Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM UPAYA PENCEGAHAN DAN PENANGGULANGAN HIV/AIDS MELALUI PROGRAM WARGA PEDULI AIDS (WPA) DI KABUPATEN TANGERANG

Permata Lestari, Gita (2022) PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM UPAYA PENCEGAHAN DAN PENANGGULANGAN HIV/AIDS MELALUI PROGRAM WARGA PEDULI AIDS (WPA) DI KABUPATEN TANGERANG. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik.

[img] Text
Skripsi Final.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini menjelaskan mengenai partisipasi masyarakat dalam upaya pencegahan dan penanggulangan HIV /AIDS melalui program Warga Peduli AIDS (WPA) di Kabupaten Tangerang. Latar belakang penelitian ini yaitu karena terhambatnya upaya pencegahan dan penanggulangan HIV/AIDS yang disebabkan oleh stigma dan diskriminasi terhadap ODHA serta minimnya pelibatan masyarakat dalam upaya pencegahan dan penanggulangan HIV/AIDS di Kabupaten Tangerang. Pelibatan masyarakat merupakan hal yang penting karena dengan melibatkan masyarakat akan lebih memudahkan proses identifikasi, perumusan masalah, pelaksanaan, monitoring program serta akan lebih mudah untuk menggali masalah sosial yang terjadi disuatu lingkungan. Penelitian ini membahas mengenai realisasi program WPA yang melibatkan partisipasi masyarakat didalamnya menggunakan teori Community Participation Ladder oleh Marissa B. Guaraldo Choguill dan Wujud Partisipasi Masyarakat oleh Vaneklesen dan Miller. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa partisipasi masyarakat melalui program WPA di Kabupaten Tangerang direalisasikan dengan melaksanakan berbagai kegiatan yang telah disusun dalam rencana kerja kelompok WPA seperti sosialisasi dan VCT. Partisipasi kelompok WPA tercapai pada tahap (1) Empowerment dan (2) Partnership dalam teori Community Participation Ladder dan dapat dikategorikan sebagai Partisipasi Fungsional, Parisipasi Interaktif dan Pengorganisasian Diri dalam teori Wujud Partisipasi Masyarakat.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorRiswanda, Riswanda198101122008121001
Thesis advisorHikmawan, M. Dian19900872019031015
Additional Information: This study describes community participation in the prevention and control of HIV/AIDS through the Warga Peduli AIDS (WPA) program in Tangerang Regency. The background of this research is the inhibition of HIV/AIDS prevention and control efforts caused by stigma and discrimination against ODHA and the lack of community involvement in HIV/AIDS prevention and control efforts in Tangerang Regency. Community involvement is important because involving the community will facilitate the process of identification, problem formulation, implementation, program monitoring and it will be easier to explore social problems that occur in an environment. This study discusses the realization of the WPA program that involves community participation in it using the Community Participation Ladder theory by Marissa B. Guaraldo Choguill and the Form of Community Participation by Vaneklesen and Miller. The research method used is descriptive qualitative method. The results of this study indicate that community participation through the WPA program in Tangerang Regency is realized by carrying out various activities that have been prepared in the WPA group work plan such as socialization and VCT. WPA group participation is achieved in the stages of (1) Empowerment and (2) Partnership in the Community Participation Ladder theory and can be categorized as Functional Participation, Interactive Participation and Self-Organization in the Form of Community Participation theory.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Partisipasi Masyarakat, Warga Peduli AIDS, Pencegahan dan Penanggulangan HIV/AIDS. Keywords: Community Participation, Warga Peduli AIDS, Prevention and Control of HIV/AIDS.
Subjects: Communication > Science Journalism
Divisions: 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 65201-Program Studi Ilmu Pemerintahan
Depositing User: Perpustakaan FISIP
Date Deposited: 13 Apr 2023 14:49
Last Modified: 13 Apr 2023 14:49
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/10073

Actions (login required)

View Item View Item