Ristani, Tiara Dwi and Setianto, Yearry P. and Praceka, Puspita Asri (2022) PERLAWANAN TERHADAP JUDUL UMPAN KLIK PADA BERITA DARING (Studi Etnografi Digital Pada Judul Berita Umpan Klik Melalui Akun Twitter @Clickunbait). S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik.
Text
Perlawanan Terhadap Judul Umpan Klik Pada Berita Daring (Studi Etnografi Digital Pada Judul Berit.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK Tiara Dwi Ristanti. NIM. 6662150050. Skripsi. Perlawanan Terhadap Judul Umpan Klik Pada Berita Daring (Studi Etnografi Digital Pada Judul Berita Umpan Klik Melalui Akun Twitter @clickunbait). Pembimbing I: Yearry Panji Setianto., Ph.D. Pembimbing II: Puspita Asri Praceka., M.I.Kom. Seiring perkembangan waktu, tampilan media sosial dipergunakan dalam proses penyebaran beritaoleh perusahaan media untuk meneruskan berita yang telah diproduksi. Hal ini dilakukan demi mendapat banyak pengunjung (high traffic) untuk mendapat iklan.Ketika persaingan memperebutkan khalayak untuk meningkatkan kunjungan sangat ketat, pada saat itulah muncul strategi clickbait atau umpan klik. Sayangnya, judul berita yang menggunakan strategi umpan klik dapat memperburuk kualitas jurnalisme online di Indonesia.Melihat hal tersebut, terdapat orang-orang yang memberikan perhatian dan mendedikasikan diri dengan membuat media alternatif akun-akun penyelamat klik.Salah satu akun penyelamat klik yang populer yaitu @clickunbait. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bentuk perlawanan @clickunbait terhadap budaya umpan klik berita daring di media sosial melalui tiga hal, yakni dasar filosofis yang mendorong orang-orang terlibat dalam akun @clickunbait, konten narasi dan cuitan twit @clickunbait, dan strategi yang dilakukan @clickunbait dalam membangun gerakan dan menyebarkan gagasannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode etnografi digital. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, landasan filosofis orang-orang yang terlibat dalam akun ClickUnbait yaitu berkontribusi untuk mencerdaskan pembaca daring di Indonesia dan megirim sinyal pertentangan terhadap media yang menulis berita clickbait.Kemudian, narasi konten dari twit yang dibagikan ClickUnbait kepada khalayaknya berkaitan erat dengan clickbait.Isi kontennya dapat dikategorikan menjadi: (1) twit yang mengunbait suatu berita yang terindikasi clickbait, (2)Retweet dari followers yang mengunbait berita, (3)Twit berita yang layak untuk dibaca dengan tagar #RekomendaKlik, (4)Twitinformatif, bisa berupa twit ucapan atau informasi edukasi, dan (5) Retweet dari status orang lain yang protes terhadap isi media. Dalam membangun dan menyebarkan gagasannya, ClickUnbait hanya ada di media sosial Twitter dan tidak melakukan promosi yang massif, cukup dengan membuat twit semenarik mungkin. Namun, mampu menarik banyak followers yang juga turut membantu melakukan gerakan yang sama seperti yang dilakukan ClickUnbait. Kata kunci: Berita Online, Clickbait/ Umpan Klik, Twitter, ClickUnbait, Media Alternatif ABSTRACT Tiara Dwi Ristanti. NIM. 6662150050. Undergraduate Thesis. Resistance To Clickbait Titles On Online News (Digital Ethnographic Study On Clickbait News Titles Through @clickunbait Twitter Accounts). Advisor I: Yearry Panji Setianto., Ph.D. Advisor II: Puspita Asri Praceka., M.I.Kom. Over time, social media displays are used in the process of spreading news by media companies to forward news that has been produced. This is done in order to get a lot of visitors (hightraffic) to get ads. When the competition for audiences to increase visits is very tight, that's when clickbait strategies arise. Unfortunately, headlines that use clickbait strategies can worsen the quality of online journalism in Indonesia. Seeing this, there are people who pay attention and dedicate themselves by creating alternative media click rescue accounts. One popular click rescue account is @clickunbait. The purpose of this study is to find out the form of resistance @clickunbait to the culture of online news click bait on social media through three things, namely the philosophical basis that encourages people to engage in @clickunbait accounts, narrative content and tweets @clickunbait, and strategies carried out @clickunbait in building movements and spreading their ideas. The study uses a descriptive qualitative approach with digital ethnographic methods. Data collection techniques are carried out by observation, interview, and documentation. Based on the results of the study, the philosophical foundation of the people involved in the clickunbait accounts is to contribute to educating online readers in Indonesia and send signals of opposition to the media that write clickbait news. Then, the content narrative of tweets that ClickUnbait shares with its audience is closely related to clickbait. The content can be categorized into: (1) tweets that share a news story indicated by clickbait, (2) Retweets from followers who share unbait news, (3) news tweets that are worthy to be read with the hashtag #RekomendaK,(4) informative tweets, can be speech tweets or educational information, and (5) retweet from the status of others who protest against the content of the media. In building and spreading the idea, ClickUnbait only exists on social media Twitter and does not do massive promotions, simply by making tweets as interesting as possible. However, being able to attract many followers also helped do the same movement as ClickUnbait did. Keywords: Online News, Clickbait/Click Feed, Twitter, ClickUnbait, Alternative Media
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Communication > Communication (General) |
Divisions: | 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 70201-Program Studi Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Perpustakaan FISIP |
Date Deposited: | 19 Jul 2024 15:27 |
Last Modified: | 19 Jul 2024 15:27 |
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/10155 |
Actions (login required)
View Item |