Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGEMBANGAN MEDIA PUZZLE BERBASIS MAKE A MATCH PADA MATA PELAJARAN IPS MATERI JENIS USAHA DAN KEGIATAN EKONOMI (Penelitian dan Pengembangan (Research & Development) pada Siswa Kelas V SDN Kaligandu Kota Serang)

Apriani, Riska (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PUZZLE BERBASIS MAKE A MATCH PADA MATA PELAJARAN IPS MATERI JENIS USAHA DAN KEGIATAN EKONOMI (Penelitian dan Pengembangan (Research & Development) pada Siswa Kelas V SDN Kaligandu Kota Serang). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENGEMBANGAN MEDIA PUZZLE BERBASIS MAKE A MATCH PADA MATA PELAJARAN IPS MATERI JENIS USAHA DAN KEGIATAN EKONOMI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media puzzle berbasis make a match pada materi jenis usaha dan kegiatan ekonomi. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Kaligandu Kota Serang tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan tiga tahap yaitu, tahap pendefinisian (define), tahap perencanaan (design), dan tahap pengembangan (develop). Produk yang di hasilkan dari penelitian ini ialah berupa media pembelajaran puzzle berbasis make a match yang memuat materi mengenal jenis usaha dan kegiatan ekonomi pada mata pelajaran IPS Sekolah Dasar kelas V. Media pembelajaran puzzle ini berbentuk persegi panjang landscape dengan ukuran 28,3 cm x 40 cm. Menguji kelayakan produk didasarkan pada hasil penilaian ahli media, ahli materi, ahli pendidikan dan respon siswa kelas V sekolah dasar sebagai subjek uji coba. Pengumpulan data diperoleh dengan observasi, angket, dan wawancara tidak struktur. Berdasarkan data yang diperoleh, media puzzle berbasis make a match ini mendapatkan rata-rata skor validasi ahli sebesar 88,16% sehingga mendapat kategori “Sangat Layak”, dan respon siswa terhadap media puzzle berbasis make a match pada uji coba 20 responden sebesar 99,16% dengan kategori “Sangat Baik”. Jadi, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran puzzle berbasis make a match ini layak dan dapat dipergunakan.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorNurhasanah, AnaUNSPECIFIED
Thesis advisorDamanhuri, DamanhuriUNSPECIFIED
Additional Information: This research aims to develop media puzzle make a match based on the material type of business and economic activities, The research was conducted in Serang City Elementary School Kaligandu academic year 2018/2019. This study uses the Research and Development (R&D) with three stages, namely, the definition phase (define), the planning (design), and the stage of development (develop). The products derived from this research is in the form of a puzzle-based learning media make a match which contains materials to know the type of business and economic activities in social studies classroom elementary school instructional media puzzle V. Rectangular landscape with a size of 28.3 cm x 40 cm. Test the feasibility products are based on the results of expert assessment of the media, subject matter experts, education experts and the response of primary school fifth grade students as test subjects. The collection of data obtained through observation, questionnaires, and interviews structures. Based on the data obtained, the media make a match based puzzle is to get an average score of 88.16% expert validation that gets the category of "Very Decent", and the students' response to media puzzles based make a match on trial 20 respondents amounted to 99.16% with the category of "Very Good". Thus, it can be concluded that the puzzle-based instructional media make a match is feasible and can be used.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86206-Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 26 Nov 2021 15:01
Last Modified: 26 Nov 2021 15:01
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/9202

Actions (login required)

View Item View Item