Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGEMBANGAN BAHAN AJAR INTERAKTIF BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH PADA POKOK BAHASAN PERBANDINGAN DAN SKALA UNTUK SISWA SMP (Suatu Penelitian Pengembangan)

BADRI, YUSUF and PUJIASTUTI, HENI and Marethi, Indiana (2015) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR INTERAKTIF BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH PADA POKOK BAHASAN PERBANDINGAN DAN SKALA UNTUK SISWA SMP (Suatu Penelitian Pengembangan). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text (SKRIPSI)
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR INTERAKTIF BERBASIS.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Bahan ajar merupakan salah satu komponen penting dalam pelaksanan pembelajaran matematika. Implementasi kurikulum membuat guru matematika harus mampu mengembangkan kembali bahan ajar yang akan digunakan dalam pembelajaran. sehingga sesuai dengan penerapan kurikulum 2013 yang menekankan pada Scientific Approach (Pendekatan Saintifik). Penelitian pengembangan ini dilakukan dalam rangka menghasilkan bahan ajar berbasis komputer dengan menekankan pada Scientific Approach. Penelitian ini dilakukan berdasarkan prosedur penelitian pengembangan yang dikembangkan melalui 6 tahap yakni concept (konsep), design (desain), collecting material (pengumpulan bahan), assembly (pembuatan/produksi), testing (uji coba), dan distribution (distribusi). Untuk uji coba bahan ajar interaktif melibatkan uji ahli dan uji coba terbatas. Uji ahli melibatkan ahli matematika, desain multimedia, dan pendidikan. Setelah uji ahli dan revisi dilakukan uji coba terbatas terhadap Enam siswa SMP N I Tirtayasa Kelas VII. Dari hasil uji ahli dan uji coba terbatas menghasilkan respon positif dan dapat digunakan untuk menunjang pembelajaran dengan kurikulum 2013. Kata Kunci : Bahan Ajar Interaktif, Kurikulum 2013, Scientific Approach, Perbandingan dan Skala

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorPUJIASTUTI, HENI198208102008012016
Thesis advisorMarethi, Indiana197807192010121001
Uncontrolled Keywords: Bahan Ajar Interaktif, Kurikulum 2013, Scientific Approach, Perbandingan dan Skala
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202-Jurusan Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 03 Feb 2022 14:32
Last Modified: 03 Feb 2022 14:32
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/10006

Actions (login required)

View Item View Item