalah pada aspek watak, tokoh, dan sudut pandang yang terdapat dalam novel dan buku. Sementara persamaan dari buku dan novel tersebut adalah isi kandungan yang terdapat dalam buku dan novel sama-sama membahas tentang polemik pemikiran Indonesia yang akan datang, pemikiran para tokoh yang sama-sama kuat dengan pendiriannya masing-masing dalam memajukan kebudayaan Indonesia.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorSenjaya, Arip197902012005011003
Thesis advisorWahid, Farid Ibnu197902072008121002
Uncontrolled Keywords: Polemik, kebudayaan Barat, kebudayaan Timur dan intertekstual
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 88201-Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 21 Mar 2022 13:48
Last Modified: 30 Mar 2022 22:10
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/10374

Actions (login required)

View Item View Item