Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGARUH PENGGUNAAN INSTAGRAM @ANGKASAPURA2 TERHADAP PEMENUHAN KEBUTUHAN INFORMASI FOLLOWERS

Pangestu, Vidi and Framanik, Naniek Afrilla and Handaningtyas, Uliviana Restu (2022) PENGARUH PENGGUNAAN INSTAGRAM @ANGKASAPURA2 TERHADAP PEMENUHAN KEBUTUHAN INFORMASI FOLLOWERS. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik.

[img] Text
Artikel Ilmiah_Vidi Pangestu_6662170075.pdf
Restricted to Registered users only

Download (321kB)

Abstract

ABSTRAK Beberapa tahun terakhir ini, penggunaan media sosial menjadi kegiatan yang lumrah dilakukan oleh masyarakat di Indonesia khususnya Instagram. Penelitian ini bertujuan untuk menghitung seberapa kuat pengaruh penggunaan akun Instagram @angkasapura2 dalam memenuhi kebutuhan informasi bagi followers-nya. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan sifat penelitian deskriptif. Penelitian ini menggunakan teknik proportionate stratified random sampling dan menyebarkan kuesioner kepada 100 responden yang merupakan followers akun Instagram @angkasapura2. Hasil dari penelitian menunjukkan nilai korelasi sebesar 0.739 yang artinya memiliki hubungan yang kuat antara variabel X dengan variabel Y. Perhitungan koefisien determinasi menunjukkan bahwa pengaruh penggunaan Instagram @angkasapura2 sebesar 54.61% terhadap pemenuhan kebutuhan informasi followers. Sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian ini. Penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara penggunaan Instagram @angkasapura2 terhadap pemenuhan kebutuhan informasi followers-nya. Kata Kunci: Penggunaan Media Sosial, Instagram, Uses and Gratifications, Pemenuhan Kebutuhan Informasi, Komunikasi Massa. ABSTRACT In recent years, the use of social media has become a common activity carried out by people in Indonesia, especially Instagram. This study aimed to calculate how strong the effects of Instagram usage of @angkasapura2 is to fulfill the needs of information of the followers. This study used quantitative descriptive as the research method. This study used a proportionate stratified random sampling technique and the researcher distributed questionnaires to 100 respondents as the followers of the account Instagram @angkasapura2. The results showed that the correlation score was 0.739; it indicated that there was a strong correlation between the variable X and Y. The result of the regression equation was Y= 3.111 + 0.858 X. The results showed by the calculation of the coefficient of determination was 54.61% it indicated that Instagram usage of @angkasapura2 fulfilled the needs of information of the followers. While the other factor is influenced by other variables outside this research. The research showed that there was an influence between the use of Instagram @angkasapura2 on fulfilling the needs of information of the followers. Keyword: Social Media Used, Instagram, Uses and Gratifications, Fulfillment of Information Needs, Mass Communication.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Communication > Communication (General)
Divisions: 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 70201-Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Perpustakaan FISIP
Date Deposited: 19 Jul 2024 15:27
Last Modified: 19 Jul 2024 15:27
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/10104

Actions (login required)

View Item View Item