Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMP

AYATULLAH, FAHMI (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMP. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis matematis dan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP. Sehingga dibutuhkan model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan tersebut. Model pembelajaran inkuiri diyakini mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah matematis pada siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Ciruas tahun ajaran 2018/2019 yang bertujuan untuk melihat pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah matematis siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi-eksperimental dengan jenis desain the nonequivalent pre-test post-test control group design. Penelitian ini melibatkan dua kelas yang terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Ciruas. Sampel penelitian ini adalah kelas VIIA sebagai kelas eksperimen dan VIIE sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa instrumen tes kemampuan berpikir kritis matematis dan instrumen tes kemampuan pemecahan masalah matematis. Hasil penelitian memberikan kesimpulan bahwa adanya pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah matematis. Selain itu, terdapat hubungan yang positif antara kemampuan berpikir kritis matematis dengan kemampuan pemecahan masalah matematis.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorPujiastuti, HeniUNSPECIFIED
Thesis advisorRafianti, IsnaUNSPECIFIED
Additional Information: This research is motivated by the low ability of mathematical critical thinking and ability of mathematical problem solving of junior high school students. So that a learning model is needed that can enhance this ability. The inquiry learning model is believed to be able to improve critical thinking ability and mathematical problem solving in students. This research was conducted in State Junior High School 1 Ciruas 2018/2019 academic year which aims to see the influence of inquiry learning models on critical thinking ability and mathematical problem solving of students. The research method used in this study is quasi-experimental with the type of design that is the nonequivalent pre-test post-test control group design. This study involved two classes consisting of the experimental class and the control class. The population in this study were all students of class VII of State Junior High School 1 Ciruas. The sample of this study was the VIIA class as the experimental class and VIIE as the control class. The instrument used in this study was a mathematical critical thinking ability test instrument and a mathematical problem solving ability test instrument. The results of the study provide the conclusion that there is an influence of inquiry learning model on critical thinking ability and mathematical problem solving. In addition, there is a positive relationship between mathematical critical thinking ability and mathematical problem solving ability.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202-Jurusan Pendidikan Matematika
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 22 Nov 2021 15:29
Last Modified: 22 Nov 2021 15:29
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/8878

Actions (login required)

View Item View Item