Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN BROKOLI (Brassisca oleracea L. var. Lucky) PADA SISTEM AKUAPONIK ERDASARKAN PERBEDAAN WAKTU TANAM IKAN NILA (Oreochromis niloticus)

Ramadhan, Febri (2015) PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN BROKOLI (Brassisca oleracea L. var. Lucky) PADA SISTEM AKUAPONIK ERDASARKAN PERBEDAAN WAKTU TANAM IKAN NILA (Oreochromis niloticus). S1 thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text
PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN BROKOLI (BRASSISCA OLERACEA L. VAR. LUCKY) PADA SISTEM AKUAPONIK B.PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

To supply the needs for a balanced and proper nutrition in the household, it would require a technology that combines fish farming with plant cultivation. One of the right technology is aquaponics. Aquaponics is an integrated food production technologies that can minimize the nitrogen waste from metabolic of fish through integration hydroponic crop production system aquaculture systems. The study was aimed to find out the effect of different time in planting fish on aquaponics system through growth and yield of broccoli (Brassica oleracea L. var. Lucky). This study had been conducted in January to May 2015 in Rarahan district Cipanas, Cianjur. The study was arranged by Randomized Block Design (RBD) that consisted of five replications. The treatment was different time in planting fish with W1 = the time of planting fish on day, W2 = the time of planting fish on day 5, W3 = the time of planting fish day 10, W4 = the time planting fish on day 15 and W5 = the time of planting fish day 20. The result showed that the treatment time of planting fish at day 10 (W3) had given real effect to height, stem diameter, number of leaves, flower diameter, flower fresh weight and shoot dry weight. While for the parameters of root dry weight and shoot root ratio was not significant.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorFatmawaty, Andi Apriany196904072003122001
Thesis advisorUtama, Putra197110052002121001
Additional Information: Untuk memenuhi kebutuhan akan gizi yang seimbang dan tepat dalam skala rumah tangga dapat terpenuhi, maka diperlukan teknologi yang memadukan antara budidaya ikan dengan budidaya tanaman. Salah satu teknologi yang tepat adalah akuaponik, akuaponik merupakan teknologi produksi pangan terpadu yang dapat meminimasi limbah nitrogen dari sisa metabolisme ikan melalui integrasi sistem produksi tanaman secara hidroponik ke dalam sistem akuakultur. Pada sistem akuaponik sendiri limbah dari ikan dapat dimanfaatkan oleh tanaman, namun untuk prosesnya memerlukan waktu karena limbah dari ikan tidak bisa dimanfaatkan langsung oleh tanaman. Tanaman dapat menyerap N apabila berupa nitrat. Konsentrasi nitrat akan semakin tinggi setelah lebih dari 10 hari, kemudian sistem akuaponik akan stabil setelah lebih dari 20 hari. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh perbedaaan waktu tanam ikan pada sistem akuaponik terhadap pertumbuhan dan hasil brokoli (Brassica oleraceae L. var. Bejo). Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari sampai dengan Mei 2015 di Rarahan kecamatan Cipanas Kabupaten Cianjur. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok satu faktor yang terdiri dari lima ulangan. Perlakuan berupa perbedaan waktu tanam ikan dengan W1 = waktu tanam ikan pada hari ke- 1, W2 = waktu tanam ikan pada hari ke- 5, W3 = waktu tanam ikan pada hari ke- 10, W4 = waktu tanam ikan pada hari ke- 15, W5 = waktu tanam ikan pada hari ke- 20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlakuan perbedaan waktu tanam ikan berpengaruh nyata terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman brokoli dimana perlakuan W3 (tanam ikan pada hari ke 10) menunjukkan nilai rata-rata tertinggi pada pertumbuhan vegetatif tanaman yang terdiri dari tinggi tanaman (26,8 cm), diameter batang (1,29 cm), dan jumlah daun (15,20 helai) dan hasil tanaman brokoli yang terdiri dari diameter bunga sebesar 5,33 cm dan bobot basah bunga sebesar 26,19 gram
Uncontrolled Keywords: aquaponics, broccoli (Brassica oleracea L. var. Lucky), time planting of fish
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: 04-Fakultas Pertanian
04-Fakultas Pertanian > 54211-Program Studi Agroekoteknologi
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 21 Mar 2022 11:47
Last Modified: 30 Mar 2022 22:03
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/10364

Actions (login required)

View Item View Item