Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGEMBANGAN APLIKASI TEREBANG GEDE SANGGAR AL -BAROKAH PANGGUNG JATI SERANG BANTEN SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID (Pada Materi Memainkan Ansambel Musik Tradisional SMPN 14 Kota Serang Kelas VIII)

Priadi, Dandi Lugas (2022) PENGEMBANGAN APLIKASI TEREBANG GEDE SANGGAR AL -BAROKAH PANGGUNG JATI SERANG BANTEN SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID (Pada Materi Memainkan Ansambel Musik Tradisional SMPN 14 Kota Serang Kelas VIII). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text (SKRIPSI)
Dandi Lugas Priadi_2289170013_Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
Dandi Lugas Priadi_2289170013_01.pdf
Restricted to Registered users only

Download (750kB)
[img] Text
Dandi Lugas Priadi_2289170013_02.pdf
Restricted to Registered users only

Download (453kB)
[img] Text
Dandi Lugas Priadi_2289170013_03.pdf
Restricted to Registered users only

Download (719kB)
[img] Text
Dandi Lugas Priadi_2289170013_04.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
Dandi Lugas Priadi_2289170013_05.pdf
Restricted to Registered users only

Download (115kB)
[img] Text
Dandi Lugas Priadi_2289170013_Lamp.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
Dandi Lugas Priadi_2289170013_Ref.pdf
Restricted to Registered users only

Download (277kB)

Abstract

The development of the times is inevitable, one of which is the development felt in the world of education, which currently the majority of learning uses tools, namely Smartphones in the learning process. Smartphones are tools that can help disseminate information, communicate, and other activities. The increasing use of smartphones today has increased the need for people in mobile applications whose function is to make it easier for people to carry out their daily activities. This is proven at SMPN 14 Kota Serang which uses the application of traditional gamelan musical instruments to assist in the practical learning process. Due to inadequate school facilities, the gamelan application is very helpful. Therefore, researchers are interested in developing applications by making applications for traditional musical instruments that grow and develop in Banten, namely Terebang Gede, to help and complement the learning media used in the world of education. The purpose of this study is to find out the process of making learning applications and feasibility tests for android-based learning applications. The research method used by researchers is the Research and Development (R&D) method with the ADDIE development model (analysis, design, development, implementation, evaluation). Based on some assessments of media experts, materials, and users related to learning media with a percentage rate of media experts 93.12% of the "very feasible" category to use, material experts 85% of the "very feasible" category to use, and users 80.98% of the "very feasible" category to use.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorSuhaya, Suhaya197204132008121001
Thesis advisorSeptiyan, Dadang Dwi0023099103
Additional Information: perkembangan zaman merapakan hal yang tidak bisa dihindari, salah satunya perkembangan yang terasa pada dunia pendidikan yang saat ini mayoritas pembelajarannya menggunakan alat bantu yaitu Smartphone dalam proses pembelajarannya. Smartphone merupakan alat yang dapat membantu menyebarluaskan informasi, berkomunikasi, dan aktivitas lainnya. Meningkatnya penggunaan Smartphone saat ini menjadikan bertambahnya kebutuhan masyarakat pada aplikasi mobile yang fungsinya untuk mempermudah masyarakat dalam melakukan aktivitas sehari-harinya. Hal ini terbukti pada SMPN 14 Kota Serang yang menggunakan aplikasi alat musik tradisional gamelan untuk membantu dalam proses pembelajaran praktek. Dikarenakan fasilitas sekolah yang kurang memadai, aplikasi gamelan itu sangatlah membantu. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk mengembangkan aplikasi dengan cara membuat aplikasi alat musik tradisional yang tumbuh dan berkembang di Banten yaitu Terebang Gede, untuk membantu dan melengkapi media pembelajaran yang digunakan dalam dunia pendidikan. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui proses pembuatan aplikasi pembelajaran dan uji kelayakan aplikasi pembelajaran berbasis android. Metode penelitian yang digunakan peneliti yaitu metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (analysis, desain, development, implementation, evaluation). Berdasarkan beberapa penilaian para ahli media, materi, dan pengguna terkait media pembelajaran dengan tingkat persentase ahli media 93,12% kategori “sangat layak” digunakan, ahli materi 85% kategori “sangat layak” digunakan, dan pengguna 80,98% kategori “sangat layak” digunakan.
Subjects: M Music and Books on Music > M Music
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 88209-Jurusan Pendidikan Seni dan Pertunjukan
Depositing User: Mr Dandi Lugas Priadi
Date Deposited: 28 Dec 2022 13:47
Last Modified: 28 Dec 2022 13:47
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/18311

Actions (login required)

View Item View Item