Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

STRATEGI KOMUNIKASI MEDIA SOSIAL SEBAGAI CITY BRANDING KOTA JAKARTA “ENJOY JAKARTA” (Studi Pada Akun Media Sosial Kuliner Dari Halte Ke Halte sebagai City Branding Kota Jakarta)

Fajar Pratama, Aldiano (2022) STRATEGI KOMUNIKASI MEDIA SOSIAL SEBAGAI CITY BRANDING KOTA JAKARTA “ENJOY JAKARTA” (Studi Pada Akun Media Sosial Kuliner Dari Halte Ke Halte sebagai City Branding Kota Jakarta). S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik.

[img] Text
SKRIPSI ALDIANO FAJAR PRATAMA - STRATEGI KOMUNIKASI MEDIA SOSIAL SEBAGAI CITY BRANDING KOTA JAKAR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Media sosial saat ini sudah dijadikan sebagai alat untuk promosi produk ataupun jasa. Hal ini dapat menguntungkan pelaku usaha UMKM. Dari Halte Ke Halte merupakan satu dari sekian akun berbasis informasi tentang rekomendasi kuliner yang ada di Kota Jakarta. Dari Halte Ke Halte terinspirasi dari Michelin yang dimana mendatangi tempat kuliner tanpa diketahui sang pemilik kuliner tersebut dan pada akhirnya peneliti tertarik untuk meneliti bagaimana strategi komunikasi yang dilakukan akun Dari Halte Ke Halte sebagai city branding Kota Jakarta. Strategi komunikasi yang dijelaskan pada penelitian ini yaitu bagaimana strategi komunikasi untuk perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan serta evaluasi dari khalayak serta pelaku usaha UMKM yang dipromosikan oleh akun Dari Halte Ke Halte. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini melibatkan 6 informan diataranya, pemegang akun Dari Halte Ke Halte, 3 orang followers aktif Dari Halte Ke Halte, serta 2 orang pelaku usaha kuliner yang bertujuan untuk menjawab rumusan masalah peneliti guna mencapai validitas data melalui analisis sumber dan analisis metode. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa komunikator memerlukan perencanaan, seperti analisis pemilihan produk, penyusunan pesan,serta menetapkan target sasaran. Dalam keterlibatan dengan pihak eksternal, Dari Halte Ke Halte bekerja sama dengan komunitas media sosial, perusahaan swasta, hingga pemerintah. Pada pelaksanaannya, terfokus pada cara penyusunan pesan. Untuk peran komunikan dapat diamati pada tanggapan pengikut dan juga pelaku usaha kuliner bahwa komunikan menerima pesan secara apa adanya dan juga ikut berpartisipasi pada kegiatan dibuat oleh Dari Halte Ke Halte. Hal ini pun menguntungkan bagi para pelaku usaha kuliner karena mendapatkan bantuan berupa promosi secara lebih.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorPanji Setianto, Yearry198212312008011016
Thesis advisorAsri Praceka, Puspita198407132008122002
Additional Information: Social media has now been used as a tool for the promotion of products or services. This can benefit MSME businesses. From Stop to Stop is one of the many information-based accounts about culinary recommendations in the city of Jakarta. From Stop to Stop inspired by Michelin which is where visiting the culinary place without the culinary owner knowing and in the end researchers are interested in researching how the communication strategy carried out from Halte To Stop as city branding the city of Jakarta. The communication strategy described in this study is how the communication strategy for planning, organizing, implementing and evaluating from the audience and MSME business actors promoted by the account from Stop to Stop. This research uses descriptive qualitative research methods. This study involved 6 informants, account holders from Stop to Stop, 3 active followers of Stop to Stop, and 2 culinary business actors who aimed to answer the formulation of researchers' problems to achieve data validity through source analysis and method analysis. The results of this study revealed that communicators need planning, such as product selection analysis, message preparation, and setting targets. In engagement with external parties, from Stop to Stop cooperates with the social media community, private companies, to the government. In its implementation, focused on how to prepare the message. For the role of communicant can be observed in the responses of followers and also culinary business actors that communicant receive messages as is and also participate in activities made by From Stop to Stop. This is also beneficial for culinary entrepreneurs because they get help in the form of more promotions.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: City Branding, Dari Halte Ke Halte, Jakarta, Strategi Komunikasi Keywords: City Branding, Dari Halte Ke Halte, Jakarta, Strategy Of Communication
Subjects: Communication > Communication (General)
Divisions: 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 70201-Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Perpustakaan FISIP
Date Deposited: 13 Apr 2023 12:20
Last Modified: 13 Apr 2023 12:20
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/10022

Actions (login required)

View Item View Item