Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGEMBANGAN DESAIN CANOPY TIPE TUBULAR SEPEDA MOTOR MATIC

ABDILLAH, IKHSAN (2019) PENGEMBANGAN DESAIN CANOPY TIPE TUBULAR SEPEDA MOTOR MATIC. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENGEMBANGAN DESAIN CANOPY TIPE TUBULAR SEPEDA MOTOR MATIC.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Motorcycle canopy merupakan salah satu alat tambahan yang sudah dikembangkan oleh produsen sepeda motor di Eropa, Jepang, dan Amerika yang fungsi utamanya untuk melindungi pengendara sepeda motor dari kecelakaan akibat terkena benda jatuh dari atas yang dapat mencederai pengendara maupun penumpang dan sebagai pelindung penglihatan dalam kondisi jalan berdebu, hujan dengan intensitas sedang, dan serangga yang dapat menggangu penglihatan. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui besaran defleksi stress canopy tipe tubular sepeda motor matic dalam menahan beban statis, dan (2) mengetahui nilai gaya drag (Fd) canopy tipe tubular sepeda motor matic. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan bantuan perangkat lunak (software) pada canopy tipe tubular sepeda motor matic dengan cara melakukan pengujian yang disimulasikan menggunakan software yaitu simulasi pembebanan statik dan simulasi aerodinamika menggunakan software solidworks 2017. Simulasi pembebanan statik dilakukan pada rangka untuk mengetahui besaran defleksi dengan pemberian beban 500 N (50 Kg) pada rangka canopy dan simulasi aerodinamik untuk mengetahui nilai gaya drag (Fd) canopy dengan variasi kecepatan udara 2.8 m/s, 5.6 m/s, 8.3 m/s, 11.1 m/s, 13.9 m/s. Hasil dari penelitian ini didapatkan nilai (1) deformasi rangka sebesar 37,0524 mm serta factor of safety (FOS) canopy 2.9 dan dapat dikatakan aman karena nilai FOS > 1 , dan (2) nilai gaya drag (Fd) canopy tertinggi sebesar 6304,847 pada kecepatan 13.9 m/s (50 km/jam) dengan koifisien drag sebesar 1.282688. Koifisien drag MoCa ini dikatakan tinggi jika mengacu pada standar koifisien drag pada mobil yang berkisar antara 0.25 hingga 0.54.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorFawaid, MohUNSPECIFIED
TranscriberNurtanto, MuhammadUNSPECIFIED
Additional Information: Motorcycle canopy is one of the additional tools that have been developed by motorcycle manufacturers in Europe, Japan, and America whose main function is to protect motorcyclists from accidents caused by falling objects that can injure both rider and passenger and as a protective sight in road conditions dusty, moderate intensity rain, and insects that can interfere with vision. This study aims to (1) determine the amount of stress deflection of canatic type tubular motorcycles in holding static loads, and (2) determine the value of drag force (Fd) canopy type of tubular motorcycles in matic. This research is an experimental study with the help of software on canopy type of tubular motorbike matic by means of testing which is simulated using software namely static loading simulation and aerodynamic simulation using solidworks 2017 software. Static loading simulation is carried out in order to determine the magnitude of deflection with 500 N (50 Kg) load on the canopy frame and aerodynamic simulation to determine the value of the canopy drag force (Fd) with variations in air velocity of 2.8 m / s, 5.6 m / s, 8.3 m / s, 11.1 m / s, 13.9 m / s. The results of this study obtained the value (1) frame deformation of 37.0524 mm and the factor of safety (FOS) canopy 2.9 and can be said to be safe because the FOS value> 1, and (2) the highest value of the canopy drag force (Fd) of 6304, 847 at a speed of 13.9 m / s (50 km / h) with a drag coefficient of 1.282688. MoCa drag coefficient is said to be high when referring to the standard drag coefficient on cars ranging from 0.25 to 0.54.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 83203-Jurusan Pendidikan Vokasional Teknik Mesin
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 25 Nov 2021 12:20
Last Modified: 25 Nov 2021 12:20
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/9069

Actions (login required)

View Item View Item