Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

MENINGKATKAN KECERDASAN NATURALIS ANAKMELALUI METODE DEMONSTRASI (Penelitian Tindakan pada Anak Usia 5-6 Tahun di PAUD Nurul Yaqin,Serang- Banten)

ANI SETIAWATI, NENG (2017) MENINGKATKAN KECERDASAN NATURALIS ANAKMELALUI METODE DEMONSTRASI (Penelitian Tindakan pada Anak Usia 5-6 Tahun di PAUD Nurul Yaqin,Serang- Banten). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text (Skripsi)
MENINGKATKAN KECERDASAN NATURALIS ANAKMELALUI METODE DEMONSTRASI (Penelitian Tindakan pada Anak Usia 5-6 Tahun di PAUD Nurul Yaqin, Serang Banten).pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Naturalist intelligence is the ability of a person to recognize and observe natural patterns such as floods, plants, animals, air, fire. Natualist intelligence of children aged 4-5 years in PAUD Niril Yaqin Serang Banten is still low, this is due to lack of stimulation and good activities that can support the development of children's naturalist intelligence in order to develop optimally. It is necessary activities interesting activities fun for children, one of them is the activities of demonstration methods. This study aims to improve the naturalist intelligence of children aged 5-6 years. The method used in this research is the method of action research, the action designed in the recurring cycle, in this study consists of two cycles. In the first cycle of 8 actions and cycle II as much as 3 times the action, with the clarity keshasailan reach 60%. Subjects in this study were in PAUD Nurul Yaqin Serang Banten with the number of 13 children aged 5-6 years consisting of 10 boys and 3 girls in each cycle consisting of 4 stages of planning, action, observation and reflection of data collection techniques Through observation, field notes, interview notes and documentation. Data analysis uses data reduction, data presentation and conclusion. The initial stage is given in the learning process by designing RPPH and applying the demonstration method in the learning process. Based on the results of this study it is known that: 1) on pre action of naturalist intelligence 27%, 2) after child is given action in cycle I, naturalist intelligence increased by 49%; 3) in cycle II obtained by 83%. Thus the child's naturalist intelligence has improved and is at a very good developing stage. It can be concluded that through the demonstration method can improve the naturalist intelligence of children aged 5-6 years in PAUD Nurul Yaqin Serang Banten

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorFatimah, AtinUNSPECIFIED
Thesis advisorTricahyani, TricahyaniUNSPECIFIED
Additional Information: Kecerdasan naturalis merupakan kemampuan seseorang untuk mengenal dan mengamati pola alamiah seperti akibat banjir, tumbuh-tumbuhan, binatang, udara, api. Kecerdasan natualis anak usia 4-5 tahun di PAUD Niril Yaqin Serang Banten masih rendah, hal ini disebabkan karena kurangnya stimulasi dan kegiatan yang baik yang dapat mendukung perkembangan kecerdasan naturalis anak agar dapat berkembang dengan optimal. Maka diperlukan kegiatan kegiatan yang menarik seta menyenangkan bagi anak, salah satunya yaitu dengan kegiatan metode demonstrasi. penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kecerdasan naturalis anak usia 5-6 tahun. Metode yang digunakan dalam peneliti ini adalah metode penelitian tindakan, tindakan yang dirancang dalam siklus berulang, dalam penelitian ini terdiri dari dua siklus. Pada siklus I sebanyak 8 tindakan dan siklus II sebanyak 3 kali tindakan, dengan kreteria keberhasailan mencapai 60%. Subjek pada penelitian ini adalah di PAUD Nurul Yaqin Serang Banten dengan jumlah 13 orang anak usia 5-6 tahun yang terdiri dari 10 anak laki-laki dan 3 anak perempuan disetiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi teknik pengumpulan data melalui observasi, catatan lapangan, catatan wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Tahap awal yang diberikan dalam proses pembelajaran dengan merancang RPPH dan menerapkan metode demonstrasi dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian ini diketahui bahwa: 1) pada pra tindakan kecerdasan naturalis anak 27%, 2) setelah anak diberikan tindakan pada siklus I, kecerdasan naturalis meningkat sebesar 49%, 3) pada siklus II diperoleh sebesar 83%. Dengan demikian kecerdasan naturalis anak sudah meningkat dan berada pada taraf berkembang sangat baik. Dapat disimpulkan bahwa melalui metode demonstrasi dapat meningkatkan kecerdasan naturalis anak usia 5-6 tahun di PAUD Nurul Yaqin Serang Banten
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86202-Jurusan Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 08 Oct 2021 07:30
Last Modified: 08 Oct 2021 07:30
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/2430

Actions (login required)

View Item View Item