Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PERSEPSI DAN KEPUASAN KONSUMEN DALAM MEMBELI SAYURAN DI PASAR MALAM ( Suatu Kasus di Kecamatan Ciruas Kabupaten Serang )

SUPRIYADI, AGUS (2016) PERSEPSI DAN KEPUASAN KONSUMEN DALAM MEMBELI SAYURAN DI PASAR MALAM ( Suatu Kasus di Kecamatan Ciruas Kabupaten Serang ). S1 thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text
PERSEPSI DAN KEPUASAN KONSUMEN DALAM MEMBELI SAYURAN DI PASAR MALAM.PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

The aimed of this study is to analyze the perception and customer satisfaction of the marketing of vegetables at the District of Ciruas and night market. The method used in this study is survey method. The data used are primary data and secondary data. The methode of sampling in this research using accidental sampling. To collect the data the writer used direct interview and give the questionnaires to respondents who purchase of vegetables at the night market. Data Analysis of this research of the analysis of perception used the average scores, while analysis of customer satisfaction used index of customer satisfaction and used scale likert measuring. Results of the research customer perceptions of vegetables to purchase vegetables at the night market of attribute vegetables counted sufficient good category and customer perceptions of market attributes night counted sufficient good category. While customer perception of vegetables to the purchase of vegetables in traditional markets Ciruas to attribute vegetable category is counted sufficient good and the customer perception of the attributes of traditional markets counted sufficient the category sufficient good satisfaction of customer against the marketing of vegetables at the night market for vegetable products gain value customer satisfaction index category are satisfied and customer satisfaction the night market is sufficient satisfied category. As for the customer satisfaction of vegetables in traditional markets Ciruas obtain customer satisfaction index score category are satisfied and to assess customer satisfaction to traditional markets gain customer satisfaction index score category are sufficient satisfied.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorMeutia, Meutia197208282003122001
Thesis advisorMulyati, Sri196107102003122001
Additional Information: Sayuran menjadi kebutuhan yang penting bagi masyarakat di kehidupan sehari�hari dalam pemenuhan gizi masyarakat untuk memelihara kesehatan tubuh. Peluang pemasaran sayuran saat ini adalah pasar swalayan, supermarket dan outlet khusus yang menjual sayuran. Selain sayuran tersebut dijual di pasar modern, swalayan, supermarket, dan outlet khusus, para pedagang sayuran maupun pengecer sayuran ada juga yang menjual sayuran mereka di pasar malam. Pasar malam merupakan pasar yang melakukan transaksi perdagangan di malam hari biasanya dilaksanakan dari sore hari hingga malam hari, di tempat-tempat yang biasanya konsumennya banyak dan dilaksanakan pada hari dan waktu-waktu tertentu. Dari kegiatan pasar malam tersebut diharapkan dapat menjadi salah satu tempat pemasaran bagi produk sayuran. Kegiatan proses pembelian produk sayuran di pasar malam ini menimbulkan persepsi dan kepuasan masyarakat terhadap kegiatan pemasaran sayuran di pasar malam. Oleh karena itu perlu untuk lebih diteliti bagaimana persepsi dan kepuasan konsumen terhadap pembelian sayuran di pasar malam.Tujuan penelitian ini adalah; 1) menganalisis persepsi konsumen terhadap pembelian sayuran di pasar malam dan pasar tradisional Ciruas berdasarkan atribut sayuran dan atribut pasar, 2) menganalisis kepuasan konsumen sayuran dalam membeli sayuran di pasar malam dan pasar tradisional Ciruas. Penelitian ini dilakukan di pasar malam yang berada di sekitar kecamatan Ciruas yang dipilih secara sengaja (purposive) dengan pertimbangan bahwa pasar malam di Kecamatan Ciruas belum pernah dilakukan penelitian mengenai persepsi dan kepuasan konsumen terhadap pemasaran sayuran di pasar malam dan kegiatan pasar malam di Kecamatan Ciruas ini merupakan pasar yang banyak terdapat penjual/pedagang sayurannya. Adapun penelitian ini dilakukan pada bulan April 2016 sampai dengan Juni 2016. Data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari data primer berupa hasil wawancara dengan menggunakan kuesioner dan data sekunder berupa hasil studi pustaka. Analisis persepsi menggunakan analisis rataan skor dan analisis kepuasan konsumen menggunakan pengukuran indeks kepuasan konsumen. Pengukuran persepsi dan kepuasan konsumen diukur dengan menggunakan skala pengukuran skala likert. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa persepsi konsumen terhadap pembelian sayuran di pasar malam untuk persepsi terhadap atribut sayuran memperoleh nilai rataan skor sebesar 3,22 termasuk kriteria persepsi cukup baik, sedangkan untuk persepsi konsumen terhadap atribut pasar malam sebesar 3,15 termasuk kriteria cukup baik. Kepuasan konsumen terhadap pembelian sayuran di pasar malam untuk atribut sayuran memperoleh indeks kepuasan konsumen sebesar 0,662 yang termasuk kategori puas, sedangkan untuk kepuasan konsumen terhadap atribut pasar malam 0,653 yang termasuk kategori puas. Selanjutnya vi persepsi konsumen terhadap pembelian sayuran di pasar tradisional Ciruas untuk persepsi terhadap atribut sayuran memperoleh nilai rataan skor sebesar 3,56 termasuk kriteria persepsi baik, sedangkan untuk persepsi konsumen terhadap atribut pasar tradisional Ciruas sebesar 2,87 termasuk kriteria cukup baik. Kepuasan konsumen terhadap pembelian sayuran di pasar tradisional Ciruas untuk produk sayuran memperoleh indeks kepuasan konsumen sebesar 0,713 yang termasuk kategori puas, sedangkan untuk kepuasan konsumen terhadap pasar tradisional Ciruas 0,572 yang termasuk kategori cukup puas. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat ditarik kesimpulan bahwa Persepsi konsumen sayuran terhadap atribut sayuran yang dijual di pasar malam dan pasar tradisional termasuk kategori cukup baik, sedangkan persepsi konsumen terhadap atribut sayuran yang dijual di pasar tradisional termasuk kategori baik. Selanjutnya persepsi konsumen terhadap atribut pasar malam dan pasar tradisional termasuk kategori cukup baik. Kepuasan konsumen sayuran terhadap sayuran yang dijual di pasar malam dan pasar tradisional mendapat nilai indeks kepuasan konsumen kategori puas. Selanjutnya kepuasan konsumen terhadap pasar malam mendapat nilai indeks kepuasan konsumen kategori puas, sedangkan penilaian kepuasan konsumen terhadap pasar tradisional mendapat nilai indeks kepuasan konsumen kategori cukup puas
Uncontrolled Keywords: Customer perception, Customer satisfaction, Night market, Traditional market
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: 04-Fakultas Pertanian
04-Fakultas Pertanian > 54201-Program Studi Agribisnis
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 21 Mar 2022 09:51
Last Modified: 30 Mar 2022 20:38
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/10331

Actions (login required)

View Item View Item