Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

Pengaruh Aktivitas Komunikasi Pemasaran Sosial dan Pesan Kampanye Vaksinasi Covid-19 Melalui Media Sosial Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi (Pada akun Instagram, Youtube, Twitter, Tiktok Kemenkes RI dan Pemenuhan Kebutuhan Informasi Vaksinasi Covid-19 Bagi Kalangan Remaja Akhir 18-25 Tahun di Jakarta Timur)

Fauziah, Fazalika Salmiati (2022) Pengaruh Aktivitas Komunikasi Pemasaran Sosial dan Pesan Kampanye Vaksinasi Covid-19 Melalui Media Sosial Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi (Pada akun Instagram, Youtube, Twitter, Tiktok Kemenkes RI dan Pemenuhan Kebutuhan Informasi Vaksinasi Covid-19 Bagi Kalangan Remaja Akhir 18-25 Tahun di Jakarta Timur). S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik.

[img] Text
SKRIPSI-Fazalika Salmiati Full Scan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Kebutuhan informasi yang tinggi terkait vaksinasi covid-19 membuat masyarakat usia 18-25 tahun memiliki preferensi mendapatkan informasi vaksinasi covid-19 dengan menggunakan media sosial. Disisi lain, Kementerian Kesehatan RI terus melakukan komunikasi, edukasi melalui kampanye vaksinasi covid-19 melalui media sosial resminya. Untuk memenuhi kebutuhan informasi masyarakat, termasuk kalangan remaja akhir usia 18-25 tahun, media sosial Kemenkes RI membuat berbagai bentuk komunikasi pemasaran sosial vaksinasi covid-19 seperti kampanye dengan bentuk iklan layanan masyarakat, infografis dan lain sebagainya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh komunikasi pemasaran sosial dan pesan kampanye vaksinasi covid-19 Kemenkes RI melalui media sosial terhadap pemenuhan kebutuhan informasi vaksinasi covid19 pada kalangan remaja akhir usia 18-25 tahun di Jakarta Timur. Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah teori uses and gratification. Teori ini membahas bagaimana penggambaran proses penerimaan dalam komunikasi massa dan menjelaskan bahwa khalayak dapat memilih media yang diinginkannya sesuai dengan kebutuhannya. Metode yang digunakan adalah metode survei dengan total 100 responden dari kalangan usia 18-25 tahun di Jakarta Timur serta dianalisis dengan uji linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Aktivitas Komunikasi Pemasaran Sosial dan Pesan Kampanye Vaksinasi covid-19 melalui Media Sosial Kemenkes RI secara simultan berpengaruh positifsignifikan terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi vaksinasi covid-19 bagi remaja akhir usia 18-25 tahun di Jakarta Timur sebesar 79%. Variabel Aktivitas Komunikasi Pemasaran Sosial Vaksinasi Covid-19 di Media Sosial Kemenkes RI memberikan pengaruh positif sebesar 74,3% dan Pesan Kampanye memberikan pengaruh positif sebesar 72,7% terhadap pemenuhan kebutuhan informasi vaksinasi covid-19 pada kalangan remaja akhir usia 18-25 tahun di Jakarta Timur.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorWahyu Widyastuti, Nurprapti197002092009122001
Thesis advisorPandu Witantra, Ari198204222006041002
Additional Information: The high need for information related to covid-19 vaccination makes people seeking information on COVID-19 vaccination using social media. On the other hand, the Indonesian Ministry of Health continues to communicate and educate through the COVID-19 vaccination campaign through their official social media. To fulfilling information needs of the public, including the late 18-25 year olds, the Social Media of the Ministry of Health of the Republic of Indonesia has created various forms of social marketing communications for the COVID-19 vaccination, such as campaigns in the form of public service advertisements, infographics and so on. The purpose of this study is to find out how much effects of social marketing communications activities and covid-19 vaccination campaign messages through their social media to fulfilling the information needs of covid-19 vaccination among adolescents aged 18-25 years in East Jakarta. The theory of this study is uses and gratification theory. This theory discusses how to describe the acceptance process in mass communication and explains that audiences can choose the media they want according to their needs. This study use a survey method with a total of 100 respondents from the age group of 18-25 years in East Jakarta and analyzed by multiple linear regression. The results showed that the variables of social marketing communication activities and Covid-19 Vaccination Campaign Message through Social Media of the Ministry of Health of the Republic of Indonesia simultaneously had a significant positive effect on Fullfilling the Information Needs for Covid-19 Vaccincations for adolescents aged 18-25 years in East Jakarta by 79%. The variable Social Marketing Communication Activites for Covid-19 Vaccination on Social Media of Kemenkes RI gave a positive effect of 74,3% and Campaign Messaged had a positive influence of 72,7% on fullfilling the information needs of covid-19 vaccination among adolescents aged 18-25 yearsin East Jakarta.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Komunikasi Pemasaran Sosial, Media Sosial, Pesan Kampanye, Vaksinasi Covid-19, Analisis Regresi Linear Berganda Keywords : Social Marketing Communication, Social Media, Message of Campaign, Covid-19 Vaccination
Subjects: Communication > Communication (General)
Divisions: 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 70201-Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Perpustakaan FISIP
Date Deposited: 13 Apr 2023 14:17
Last Modified: 13 Apr 2023 14:17
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/10031

Actions (login required)

View Item View Item