Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PERSEPSI PETANI PADI PADA INOVASI SISTEM TANAM JAJAR LEGOWO DI LAHAN SAWAH IRIGASI TEKNIS (Suatu Kasus di Desa Pagelaran, Kecamatan Malingping, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten )

SUPRIATNA, ASEP (2015) PERSEPSI PETANI PADI PADA INOVASI SISTEM TANAM JAJAR LEGOWO DI LAHAN SAWAH IRIGASI TEKNIS (Suatu Kasus di Desa Pagelaran, Kecamatan Malingping, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten ). S1 thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text
PERSEPSI PETANI PADI PADA INOVASI SISTEM TANAM JAJAR LEGOWO DI LAHAN SAWAH IRIGASI TEKNIS (SUATU .PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Rice is the main food commodity has high value. It requires serious treatment to increase its productivity value. To extend the rice productivity value, farmers apply the innovation in their farming technology. One of these innovations is Jajar Legowo (extended row-based) planting system. This research was aimed to describe the characteristics of Jajar legowo farmers and to analyse their perception toward jajar legowo planting system in Pagelaran Village. The method that was applied in this research was survey method. The number of respondents was 89 people chosen randomly using simple random sampling. The research data was divided into primary and secondary data. The primary data was gathered from questionnaires and interviews with the respondents. The secondary data was obtained from government office and related agency that support the data research. The result of the research, it showed that farmers’ perception toward jajar legowo planting system was categorized as good category which scored 65,10 or 77,5 %. The result shown above, it can be concluded that farmers’ perception toward jajar legowo planting system was catagorised in good criteria.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorMulyaningsih, Asih197509042006042001
Thesis advisorMulyati, Sri1961071020033122001
Additional Information: Padi sebagai komoditas pangan utama mempunyai nilai strategis yang sangat tinggi, sehingga diperlukan adanya penanganan yang serius dalam upaya peningkatan produktivitasnya. Untuk meningkatkan produktivitas padi para petani menggunakan inovasi teknologi. Salah satu inovasi teknologi yang digunakan untuk meningkatkan produktivitas padi adalah sistem tanam jajar legowo. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan karakteristik petani yang melakukan inovasi sistem tanam jajar legowo dan menganalisis persepsi petani Desa Pagelaran pada inovasi sistem tanam jajar legowo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei, lokasi penelitian ditentukan secara sengaja (purposive)yaitu di Desa pagelaran dan teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling dengan jumlah responden sebanyak 89 orang. Data yang dikumpulkan terdiri atas data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari hasil kuesioner dan wawancara langsung dengan responden, sedangkan data sekunder berasal dari dinas dan instansi terkait yang menunjang penelitian. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa persepsi petani pada inovasi system tanam jajar legowo di lahan irigasi teknis menunjukan kategori baik dengan skor 65,10 atau 77,5 %. Dalam penelitian ini persepsi petani pada inovasi sistem tanam jajar legowo dibagi menjadi empat variabel, yaitu variabel keuntungan relatif, tingkat kesesuaian, tingkat kerumitan, dan tingkat kemudahan dilihat hasilnya. Variable keuntungan relatif dibagi menjadi tiga yaitu; manfaat ekonomis, manfaat teknis dan kenaikan pendapatan. Skor persepsi yang diperoleh adalah 3,20 untuk indicator manfaat ekonomis, manfaat teknis 3,10 dan kenaikan pendapatan skornya adalah 3.52. Sedangkan pada variabel tingkat kesesuaian, skor untuk dimensi variabel kondisi lingkungan adalah 3,14, kebiasaan petani 3,04 dan kebutuhan petani 3,13. Kemudian pada variabel tingkat kerumitan, skor persepsi petani terhadap kemudahan penggunaan adalah 3,15 dan kepraktisan 3,06. Variable yang terakhir adalah tingkat kemudahan melihat hasilnya, yaitu; keadaan fisik tanaman: 3,13, mutu gabah 3,08 dan kenaikan produksi 2,94. Secara umum persepsi petani pada inovasi sistem tanam jajar legowo di lahan irigasi teknis termasuk kategori baik
Uncontrolled Keywords: Perception, Innovation, Jajar Legowo, Technical Irrigation
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: 04-Fakultas Pertanian
04-Fakultas Pertanian > 54201-Program Studi Agribisnis
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 21 Mar 2022 10:34
Last Modified: 30 Mar 2022 22:28
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/10340

Actions (login required)

View Item View Item