Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGGUNAAN MEDIA VISUAL DAN METODE LEARNING CYCLE DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MADRASAH TSANAWIYAH AL-HUSEN TUNJUNG TEJA KABUPATEN SERANG

Anwar, Saepul (2014) PENGGUNAAN MEDIA VISUAL DAN METODE LEARNING CYCLE DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MADRASAH TSANAWIYAH AL-HUSEN TUNJUNG TEJA KABUPATEN SERANG. Master thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text
PENGGUNAAN MEDIA VISUAL DAN METODE LEARNING CYCLE DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS VIII .pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

The purposes of this study are 1) to describe the use of visual media at eksplorasi fase, credible concept fase, and concept application fase in matematic learning in the eight grade student of MTs. Al-Husen Tunjung Teja Kabupaten Serang on the concept of lingkaran, 2) to describe the use of learning cycle methods in matematic teaching in the eight grade student of MTs. Al-Husen Tunjung Teja Kabupaten Serang on the concept of lingkaran, and 3) to determine the success concept aplication mathematic learning through the use of visual media and learning cycle method at eksplorasi fase, pengenalan concept fase, and concept application fase in the eight grade students MTs. Al-Husen Tunjung Teja Kabupaten Serang on the concept lingkaran. The research was conducted to eight grade students by number 42 children. The location of the research was in MTs. Al-Husen Tunjung Teja Kabupaten Serang Jl. KH. Abdul Khabier No.09 Km 24 Kabupaten Serang which has been done from March to July 2013. The research method use was a descriptive qualitative method and the research are as an instrument. Date collection techniques in this research are observation, interview, documentation, and triangulation. Implementation mathematic learning by using visual media is very helpful to students in understanding the subject matter at matematic teaching. The learning process becomes more attractive, effective, and efficient. Beside, the learning process by using the learning cycle method instills the basic of scientific thinking, students are learning themselves learning with her fase or step by step, and develops creativity in solving problems. By using visual media ind the learning cycle method ini mathematic teaching can help teachers and students to increase comprehension, the presenting of the material become, and easer to undertand what the content of the lessons that has been taught.

Item Type: Thesis (Master)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorBarlia, Lily195409151980031003
Thesis advisorAmirudin, Suwaib19740501200511005
Additional Information: Tujuan penelitian ini adalah 1) mendeskripsikan penggunaan media visual pada fase eksplorasi, fase pengenalan konsep, dan aplikasi konsep dalam pembelajaran matematika pada siswa kelas VIII MTs. Al-Husen Tunjung Teja Kabupaten Serang pada materi lingkaran, 2) mendeskripsikan penggunaan metode pembelajaran learning cycle dalam pembelajaran matematika pada siswa kelas VIII MTs. Al-Husen Tunjung Teja Kabupaten Serang pada materi lingkaran, dan 3) mengetahui keberhasilan pembelajaran matematika melalui penggunaan media visual dan metode learning cycle pada fase eksplorasi, fase pengenalan konsep, dan fase aplikasi konsep pada siswa kelas VIII MTs. AlHusen Tunjung Teja Kabupaten Serang pada materi lingkaran. Penelitian ini dilakukan kepada siswa kelas VIII dengan jumlah 42 anak. Lokasi penelitian di MTs. Al-Husen Tunjung Teja Kabupaten Serang Jl. KH. Abdul Khabier No.09 Km 24 Kabupaten Serang. Penelitian dilakukan dari bulan Maret sampai dengan Juli 2013. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif dan peneliti sebagai instrumen. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan triangulasi. Pelaksanaan pembelajaran matematika dengan menggunakan media visual sangat membantu siswa dalam memahami materi pelajaran matematika. Proses pembelajaran menjadi menarik, efektif, dan efisien. Proses pembelajaran dengan metode learning cycle menanamkan dasar-dasar berfikir ilmiah, siswa lebih banyak belajar sendiri melalui fase atau tahapan pembelajarannya, mengembangkan kreativitas, dan konsep dalam memecahkan masalah. Dengan menggunakan media visual dan metode learning cycle pada pembelajaran matematika dapat membantu guru dan siswa dalam meningkatkan pemahaman, penyajian materi, serta memudahkan siswa dalam mendalamani isi materi yang diajarkan.
Uncontrolled Keywords: Visual Media, Learning Cycel Method,and Matematic Learning MediaVisual, Metode Learning Cycle,dan Pembelajaran Matematika.
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: 08-Pascasarjana
08-Pascasarjana > Magister Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 03 Apr 2022 09:54
Last Modified: 03 Apr 2022 09:54
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/11509

Actions (login required)

View Item View Item