Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

KUALITAS PELAYANAN PUBLIK PASIEN RAWAT JALAN DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH (RSUD) dr. DRADJAT PRAWIRANEGARA KABUPATEN SERANG

OKTAVIANI, VENI and Sjafari, Agus and Widyastuti, Yeni (2018) KUALITAS PELAYANAN PUBLIK PASIEN RAWAT JALAN DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH (RSUD) dr. DRADJAT PRAWIRANEGARA KABUPATEN SERANG. Lainnya thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img]
Preview
Text (VENI OKTAVIANI NIM. 6661131914)
KUALITAS PELAYANAN PUBLIK PASIEN RAWAT JALAN DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH (RSUD) dr. DRADJAT PRAWIR - Copy.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview

Abstract

Veni Oktaviani. NIM 6661131914. 2018. Kualitas Pelayanan Publik Pasien Rawat Jalan di Rumah Sakit Umum Daerah dr. Dradjat Prawiranegara Kabupaten Serang. Program Studi Administrasi Publik. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Pembimbing I Dr. Agus Sjafari, M.Si. Pembimbing II Yeni Widyastuti, M.Si. Latar belakang dari penelitian ini adalah adanya masalah yang berkaitan dengan kualitas pelayanan publik pada pasien rawat jalan yang diselenggarakan oleh Rumah Sakit Umum Daerah dr. Dradjat Prawiranegara Kabupaten Serang. Permasalahan yang ditemukan yaitu kinerja dokter yang tidak optimal, waktu pelayanan yang tidak pasti, kurangnya respon dan keramahan petugas dalam memberikan pelayanan, sarana dan prasarana yang belum memadai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kualitas pelayanan publik pasien rawat jalan di Rumah Sakit Umum Daerah dr. Dradjat Prawiranegara Kabupaten Serang. Penelitian ini menggunakan teori 5 dimensi kualitas pelayanan (SERVQUAL) menurut Zeithaml dkk (1990) dalam Hardiyansyah (2011:46-47), yang terdiri dari Tangible (Bukti Fisik), Reliability (Kehandalan), Responsiveness (Daya Tanggap), Assurance (Jaminan), dan Emphaty (Empati). Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Sampel yang digunakan sebanyak 204 responden dengan menggunakan teknik cluster sampling (area sampling). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan publik pasien rawat jalan di Rumah Sakit Umum Daerah dr. Dradjat Prawiranegara Kabupaten Serang termasuk ke dalam kategori “Baik” dengan skor sebesar 63,8%. Namun nampaknya pihak Rumah Sakit Umum Daerah dr. Dradjat Prawiranegara Kabupaten Serang perlu memperhatikan dan melakukan pembenahan untuk beberapa aspek terkait dengan kenyamanan dan kebutuhan pasien rawat jalan, seperti peningkatan sarana dan prasarana di ruang tunggu, lebih memperhatikan kebersihan toilet, ketepatan waktu pelayanan, kinerja petugas termasuk dokter dan perawat, meningkatkan keramahan petugas, serta memperlakukan seluruh pasien dengan adil. Kata kunci: Pelayanan Publik, Kualitas Pelayanan, Pasien Rawat Jalan

Item Type: Thesis (Lainnya)
Additional Information: Veni Oktaviani. NIM 6661131914. 2018. Quality of Public Services on Outpatient at Regional General Hospital dr. Dradjat Prawiranegara Serang District. Public Administration Studies Program. Faculty of Social and Political Science. University of Sultan Ageng Tirtayasa. Advisor I Dr. Agus Sjafari, M.Si. Advisor II Yeni Widyastuti, M.Si. The background of this study is the existence of problems related to the quality of public services in outpatients organized by the Regional General Hospital dr. Dradjat Prawiranegara Serang District. Problems are found that the doctor's performance is not optimal, service time is uncertain, lack of response and hospitality officers in providing services, facilities and infrastructure that have not been adequate. This study aims to determine the level of quality of public service outpatients in the Regional General Hospital dr. Dradjat Prawiranegara Serang District. This research uses the theory of 5 dimension of service quality (SERVQUAL) according to Zeithaml et al (1990) in Hardiyansyah (2011: 46-47), consisting of Tangible, Reliability, Responsiveness, Assurance, and Emphaty. This research uses quantitative research method. The sample used was 204 respondents by using cluster sampling technique (sampling area). The results showed that the quality of public service outpatients in the Regional General Hospital dr. Dradjat Prawiranegara Serang Regency is included in "Medium" category with score 63.8%. But it seems that the Regional General Hospital dr. Dradjat Prawiranegara Serang Regency needs to pay attention and make improvements to some aspects related to comfort and requirement of outpatient, such as improvement of facility and infrastructure in waiting room, pay more attention to cleanliness of toilet, timeliness of service, officer performance including doctors and nurses, and treat all patients fairly. Keywords: Public Service, Service Quality, Outpatient
Subjects: H Social Sciences > Public Administration
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 63201-Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 24 Oct 2018 09:16
Last Modified: 24 Oct 2018 09:16
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/1013

Actions (login required)

View Item View Item