Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGELOLAAN RETRIBUSI PELAYANAN PASAR DI PASAR PANDEGLANG KABUPATEN PANDEGLANG

Kartika, Vika and Sjafari, Agus and Widyastuti, Yeni (2018) PENGELOLAAN RETRIBUSI PELAYANAN PASAR DI PASAR PANDEGLANG KABUPATEN PANDEGLANG. Lainnya thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img]
Preview
Text (Vika Kartika NIM 6661132054)
PENGELOLAAN RETRIBUSI PELAYANAN PASAR DI PASAR PANDEGLANG KABUPATEN PANDEGLANG - Copy.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Vika Kartika. NIM. 6661132054. 2018. Skripsi. Pengelolaan Retribusi Pelayanan Pasar di Pasar Pandeglang Kabupaten Pandeglang. Program Studi Administrasi Publik. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Pembimbing I : Dr.Agus Sjafari M.Si. dan Pembimbing II : Yeni Widyastuti, S.Sos., M.Si Pengelolaan retribusi pelayanan pasar ini sangat penting dalam meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Pada penelitian mengenai Pengelolaan Retribusi Pelayanan Pasar di Pasar Pandeglang Kabupaten Pandeglang ini dilatarbelakangi oleh permasalahan banyak para pedagang tidak membayar sesuai dengan Perda No 10 Tahun 2011 tentang Retribusi Jasa Umum. Penelitian ini dilakukan untuk memperoleh data mengenai Pengelolaan Retribusi Pelayanan Pasar di Pasar Pandeglang Kabupaten Pandeglang. Teori yang digunakan adalah teori Manajemen Keuangan Daerah dari Mahmudi (2010 :17-18). Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Teknis analisis data menurut Miles and Huberman. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa perluasan basis penerimaan belum ada pengembangan, tidak ada peningkatan, tidak ada penambahan objek retribusi baru dan juga tidak meningkatnya tarif retribusi pelayanan pasar, adanya perilaku menyimpang yang dilakukan oleh pedagang dan petugas, kurangnya pengawasan, transparansi dan akuntabilitas belum terwujud, prosedur administrasi retribusi lebih mudah dan sederhana, sehingga belum maksimal dalam pengelolaan retribusi pelayanan pasar di Pasar Pandeglang Kabupaten Pandeglang. Saran peneliti yaitu Dinas Perindustrian, Perdagangan dan ESDM Kabupaten Pandeglang ini melakukan sosialisasi kepada para pedagang guna memberikan kesadaran dalam membayar retribusi pelayanan pasar demi tercapainya target retribusi pelayanan pasar sehingga dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Kata Kunci : Pengelolaan, Retribusi Pelayanan Pasar

Item Type: Thesis (Lainnya)
Additional Information: Vika Kartika. NIM. 6661132054. 2018. Script. Management Retribution of Market Service in Pandeglang Traditional of Pandeglang Regency. Public Administration Department. Social and Politics Faculty. A State of Sultan Ageng Tirtayasa University. Advisor I : Dr. Agus Sjafari, M.Si. and Advisor II : Yeni Widyastuti, S.Sos., M.Si Management of retribution of market service is very important in increasing the Local Original Income (PAD). In the research on the Management Retribution of Market Service in Pandeglang Traditional of Pandeglang Regency is motivated by the problems of many traders do not pay in accordance with Regulation No 10 of 2011 on Public Service Levies. This research was conducted to obtain data on Retribution Management Service Market in Pandeglang Traditional of Pandeglang Regency. The theory used is the theory of Regional Financial Management from Mahmudi (2010 : 17-18). The method used in this research is qualitative descriptive. Technical data analysis in this study using an interactive model in data analysis according to Miles and Huberman. The results of this study indicate that the expansion of the revenue base has not been developed, there is no increase, no addition of new retribution objects nor the increase of market service retribution rates, the existence of deviant behavior by traders and officers, lack of supervision, transparency and accountability has not materialized, the administrative procedure of retribution is easier and simpler, so it is not maximal in the Management Retribution of Market Service in Pandeglang Traditional of Pandeglang Regency. The researcher recommends that the Department of Industry, Trade and ESDM of Pandeglang Regency socialize to the traders to give awareness in paying retribution of market service for the achievement or market service retribution target so as to increase Local Original Income (PAD). Keywords : Management, Retribution of Market Services
Subjects: H Social Sciences > Public Administration
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 63201-Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 24 Oct 2018 09:00
Last Modified: 24 Oct 2018 09:00
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/1009

Actions (login required)

View Item View Item