Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PERSEPSI KONSUMEN TERHADAP PRODUK OLAHAN NANAS DAN STRATEGI PENGEMBANGANNYA (Sebuah Kasus di CV. Tulimario desa Tangkit Baru, Kabupaten Muaro Jambi, Provinsi Jambi)

MUKHTASIDA, BUNGA ANDARI (2015) PERSEPSI KONSUMEN TERHADAP PRODUK OLAHAN NANAS DAN STRATEGI PENGEMBANGANNYA (Sebuah Kasus di CV. Tulimario desa Tangkit Baru, Kabupaten Muaro Jambi, Provinsi Jambi). S1 thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text
PERSEPSI KONSUMEN TERHADAP PRODUK OLAHAN.PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Pineapple is the fruits of horticultural crop derived from Brazil and then developed in Indonesia. One of the provinces that produce pineapple plant is the Jambi Province, precisely in New Tangkit village. With many of pineapple production in Jambi, inspire people to do processing of pineapple into refined products so that fruits is not damaged and still have economic value. Tulimario is one of the SMEs that produce processed pineapple products in New Tangkit village. With the prospect of a pineapple processing industry, many new industries are emerging. Therefore, it is necessary to do research on consumer perceptions of pineapple processed products, to be able to formulate alternative strategies in business development Tulimario. The research method used is survey method with the site selection is deliberately at CV. Tulimario. The sampling technique used is the perception of the customers of nonprobability sampling while the alternative strategies used sampling techniques with methods of observation. The result showed that customer perceptions of pineapple dodol and pineapple jam cooking have similiarity in terms of the price they both have a low price and has a difference in color, flavor, texture and aroma. Alternative strategies priority for CV. Tulimario is SO strategy towards the development, growth and expansion.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorMeutia, Meutia197208282003122001
Thesis advisorSuherna, Suherna196908192002121001
Additional Information: Buah nanas ialah buah-buahan unggulan Indonesia yang memiliki kandungan gizi cukup tinggi dan banyak diproduksi di Propinsi Jambi. Banyaknya produksi buah nanas di Propinsi Jambi, khususnya di desa Tangkit Baru, mendorong masyarakat untuk melakukan pengolahan buah nanas menjadi produk olahan nanas agar nanas yang dihasilkan dalam jumlah banyak tersebut tidak rusak dan tetap memiliki nilai ekonomis. CV. Tulimario merupakan salah satu UMKM yang memproduksi produk hasil olahan buah nanas di desa Tangkit Baru. Dengan adanya prospek yang menjanjikan dari industri produk olahan nanas, industri-industri baru di bidang tersebut terus bermunculan. Oleh karena itu, perlu dilakukan penelitian mengenai sikap dan persepsi konsumen terhadap produk olahan nanas agar dapat dirumuskan alternatif strategi yang tepat dalam pengembangan usaha Tulimario. Metode Penelitian yang digunakan ialah metode survei dengan pemilihan lokasi secara sengaja yaitu di CV. Tulimario. Teknik pengambilan sampel persepsi konsuman yang digunakan ialah nonprobability sampling dengan metode accidental sampling dalam pengambilan responden yang berjumlah sebanyak 100 responden. Sedangkan untuk alternatif strategi digunakan teknik pengambilan sampel dengan metode observasi, yaitu melalui wawancara langsung dengan pemilik CV dan para tenaga kerja di CV. Tulimario. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi konsumen terhadap dodol nanas dan selai nanas goreng memiliki kesamaan dari segi harga yaitu sama-sama memiliki harga yang murah dan memiliki perbedaan pada warna, rasa, tekstur dan aroma. Keunggulan yang dimiliki dodol nanas berdasarkan penilaian konsumen terletak pada atribut harga (murah), dan aroma (harum), sedangkan keunggulan yang dimiliki selai nanas goreng yaitu terletak pada atribut harga (murah), warna (kuning), rasa (cukup manis), dan tekstur (cukup lembut). Alternatif strategi prioritas bagi CV. Tulimario adalah alternatif strategi SO dengan rumusan strategi (1) meningkatkan produksi dan pemasaran produk dengan menggunakan teknologi inovasi dan komunikasi, dan (2) meningkatkan pengembangan usaha dengan menggunakan bantuan modal dari pemerintah. Simpulan yang dapat diambil dari hasil penelitian persepsi konsumen terhadap produk olahan nanas dan strategi pengembangannya yaitu; (1) persepsi konsumen berdasarkan atribut dodol nanas dan selai nanas goreng memliki kesamaan (similiarity) dari segi harga yaitu sama-sama memiliki harga yang murah, dan memiliki perbedaan pada atribut warna, rasa, tekstur, dan aroma. (2) alternatif strategi prioritas bagi CV. Tulimario adalah strategi SO kearah pengembangan, pertumbuhan,dan perluasan. Adapun saran yang ditawarkan penulis yaitu, (1) Tulimario disarankan meningkatkan persediaan produk dengan memperhatikan kepuasan konsumen berdasarkan persepsi konsumen terhadap produknya. (2) Tulimario disarankan mempertimbangkan alternatif strategi dan mengimplementasikannya khususnya alternatif strategi SO.
Uncontrolled Keywords: Customer Perception, Alternative Strategy, Pineapple
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: 04-Fakultas Pertanian
04-Fakultas Pertanian > 54201-Program Studi Agribisnis
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 21 Mar 2022 09:59
Last Modified: 30 Mar 2022 20:39
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/10332

Actions (login required)

View Item View Item