Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

ANALISIS AMBIGUITASLEKSIKAL DALAM RUBRIK “FACEBOOK” SURAT KABAR RADAR BANTEN EDISI JUNI 2013 DAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJAARAN BERBICARA DIKELAS X SMA

RATNASARI, DEWI (2014) ANALISIS AMBIGUITASLEKSIKAL DALAM RUBRIK “FACEBOOK” SURAT KABAR RADAR BANTEN EDISI JUNI 2013 DAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJAARAN BERBICARA DIKELAS X SMA. S1 thesis, universitas sultan ageng tirtayasa.

[img] Text
ANALISIS AMBIGUITAS LEKSIKAL DALAM RUBRIK FACEBOOK SURAT KABAR RADAR BANTEN EDISI JUNI 2013 DAN R.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (20MB)

Abstract

ABSTRAK Dewi Ratnasari, 2014, Analisis Ambiguitas Leksikal dalam Rubrik “Facebook” Surat Kabar Radar Banten Edisi Juni 2013 dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Berbicara di Kelas X SMA. Dalam berkomunikasi ada kalanya ditemukan kesulitan untuk memahami apa yang dibaca atau didengarjkan sehingga timbul salah pengertian. Sebab-sebab terjadi sandungan atau hambatan berkomunikasi itu banyak. Salah satu di antaranya adalah adanya kegandaan makna yang menimbulkan berbagai penafsiran atau yang disebut dengan ambiguitas (ketaksaan). Jika dikaitkan dengan proses pemelajaran bahasa Indonesia di sekolah, pengetahuan tentang ambiguitas penting dikuasai oleh guru. Pengetahuan tentang teori ambiguitas akan menolong guru memahami materi bahasa yang akan diajarkannya dan mempermudah dalam mengajarkan bahasa kepada para siswanya. Dengan demikian, guru bahasa Indonesia harus lebih banyak dan lebih intensif memberikan latihan menggunakan bahasa sesuai dengan situasi atau konteks pemakaian, baik secara lisan maupun tertulis. Demikian pula, hal yang tidak kalah pentingnya adalah guru harus memberikan penekanan pada manfaat intonasi (lisan) dan tanda baca (tulisan) dalam setiap aktivitas berbahasa siswa. Namun, agar tujuan tersebut dapat tercapai, tentunya guru bahasa Indonesia harus memiliki bahan ajar yang tepat. Oleh karena itu, penulis melakukan penelitian mengenai ambiguitas dengan menggunakan sumber data berupa rubrik facebook yang terdapat dalam surat kabar Radar Banten yang kemudian hasil analisisnya akan dimanfaatkan untuk menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) berbicara di kelas X SMA. Pertanyaan penelitian ini adalah: (1) bagaimanakah deskripsi wujud ambiguitas leksikal yang terdapat dalam rubrik facebook surat kabar Radar Banten Edisi Juni 2013 ? (2) bagaimanakah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) berbicara di kelas X SMA yang dapat disusun dengan memanfaatkan hasil analisis dan temuan penelitian? Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan wujud ambiguitas leksikal pada rubrik facebook surat kabar Radar Banten dan menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) berbicara di kelas X SMA yang disusun dengan memanfaatkan analisis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif yang digunakan untuk mendeskripsikan wujud ambiguitas (ketaksaan) leksikal yang terdapat dalam rubrik facebook surat kabar Radar Banten edisi Juni 2013. Berdasarkan analisis yang penulis lakukan, dapat disimpulkan bahwa dari 17 rubrik facebook dalam surat kabar Radar Banten edisi Juni 2013 ditemukan sebanyak 30 buah yang dapat dikelompokkan sebagai rubrik facebook yang mengandung ambiguitas leksikal yang disebabkan oleh polisemi sebanyak 6 buah, dan ambiguitas yang disebabkan oleh homonim sebanyak 24 buah. Selain itu, hasil analisis ambiguitas dalam rubrik facebook surat kabar Radar Banten edisi Juni 2013 dapat dijadikan sebagai penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) berbicara di kelas X SMA.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorHasani, Aceng196708201998021003
Thesis advisorRosidin, Odin197612222002121001
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 88201-Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 14 Mar 2022 10:23
Last Modified: 14 Mar 2022 10:23
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/10252

Actions (login required)

View Item View Item