Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPS MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE BAMBOO DANCING Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas IV SDN Cibungur 1 Kecamatan Sukaresmi Kabupaten Pandeglang

Amalia, Nurul (2015) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPS MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE BAMBOO DANCING Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas IV SDN Cibungur 1 Kecamatan Sukaresmi Kabupaten Pandeglang. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPS MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPE.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (18MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas pembelajaran dan meningkatkan pembelajaran hasil belajar siswa kelas IV mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dengan pengembangan material teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi melalui penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Menari Bambu. Ini Penelitian ini dilakukan karena rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran tersebut. Dia diketahui dari hasil observasi selama proses pembelajaran di kelas dan pada hasil nilai ujian akhir semester. Subyek dalam penelitian ini adalah sebagai sebanyak 25 siswa. Pada siklus I pertemuan pertama persentase siswa aktivitas mencapai 42,10% dan pada pertemuan kedua mencapai 52,63%, sedangkan pada siklus II pertemuan pertama persentase siswa mengalami peningkatan aktivitas yang mencapai 73,68% dan pada pertemuan kedua mencapai 89,47% observasi aktivitas guru pada siklus I pertemuan pertama, persentase aktivitas guru mencapai 50% dan pada pertemuan kedua mencapai 65%. Sedangkan pada pertemuan pertama siklus II persentase aktivitas guru meningkat menjadi 75% dan pertemuan kedua meningkat yaitu hingga 90%. Adapun hasil belajar pada siklus I hasil belajar siswa 60% persentase dari kelengkapan. Nilai hasil belajar siswa pada siklus II persentase ketuntasan mencapai 80%. Hasilnya menunjukkan bahwa melalui aplikasi model pembelajaran kooperatif menari bambu dapat meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorHOSNAN, HOSNAN195511181982031002
Thesis advisorRAHMAN HAKIM, ZERRI198003312010121001
Additional Information: This research aims to determine the learning activities and improve learning outcomes of fourth grade students in the subjects of Social Sciences (IPS) with the material development of production technology, communications, and transport through the implementation of Cooperative Learning Model Dancing Bamboo. This research was conducted due to low student learning outcomes in these subjects. It is known from the results of observations during the learning process in the classroom and on the results of the final test scores semester. Subjects in this study were as many as 25 students. In the first cycle of the first meeting of the percentage of student activity reached 42.10% and in the second meeting reached 52.63%, while in the second cycle of the first meeting of the percentage of students has increased activity which reached 73.68% and in the second meeting reached 89.47% , Note also on the observation of the activity of teachers in the first cycle the first meeting, the percentage of teachers activity reached 50% and in the second meeting reached 65%. While in the first meeting of the second cycle of activity percentages of teachers increased to 75% and the second meeting is increasing, ie up to 90%. As for the learning outcomes in the first cycle of student learning outcomes 60% the percentage of completeness. Value of student learning outcomes in the second cycle completeness percentage reached 80%. The results show that through the application of cooperative learning model dancing bamboo can increase the activity of learning and student learning outcomes in social studies.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Menari Bambu, IPS belajar dan hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86206-Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 22 Apr 2022 22:24
Last Modified: 09 Sep 2022 10:01
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/13640

Actions (login required)

View Item View Item