Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

ANALISIS TOKOH DAN PENOKOHANDALAM NOVEL PUDARNYA PESONA CLEOPATRA KARYA HABIBURAHMAN EL SHIRAZY DAN RENCANA PEMBELAJARAN DI SMS KELAS X

irmawati, irmawati (2015) ANALISIS TOKOH DAN PENOKOHANDALAM NOVEL PUDARNYA PESONA CLEOPATRA KARYA HABIBURAHMAN EL SHIRAZY DAN RENCANA PEMBELAJARAN DI SMS KELAS X. S1 thesis, universitas sultan ageng tirtayasa.

[img] Text
ANALISIS TOKOH DAN PENOKOHAN DALAM NOVEL.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK ANALISIS TOKOH DAN PENOKOHAN DALAM NOVEL PUDARNYA PESONA CLEOPATRA KARYA HABIBURAHMAN EL SHIRAZY DAN RENCANA PEMBELAJARAN DI SMA KELAS X oleh Irmawati Nim 2222102662 Penelitian ini merupakan telaah tokoh dan penokohan dalam novel Pudarnya Pesona Cleopatra karya Habiburahman El Shirazy dan rencana pembelajaran di SMA kelas X yang melatarbelakangi unsur intrinsik dalam novel yaitu tentang tokoh dan penokohan. Di dalam sebuah novel selalu terdapat nilai pendidikan seperti nilai pendidikan religius, nilai pendidikan moral, nilai pendidikan budaya, dan nilai pendidikan sosial. Penelitian ini dilakukan dalam rangka memperkaya materi pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di sekolah khususnya dalam pembelajaran tokoh dan penokohan serta nilai pendidikan. Berdasarkan latar belakang yang telah diuraikan di atas, penulis memfokuskan penelitian ini pada analisis tokoh dan penokohan Pudarnya Pesona Cleopatra karya Habiburahman El Shirazy. Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui tokoh dan penokohan dalam Pudarnya Pesona Cleopatra karya Habiburahman El Shirazy, (2) untuk mengetahui adanya hubungan nilai pendidikan dalam novel Pudarnya Pesona Cleopatra karya Habiburahman El Shirazy, (3) untuk mengetahui hasil penelitian ini memiliki kemungkinan untuk dijadikan rencana pembelajaran tokoh dan penokohan di SMA kelas X. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik studi pustaka, yaitu dengan mencari data-data berupa teori dari buku-buku referensi penelitian tersebut. Adapun teknik analisis data dengan menggunakan teknik dokumentasi. Sumber data yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah novel Pudarnya Pesona Cleopatra karya Habiburahman El Shiazy. Berdasarkan hasil tokoh dan penokohan dalam novel Pudarnya Pesona Cleopatra karya Habiburahman El Shirazy dapat dibuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan digunakan oleh guru sebagai alternatif bahan ajar dalam pembelajaran tokoh dan penokohan di SMA kelas X. Kata kunci : Tokoh, penokohan, Novel, Nilai Pendidikan, Rencana Pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorEdiwarman, Ediwarman196610052001121001
Thesis advisorHusnul Mawadah, Ade197906292005012004
Uncontrolled Keywords: Tokoh, penokohan, Novel, Nilai Pendidikan, Rencana Pembelajaran.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 88201-Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 14 Mar 2022 10:47
Last Modified: 14 Mar 2022 10:47
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/10256

Actions (login required)

View Item View Item