Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

BEA PEROLEHAN HAK ATAS TANAH DAN BANGUNAN PADA DINAS PENDAPATAN DAERAH (DISPENDA) KABUPATEN TANGERANG

MUSARI GURALLAH, AHMAD (2016) BEA PEROLEHAN HAK ATAS TANAH DAN BANGUNAN PADA DINAS PENDAPATAN DAERAH (DISPENDA) KABUPATEN TANGERANG. D3 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
BEA PEROLEHAN HAK ATAS TANAH DAN BANGUNAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Meningkatnya kegiatan pembangunan disegala bidang, menyebabkan meningkatnya keperluan akan ketersediaannya tanah dan atau bangunan. Sedangkan tanah dan atau bangunan tersebut jumlahnya sangat terbatas, maka sudah sewajarnya jika perolehan hak atas tanah dan atau bangunan dikenakan pajak oleh negara. Pajak yang dimaksud adalah Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB), BPHTB adalah pajak yang dikenakan atas perolehan hak atas tanah dan bangunan. BPHTB keberadaannya sangat penting sebagai salah satu sumber terbesar penerimaan pajak daerah yang dikelola oleh Dinas Pendapatan Daerah (DISPENDA) Kabupaten Tangerang. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif, dimana dalam penelitian yang dilakukan bersifat Deskriptif yaitu untuk mengetahui atau menggambarkan kenyataan dari kejadian yang diteliti, sehingga memudahkan penulis untuk mendapatkan data yang objektif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan wawancara dan observasi. Tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) Untuk mengetahui prosedur pelaksanaan Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan pada Dinas Pendapatan Daerah Kabupaten Tangerang. 2) Mengetahui kontribusi penerimaan Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan pada Pajak Daerah di Kabupaten Tangerang. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerimaan dan realisasi BPHTB cukup besar dan efektif

Item Type: Thesis (D3)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorDWI ASTUTI, KURNIASIH197601142010122001
Thesis advisorFITRIYANI, FARA198409162008122001
Additional Information: Meningkatnya kegiatan pembangunan disegala bidang, menyebabkan meningkatnya keperluan akan ketersediaannya tanah dan atau bangunan. Sedangkan tanah dan atau bangunan tersebut jumlahnya sangat terbatas, maka sudah sewajarnya jika perolehan hak atas tanah dan atau bangunan dikenakan pajak oleh negara. Pajak yang dimaksud adalah Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB), BPHTB adalah pajak yang dikenakan atas perolehan hak atas tanah dan bangunan. BPHTB keberadaannya sangat penting sebagai salah satu sumber terbesar penerimaan pajak daerah yang dikelola oleh Dinas Pendapatan Daerah (DISPENDA) Kabupaten Tangerang. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif, dimana dalam penelitian yang dilakukan bersifat Deskriptif yaitu untuk mengetahui atau menggambarkan kenyataan dari kejadian yang diteliti, sehingga memudahkan penulis untuk mendapatkan data yang objektif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan wawancara dan observasi. Tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) Untuk mengetahui prosedur pelaksanaan Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan pada Dinas Pendapatan Daerah Kabupaten Tangerang. 2) Mengetahui kontribusi penerimaan Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan pada Pajak Daerah di Kabupaten Tangerang. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerimaan dan realisasi BPHTB cukup besar dan efektif.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan, Pajak Daerah
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: 05-Fakultas Ekonomi dan Bisnis
05-Fakultas Ekonomi dan Bisnis > 61403-Program Diploma III Perpajakan
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 18 Mar 2022 13:59
Last Modified: 18 Mar 2022 13:59
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/10308

Actions (login required)

View Item View Item