Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

STRATEGI REKRUTMEN ANGGOTA PARTAI GELOMBANG RAKYAT (GELORA) INDONESIA DEWAN PIMPINAN DAERAH (DPD) KOTA SERANG

Mulyana, Gerhana (2023) STRATEGI REKRUTMEN ANGGOTA PARTAI GELOMBANG RAKYAT (GELORA) INDONESIA DEWAN PIMPINAN DAERAH (DPD) KOTA SERANG. S1 thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text (Skripsi)
Gerhana Mulyana_6670170036_Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (Skripsi)
Gerhana Mulyana_6670170036_CP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (30kB)
[img] Text (Skripsi)
Gerhana Mulyana_6670170036_01.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (Skripsi)
Gerhana Mulyana_6670170036_02.pdf
Restricted to Registered users only

Download (206kB)
[img] Text (Skripsi)
Gerhana Mulyana_6670170036_03.pdf
Restricted to Registered users only

Download (111kB)
[img] Text (Skripsi)
Gerhana Mulyana_6670170036_04.pdf
Restricted to Registered users only

Download (564kB)
[img] Text (Skripsi)
Gerhana Mulyana_6670170036_05.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12kB)
[img] Text (Skripsi)
Gerhana Mulyana_6670170036_Ref.pdf
Restricted to Registered users only

Download (170kB)
[img] Text (Skripsi)
Gerhana Mulyana_6670170036_Lamp.pdf
Restricted to Registered users only

Download (275kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi pentingnya eksistensi partai politik di Indonesia sebagai negara demokrasi. Namun, kondisi kontemporer menunjukan partai politik di Indonesia mengalami kemunduran, salah satunya dalam menjalankan fungsi rekrutmen. Di tengah-tengah senja kala partai politik di Indonesia, terbentuk partai politik baru, yaitu Partai Gelora Indonesia. Dalam menjalankan fungsi rekrutmen, Partai Gelora Indonesia, dalam hal ini DPD Kota Serang dihadapkan dengan persoalan rekrutmen di mana anggota yang bergabung karena adanya ajakan dari relasi sosial, serta adanya praktek klientalisme dalam merekrut anggota. Selain itu, sebagai partai politik baru eksistensi partai dalam konteks politik lokal juga masih dipertanyakan dibanding partai yang terlebih dahulu hadir. Latar belakang lahirnya Partai Gelora Indonesia yang hadir karena adanya konflik di internal PKS juga turut mewarnai rekrutmen anggota yang berlangsung. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori metode rekrutmen dari Rush & Althof dan teori sistem rekrutmen dari labolo, didukung dengan teori fungsi rekrutmen dari Heywood, serta teori jaringan sosial dari Hidayaturrahman. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data yang didapat dalam penelitian ini, dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan studi dokumen. Hasil penelitian ini menggambarkan bahwa metode rekrutmen anggota dibedakan berdasarkan fungsi anggota, status sosial, dan generasi. Di mana berdasarkan fungsi anggota terbagi ke dalam pengurus yang direkrut secara tertutup dengan penunjukan langsung, BCAD pun demikian, dan rekrutmen basis massa yang berjalan terbuka dengan memanfaatkan patronase. Kata kunci: Rekrutmen anggota, DPD Partai Gelora Kota Serang.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorFuad, Anis198009082006041002
Additional Information: Penelitian ini dilatar belakangi pentingnya eksistensi partai politik di Indonesia sebagai negara demokrasi. Namun, kondisi kontemporer menunjukan partai politik di Indonesia mengalami kemunduran, salah satunya dalam menjalankan fungsi rekrutmen. Di tengah-tengah senja kala partai politik di Indonesia, terbentuk partai politik baru, yaitu Partai Gelora Indonesia. Dalam menjalankan fungsi rekrutmen, Partai Gelora Indonesia, dalam hal ini DPD Kota Serang dihadapkan dengan persoalan rekrutmen di mana anggota yang bergabung karena adanya ajakan dari relasi sosial, serta adanya praktek klientalisme dalam merekrut anggota. Selain itu, sebagai partai politik baru eksistensi partai dalam konteks politik lokal juga masih dipertanyakan dibanding partai yang terlebih dahulu hadir. Latar belakang lahirnya Partai Gelora Indonesia yang hadir karena adanya konflik di internal PKS juga turut mewarnai rekrutmen anggota yang berlangsung. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori metode rekrutmen dari Rush & Althof dan teori sistem rekrutmen dari labolo, didukung dengan teori fungsi rekrutmen dari Heywood, serta teori jaringan sosial dari Hidayaturrahman. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data yang didapat dalam penelitian ini, dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan studi dokumen. Hasil penelitian ini menggambarkan bahwa metode rekrutmen anggota dibedakan berdasarkan fungsi anggota, status sosial, dan generasi. Di mana berdasarkan fungsi anggota terbagi ke dalam pengurus yang direkrut secara tertutup dengan penunjukan langsung, BCAD pun demikian, dan rekrutmen basis massa yang berjalan terbuka dengan memanfaatkan patronase. Kata kunci: Rekrutmen anggota, DPD Partai Gelora Kota Serang.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Rekrutmen anggota, DPD Partai Gelora Kota Serang. Keywords: Recruitment of members, Gelora Indonesian Party Regional Leadership Council for Serang City
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
J Political Science > JA Political science (General)
J Political Science > JC Political theory
J Political Science > JF Political institutions (General)
J Political Science > JQ Political institutions Asia
Divisions: 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 65201-Program Studi Ilmu Pemerintahan
Depositing User: Gerhana Mulyana
Date Deposited: 20 Mar 2023 14:06
Last Modified: 20 Mar 2023 14:06
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/22563

Actions (login required)

View Item View Item