Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

HUBUNGAN ANTARA TAYANGAN GREEN MINUTE DI METROTV DENGAN SIKAP KHALAYAK TERHADAP ISU GLOBAL WARMING (Studi Assosiatif pada Mahasiswa Jurusan Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)

Amaly, Nadjela (2010) HUBUNGAN ANTARA TAYANGAN GREEN MINUTE DI METROTV DENGAN SIKAP KHALAYAK TERHADAP ISU GLOBAL WARMING (Studi Assosiatif pada Mahasiswa Jurusan Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa). Lainnya thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img]
Preview
Text (Skripsi Prodi. Komunikasi)
SKRIPSI KOM - NADJELA AMALY - 2010.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview

Abstract

NADJELA AMALY. 051161. HUBUNGAN ANTARA TAYANGAN GREEN MINUTE DI METROTV DENGAN SIKAP KHALAYAK TERHADAP ISU GLOBAL WARMING. Program Studi Ilmu Komunikasi. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Pada masa yang kritis akan permasalahan pemanasan global, MetroTV mengampanyekan Let’s Go Green pada tahun 2008 untuk menyadarkan dan mengedukasi masyarakat Indonesia akan ancaman pemanasan global. Penelitian ini membahas tentang hubungan antara program Let’s Go Green versi Green Minute di MetroTV dengan sikap khalayak terhadap isu global warming. Teori yang digunakan dalam penelitian ini antara lain teori komunikasi, teori komunikasi massa, dan teori media massa, Penelitian ini menggunakan metode penelitian assosiatif untuk mengukur hubungan sikap masyarakat terhadap pesan tentang lingkungan hidup di televisi dari berbagai segi. Setelah melakukan pengambilan sampel dengan teknik slovin, maka diperoleh responden sejumlah 85 orang. Setelah mengolah data kuesioner, maka diperoleh kesimpulan bahwa tema cerita Green Minute cukup disukai oleh responden dan dianggap cukup menarik. Demikian juga dengan kualitas visual Green Minute juga cukup bagus. Informasi yang disampaikan juga mudah untuk dipahami dan diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Meskipun demikian, persepsi masyarakat terhadap waktu penayangan dan durasi penayangan Green Minute tidak cukup bagus, oleh karena itu masyarakat berharap pihak MetroTV akan menambah waktu penayangan Green Minute. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menyarankan kepada pihak MetroTV agar menambah waktu penayangan Green Minute agar informasi yang disampaikan akan diperoleh lebih mendalam oleh masyarakat yang lebih luas.

Item Type: Thesis (Lainnya)
Additional Information: ABSTRACT : NADJELA AMALY. 051161. CORRELATION BETWEEN THE PROGRAM OF GREEN MINUTE ON METROTV WITH AUDIENCE ATTITUDES TOWARD THE ISSUE OF GLOBAL WARMING. Communication Studies Program. Faculty of Social and Political Sciences. University Sultan Ageng Tirtayasa. At a critical time would be the problem of global warming, Metro campaigning Let's Go Green in the year 2008 for the awareness and educate the people of Indonesia will be the threat of global warming. This study discusses the relationship between the program version of Let's Go Green on Metro Green Minute with audience attitudes toward the globalwarmingissue. Theory used in this study include communication theory, mass communication theory, and theory of mass media, This study uses assosiative research methods to measure public attitudes towards the relationship with environmental messages on television from various aspects. After doing slovin sampling technique, the respondents obtained some 85 people. After processing the questionnaire data, it could be concluded that the theme of the story quite Green Minute favored by the respondents and is considered quite attractive. Similarly, the Green Minute visual quality is also quite good. Information presented is also easy to be understood and applied in everyday life. Nevertheless, public perception of exposure time and duration of exposure is not good enough Green Minute, therefore the society hopes will add to the Metro Green Minute delivery time. Based on the findings, researchers recommend to the Metro to increase the exposure time Green Minute order information submitted will be obtained more depth by the larger society.
Subjects: Communication > Science Journalism
Communication > Communication (General)
Divisions: 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 70201-Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 21 Feb 2013 03:18
Last Modified: 27 May 2013 07:39
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/211

Actions (login required)

View Item View Item