Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

STRATEGI BRANDING MEDIA KOMUNITAS LOKAL SEBAGAI SUMBER INFORMASI DI TANGERANG PADA ERA CYBERMEDIA (Studi Deskriptif Pada Media Komunitas Lokal About Tangerang)

Defi, Sucita (2022) STRATEGI BRANDING MEDIA KOMUNITAS LOKAL SEBAGAI SUMBER INFORMASI DI TANGERANG PADA ERA CYBERMEDIA (Studi Deskriptif Pada Media Komunitas Lokal About Tangerang). S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik.

[img] Text
STRATEGI BRANDING MEDIA KOMUNITAS LOKAL SEBAGAI SUMBER INFORMASI DI TANGERANG PADA ERA CYBER MEDI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Perusahaan media akan lebih mudah mendapatkan kepercayaan dari khalayak jika mempunyai media online. Sedangkan media komunitas yang independen harus mempunyai strategi branding yang tepat untuk dapat bertahan di era cyber media. Peneliti tertarik meneliti media komunitas lokal About Tangerang karena telah berhasil memperkenalkan citra positif diri sebagai media komunitas lokal yang menjadi sumber informasi terpercaya di mata khalayak khususnya warga Tangerang di era cyber media dan bukan merupakan suatu bagian dari perusahaan media dan media milik pemerintah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi branding yang dijalankan oleh About Tangerang untuk menjadi sumber informasi terpercaya dan bersaing dengan media lokal, untuk mendapatkan kepercayaan khalayak dan strategi branding kepada pengiklan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi deskriptif dan teori Brand Expression Sicco Van Gelder. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah: 1. About Tangerang memposisikan dirinya (brand positioning) sebagai sumber informasi terpercaya dengan memberikan jangkauan informasi yang mencakup seluruh wilayah Tangerang Raya untuk menghadapi persaingan di era cyber media. 2. Strategi branding yang digunakan untuk mendapatkan kepercayaan khalayak yaitu dengan memperkuat brand identity, brand identity yang digunakan About Tangerang dengan menggunakan maskot juga ikon-ikon yang sudah terkenal di Tangerang. 3. Untuk mendapatkan pengiklan About Tangerang membangun personal branding berupa brand personality sebagai media terpercaya dan berorientasi kepada kepentingan masyarakat Tangerang (friendly).

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorAsri Praceka, Puspita198407132008122002
Thesis advisorSagita, Darwis198305162008121002
Additional Information: Online media owned by media companies will find it easier to gain public trust. Meanwhile, independent community media must-have strategy branding the right to survive of cyber media. Researchers are interested in researching the local community media About Tangerang because it has succeeded in establishing itself as a local community media which is a main information center in the eyes of the public, especially Tangerang residentsin the Cyber Media Era and is not a derivative of media companies and media owned by the government. This study aims to determine the strategy branding implemented by About Tangerang to become a main information center in tangerang and compete with local media, to gain public trust and strategies branding to advertisers. This study uses a qualitative approach with descriptive study methods and theory Brand Expression Sicco Van Gelder's. Data collection techniques were used in the form of in-depth interviews, observation, and documentation. The results of this study are: 1. About Tangerang positions itself (brand positioning) as a trusted information center by providing information coverage that covers the entire Tangerang Raya area to face competition in the era of cyber media. 2. The Strategy branding used to gain public trust is to strengthen brand identity, the brand identity used by About Tangerang by using a mascot as well as icons that are already well-known in Tangerang. 3. To get advertisers About Tangerang to build personal branding in the form of brand personality as a trusted media and oriented to the interests of the people of Tangerang (friendly).
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: About Tangerang, Cyber Media, Media Komunitas Lokal, Strategi Branding Keywords: About Tangerang, Cyber Media, Local Community Media, Strategy Branding
Subjects: Communication > Communication (General)
Divisions: 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 70201-Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Perpustakaan FISIP
Date Deposited: 13 Apr 2023 12:07
Last Modified: 13 Apr 2023 12:07
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/10013

Actions (login required)

View Item View Item