Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

IDENTIFIKASI KESALAHAN SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH BENTUK SOAL CERITA MATEMATIKA MATERI SEGITIGA BERDASARKAN PROSEDUR NEWMAN

ARIANTI, NITA (2016) IDENTIFIKASI KESALAHAN SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH BENTUK SOAL CERITA MATEMATIKA MATERI SEGITIGA BERDASARKAN PROSEDUR NEWMAN. S1 thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text
IDENTIFIKASI KESALAHAN SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH BENTUK SOAL CERITA MATEMATIKA MATERI SEGITI.PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

This research based on the lower of student’s ability to solve problem, therefore it needs to evaluate them to know what is the mistake and the fact caused the failure of student to solve the problem. The purpose of this research is to know the variaties and factors that cause the students failure in solving mathematics wor problem in triangle material based on Newman procedur. This research is a qualitative research. The subjects of this research are consists of six students of 12 students in grade VII at 14 Junior High School in Serang City. The procedur of choosing research subjects is based on puposive sampling technical. Anna Newman in Prakitipong, Natcha and Stoshi Nakamura (2006) analised the students failure based on newman procedur, those are reading, comprehension, transformation, process skill and encoding. Many subjects did the failures in reading the questions: two research subjects, the failures in understanding the problems: five research subjects, transformation’s failure: four research subjects, process skill failur: six research subjects, writing answers failure: six research subjects. The factors that cause the subjects been doing the mistakes are reading questions failure. Its because the subject can’t understand the symbols or terminology in the questions, problem understanding failure because the students can’t understand the problem in the questions. Transformation failure can’t understand the problem in the questions, forget to write down the method., process skill failure because careless and can’t understand prerequisite material, writing final answers failure because didn’t recheck the answers before it collected and not really common in finishing word problem without return the model answer can be an answers of the problems.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorPujiastuti, Heni1982081020080120016
Thesis advisorSetiani, Yani197608212008012010
Additional Information: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah siswa pada salah satu SMP Negeri di Kota Serang, karena itu perlu adanya evaluasi untuk mengetahui kesalahan dan faktor-faktor apa saja penyebab kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah matematis. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juni 2016 di SMPN 14 Kota Serang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis dan faktor penyebab siswa melakukan kesalahan dalam memecahkan masalah bentuk soal cerita matematika materi segitiga berdasarka prosedur Newman. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek penelitian terdiri atas 6 siswa dari 12 siswa kelas VII SMP Negeri 14 Kota serang dengan masing-masing 2 siswa dalam kelompok tinggi, sedang dan rendah. Prosedur pemilihan subjek penelitian berdasarkan teknik pengambilan purposive sampling. Anna Newman dalam Prakitipong, Natcha dan Satoshi Nakamura (2006) menganalisis kesalahan siswa berdasarkan prosedur Newman, yaitu reading, comprehension, transformation, Process Skill dan Encoding. Hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa kesalahan yang ditemukan terdiri dari kesalahan membaca soal, memahami masalah, transformasi, keterampilan proses dan penulisan jawaban akhir. Banyak subjek yang melakukan kesalahan membaca soal: dua subjek penelitian, kesalahan memahami masalah: lima subjek penelitian, kesalahan transformasi: empat subjek penelitian, kesalahan keterampilan proses: enam subjek penelitian, kesalahan penulisan jawaban: enam subjek penelitian. Faktor penyebab subjek melakukan kesalahan meliputi kesalahan membaca soal dikarenakan subjek penelitian tidak mampu memaknai simbol atau istilah yang terdapat pada soal, kesalahan memahami masalah karena tidak memahami masalah dalam soal, kesalahan transformasi tidak memahami masalah dalam soal Lupa menuliskan metode, kesalahan keterampilan proses karena tidak teliti dan tidak memahami materi prasyarat, kesalahan penulisan jawaban akhir karena tidak mengecek kembali jawaban ujian sebelum dikumpulkan dan tidak terbiasa menyelesaikan soal cerita tanpa mengembalikan jawaban model menjadi jawaban permasalahan
Uncontrolled Keywords: Problem Solving, Failure’s Analise, Newman Procedur Pemecahan Masalah, Analisis Kesalahan, Prosedur Newman
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202-Jurusan Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 14 Apr 2022 10:59
Last Modified: 14 Apr 2022 10:59
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/12707

Actions (login required)

View Item View Item