Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA MATEMATIKA BERBASIS KONSTRUKTIVISME PADA MATERI PECAHAN KELAS V SEKOLAH DASAR (Penelitian R&D di Kelas V SDN Mancak 1 tahun ajaran 2018/2019)

Aulia, Syifa (2019) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA MATEMATIKA BERBASIS KONSTRUKTIVISME PADA MATERI PECAHAN KELAS V SEKOLAH DASAR (Penelitian R&D di Kelas V SDN Mancak 1 tahun ajaran 2018/2019). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA MATEMATIKA BERBASIS KONSTRUKTIVISME PADA MATERI PECAHAN KELAS V SEKOLAH DASAR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Suksesnya kegiatan pembelajaran tergantung dari bagaimana guru dalam menggunakan bahan ajar yang beragam agar peserta didik mudah memahami materi yang disampaikan guru. Guru tidak bisa hanya terpaku dengan buku yang sudah disediakan oleh pemerintah, maka dari itu peneliti berinisiatif untuk mengembangkan suatu produk berupa bahan ajar penunjang pembelajaran yaitu Lembar Kerja berbasis Konstruktivisme pada mata pelajaran Matematika materi Pecahan, Dengan menggunakan bahan ajar berupa Lembar Kerja berbasis kontruktivisme pada pembelajaran matematika ini dapat memudahkan peserta didik dalam memahami materi karena dibuat lebih mengutamakan pengalaman langsung dan keterlibatan peserta didik untuk aktif, sehingga penelitian ini mempunyai rumusan masalah kelayakan Lembar Kerja berbasis Konstruktivisme pada mata pelajaran Matematika materi Pecahan, dan bagaimana respon peserta didik terhadap penggunaan Lembar Kerja berbasis Konstruktivisme pada mata pelajaran Matematika materi Pecahan. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D). Produk yang dihasilkan pada peneltian dan pengembangan ini yaitu berupa Kelayakan Lembar Kerja berbasis Konstruktivisme ini diketahui dengan melakukan validasi oleh para ahli. Validasi ahli dilakukan oleh ahli materi, ahli bahasa, dan ahli media dengan subjek penelitin yaitu peserta didik kelas V SD Negeri Mancak 1 dengan jumlah total 21 peserta didik. Dari data yang diperoleh, Lembar Kerja berbasis Konstruktivisme ini mendapat rata-rata skor oleh validasi ahli sebesar 84% sehingga termasuk kedalam kategori “sangat layak” untuk digunakan dan mendapat skor rata-rata respon peserta didik sebesar 92% masuk kedalam kategori “sangat baik”. Jadi dapat disimpulkan bahwa Lembar Kerja berbasis Konstruktivisme matematika berbasis konstrutivisme pada materi pecahan ini sangat layak dan sangat baik untuk digunakan di sekolah dasar.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorAsih Vivi Yandari, IndhiraUNSPECIFIED
Thesis advisorPamungkas Alamsyah, TrianUNSPECIFIED
Additional Information: The success of learning activities depends on how the teacher uses various teaching materials so that students easily understand the material delivered by the teacher. Teachers cannot only be fixated on books that have been provided by the government, therefore the researchers take the initiative to develop a product in the form of learning support teaching materials namely Constructivism-based Worksheets on Fractional Mathematics subjects, Using teaching materials in the form of constructivism-based Worksheets on learning This mathematics can make it easier for students to understand the material because it is made more prioritizing direct experience and involvement of students to be active, so this research has the formulation of feasibility problems Constructivism-based Worksheets on Mathematics Fractions material, and how students respond to the use of Worksheet-based Constructivism in Mathematics subject matter Fractions. This study uses the Research and Development (R & D) method. The products produced in this research and development are in the form of Feasibility Constructivism- based Worksheets are known by conducting validations by experts. Expert validation was carried out by material experts, linguists, and media experts with research subjects, namely the fifth grade students of Mancak 1 Elementary School with a total of 21 students. From the data obtained, this Constructivism-based Worksheet gets an average score by expert validation of 84% so that it is included in the category of "very feasible" to be used and gets an average score of student responses by 92% into the category of "very good" . So it can be concluded that worksheets based on constructivist mathematical constructivism on fraction material are very feasible and very good for use in elementary schools.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86206-Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 25 Nov 2021 12:37
Last Modified: 25 Nov 2021 12:37
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/9077

Actions (login required)

View Item View Item