Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGELOLAAN PROGRAM PELATIHAN MENJAHIT TINGKAT DASAR PADA ANAK PUTUS SEKOLAH DI BALAI LATIHAN KERJA KOTA TANGERANG

SETIAWAN, ARIF and Djumena, Irwan and Faturohman, Nandang (2015) PENGELOLAAN PROGRAM PELATIHAN MENJAHIT TINGKAT DASAR PADA ANAK PUTUS SEKOLAH DI BALAI LATIHAN KERJA KOTA TANGERANG. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text (SKRIPSI)
Pengelolaan Program Pelatihan Menjahit Tingkat Dasar Pada Anak Putus Sekolah Yang di BLK Kota Tangerang.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini yaitu: (1) Bagaimanakah pengelolaan program pelatihan menjahit tingkat dasar pada anak putus sekolah di Balai Latihan Kerja (BLK) Kota Tangerang; (2) Faktor yang menjadi penghambat dan pendorong dalam pengelolaan program; (3)Bagaimanakah manfaat hasil pelatihan. Tujuan penelitian ini meliputi : (1)Untuk mengetahui pengelolaan program pelatihan; (2) Untuk mengetahui faktor yang menjadi penghambat dan pendukung dalam pengelolaan program pelatihan; (3) Untuk mengetahui manfaat hasil pelatihan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian di Balai Latihan Kerja Tangerang. Penelitian mengunakan kisi – kisi intrumen, pedoman wawancara serta observasi. Subyek dalam penelitian ini yaitu pengelola, instruktur, dan peserta atau warga belajar pelatihan menjahit. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini: (1) Pengelolaan program pelatihan meliputi perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan pengawasan; (2) Faktor yang menjadi penghambat dalam pengelolaan program ialah sarana, pengawasan untuk instruktur dan peserta, dan waktu. Untuk faktor pendukung ialah dari peserta, sarana dan prasarana, dan instruktur; (3) dampak hasil pelatihan diharapkan berguna untuk peserta pelatihan menjahit dalam meningkatkan keterampilan menjahit. Dapat disimpulkan bahwa pengelolaan pelatihan menjahit berjalan dengan baik dan sesuai yang sudah direncakan, dan peserta pelatihan mendapatkan keterampilan khususnya menjahit dengan baik, yang artinya profram pelatihan sudah cukup efektif dalam meningkatkan keterampilan khususnya bagi anak putus sekolah.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorDjumena, Irwan195410081987031001
Thesis advisorFaturohman, Nandang195807211986101001
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86205-Jurusan Pendidikan Nonformal
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 03 Feb 2022 14:44
Last Modified: 03 Feb 2022 14:44
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/10007

Actions (login required)

View Item View Item