Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

ANALISIS KOSAKATA IDIOMATIK DALAM KUMPULAN CERPEN “SEBUAH PERTANYAAN UNTUK CINTA” KARYA SENO GUMIRA AJIDARMA DAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MENULIS DI SMA KELAS XII

Jaya Sumpena, Sunaryo (2015) ANALISIS KOSAKATA IDIOMATIK DALAM KUMPULAN CERPEN “SEBUAH PERTANYAAN UNTUK CINTA” KARYA SENO GUMIRA AJIDARMA DAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MENULIS DI SMA KELAS XII. S1 thesis, universitas sultan ageng tirtayasa.

[img] Text
ANALISIS KOSAKATA IDIOMATIK DALAM KUMPULAN CERPEN “SEBUAH PERTANYAAN UNTUK CINTA” KARYA SENO GUMI.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Sunaryo Jaya Sumpena, 2015. Analisis Kosakata Idiomatik Dalam Kumpulan Cerpen “Sebuah Pertanyaan Untuk Cinta” Karya Seno Gumira Ajidarma Dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Menulis Di Sma Kelas XII. Tujuan dalam penelitian ini, untuk: mendeskripsikan penggunaan kosakata idiomatik dari kumpulan cerpen Sebuah Pertanyaan untuk Cinta karya Seno Gumira Ajidarma terbitan Gramedia tahun 2008, dan menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) menulis di SMA kelas XII dengan memanfaatkan hasil analisis.Adapun pertanyaan penelitian ini yaitu: (a) Bagaimanakah deskripsi penggunaan kosakata idiomatik dalam kumpulan cerpen Sebuah Pertanyaan Untuk Cinta karya Seno Gumira Ajidarma terbitan Gramedia tahun 2008? (b) bagaimanakah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) menulis di SMA kelas XII yang disusun dengan memanfaatkan hasil analisis?.Metode dalam penelitian ini metode deskriptif, digunakan karena sesuai dengan tujuan penelitian, yakni untuk mendeskripsikan tentang penggunaan Idiom dalam kumpulan cerpen Sebuah Pertanyaan untuk Cinta karya Seno Gumira Ajidarmaterbitan Gramedia tahun 2008.Untuk memperoleh data yang berkaitan dengan penelitian ini, ada dua teknik yang digunakan yaitu studi pustaka, dan teknik catat. Untuk mempermudah penelitian, penulis menggunakan teknik analisis data berupa content analysis atau yang disebut dengan kajian isi, yang langkah-langkahnya meliputi: (a) mengidentifikasi data yang ada, (b) mengklasifikasikan data, (c) melakukan pengkodean, (d) menganalisis data, (e) menyimpulkan analisis, (f) menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) menulis di SMA kelas XII dengan memanfaatkan hasil analisis.Dari hasil analisis, peneliti mendapatkan penggunaan kosakata idiomatik yang berbentuk idiom penuh dan idiom sebagian.Selain itu pula peneliti mendapatkan pengunaan idiom lugas. Peneliti mengkaitkan pembelajaran menulis di SMA Kelas XII Semester 2, dengan kode Standar Kompetensi8. Mengungkapkan pendapat, informasi, dan pengalaman dalam bentuk resensi dan cerpen dan Kompetensi Dasar dengan kode 8.1 Menulis resensi buku kumpulan cerpen berdasarkan unsur-unsur resensi dan menemukan ungkapan dalam cerpen. Kata kunci: Penggunaan Idiom, Kumpulan Cerpen, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Menulis

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorMuhyidin, Asep197604072001121001
Thesis advisorRosidin, Odin197612222002121001
Uncontrolled Keywords: Penggunaan Idiom, Kumpulan Cerpen, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Menulis
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 88209-Jurusan Pendidikan Seni dan Pertunjukan
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 09 Mar 2022 13:37
Last Modified: 09 Mar 2022 13:37
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/10209

Actions (login required)

View Item View Item