Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS PADA MATERI TURUNAN FUNGSI ALJABAR BERDASARKAN GAYA KOGNITIF SISWA

Amalia, Alya and Fathurrohman, Maman and Fatah, Abdul (2020) ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS PADA MATERI TURUNAN FUNGSI ALJABAR BERDASARKAN GAYA KOGNITIF SISWA. WILANGAN: Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika, 1 (3). ISSN 2774-9304

[img] Text
tGBMF_Wilangan2.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
tGBMF_Wilangan2_peer-review.pdf

Download (2MB)
[img] Text
tGBMF_Wilangan.pdf

Download (295kB)

Abstract

Salah satu faktor yang mempengaruhi siswa dalam berpikir, bernalar, terutama menyelesaikan masalah diantaranya adalah gaya kognitif. Gaya Kognitif secara konsisten menentukan modus seseorang dalam memahami lingkungannya. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan kemampuan penalaran siswa dalam menyelesaikan masalah berdasarkan Gaya kognitifnya. Jenis Penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Pemilihan subjek dilakukan secara purposive sampling. Subjek penelitian terdiri dari dua siswa field dependent dan dua lainnya field independent. Teknik pengumpulan data menggunakan tes GEFT untuk mengetahui gaya kognitif siswa. Untuk mengetahui kemampuan penalaran dilakukan tes kemampuan penalaran dan wawancara. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan siswa FD dapat menginterpretasikan ide secara verbal cukup baik, memanipulasi matematis dan menyusun bukti cukup baik dengan mengikuti aturan baku. Namun belum mampu dalam menarik simpulan dan memeriksa kesahihan argumen karena memerlukan instruksi yang lebih jelas dan sulit memahami permasalahan dalam konteks berbeda. Sedangkan siswa FI dapat menginterpretasikan ide dan mengajukan dugaan dengan baik melalui ilustrasi gambar serta penjelasan yang detail, dapat memanipulasi matematis dan menyusun bukti cukup baik dengan membangun strukturya sendiri dan mencoba- coba, namun dalam memeriksa kesahihan argumen masih kurang.

Item Type: Article
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
AuthorAmalia, AlyaUNSPECIFIED
AuthorFathurrohman, MamanUNSPECIFIED
AuthorFatah, AbdulUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202-Jurusan Pendidikan Matematika
Depositing User: Dr Maman Fathurrohman
Date Deposited: 12 Feb 2022 15:27
Last Modified: 12 Feb 2022 15:27
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/10058

Actions (login required)

View Item View Item