Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENERAPAN PENDEKATAN SAINS TEKNOLOGI DAN MASYARAKAT (STM) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SDN CITEREP KOTA SERANG (Penelitian Tindakan Kelas di kelas IV SD Negeri Citerep Kota Serang Provinsi Banten)

Asiah, Siti (2014) PENERAPAN PENDEKATAN SAINS TEKNOLOGI DAN MASYARAKAT (STM) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SDN CITEREP KOTA SERANG (Penelitian Tindakan Kelas di kelas IV SD Negeri Citerep Kota Serang Provinsi Banten). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENERAPAN PENDEKATAN SAINS TEKNOLOGI DAN MASYARAKAT (STM) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SDN CITE~1.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Learning in social science teacher typically using methods that are less enable students in the learning process, such as a lecture and answer method and others. Obstacles often experienced during the teaching and learning activities is lack of availability of instructional media, so when doing research in fourth grade of elementary school Citerep Serang City. Many Students are bored with the social studies subjects considered as subject for rote, this study aims to improve learning outcomes and learning activities. To determine the planning and implementation of learning outcomes using scientific approaches to technology and society. Research method used was action research conducted in two cycle of learning outcomes reached 66,07 unity with a percentage of 71,42% while in the second cycle increased to 84,46 with a percentage increase of 89,28% or an increase of 17,86%. While in the first cycle of activity reached 68,62 and in the second cycle increased to 78,30 by either category or increased by 9,68%. So at the second cycle of 28 people saw an increase in students who achieve mastery criteria minimum of 25 people and the students who don’t meet the minimum criteria for completeness only 3 students. Conclusion can be drawn that the science of learning by using technology and society approach can improve the learning outcomes of social studies subject in the fourth grade students to the concept on natural resources in the elementary school Citerep

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorSHOLIH, SHOLIH196006141987021002
Thesis advisorDAMANHURI, DAMANHURI198203032006041004
Additional Information: Didalam pembelajaran IPS para guru biasanya menggunakan metode-metode yang kurang mengaktifkan siswanya dalam proses pembelajaran seperti misalnya metode ceramah, metode tanya jawab dan lain-lain. kendala yang sering dialami pada saat kegiatan belajar mengajar adalah kurang tersedianya media pembelajaran, sehingga pada saat melakukan penelitian di kelas IV SD Negeri Citerep Kota Serang, banyak siswa yang merasa bosan dengan mata pelajaran IPS karena dianggap sebagai mata pelajaran hafalan, Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar. Untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan dan hasil belajar dengan menggunakan pendekatan Sains Teknologi dan Masyarakat (STM). Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan pada dua siklus. Tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pada pelaksanaan siklus I hasil belajar mencapai 66,07 dengan persentase 71,42% sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 84,46 dengan persentase 89,28% atau meningkat sebesar 17,86%. Sementara pada aktivitas siklus I mencapai 68,62 dan pada siklus II meningkat menjadi 78,30 dengan kategori baik atau meningkat sebesar 9,68%. Sehingga pada siklus II terlihat peningkatan pada 28 orang siswa yang mencapai KKM sebanyak 25 orang siswa dan yang tidak memenuhi KKM hanya 3 orang siswa. Kesimpulan yang dapat diambil bahwa pembelajaran dengan menggunakan pendekatan Sains Teknologi dan Masyarakat (STM) dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV pada konsep sumber daya alam SDN Citerep Kota Serang-Banten tahun ajaran 2014/2015
Uncontrolled Keywords: The results of learning, science technology and society approach, action research. Hasil belajar, pendekatan Sains Teknologi dan Masyarakat (STM), Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86206-Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 13 Apr 2022 14:22
Last Modified: 13 Apr 2022 14:22
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/12493

Actions (login required)

View Item View Item