Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

USULAN PERBAIKAN PELAYANAN RAWAT JALAN RUMAH SAKIT KRAKATAU MEDIKA DENGAN METODE LEAN HEALTHCARE DAN SIMULASI

Andini, Gina (2015) USULAN PERBAIKAN PELAYANAN RAWAT JALAN RUMAH SAKIT KRAKATAU MEDIKA DENGAN METODE LEAN HEALTHCARE DAN SIMULASI. S1 thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text
USULAN PERBAIKAN PELAYANAN RAWAT JALAN RUMAH SAKIT KRAKATAU MEDIKA DENGAN METODE LEAN HEALTHCARE DAN S~1.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (11MB)

Abstract

Rumah Sakit adalah bagian integral dari suatu organisasi sosial dan kesehatan dengan fungsi menyediakan pelayanan paripurna (komprehensif), penyembuhan penyakit (kuratif) dan pencegahan penyakit (preventif) kepada masyarakat. Salah satu Rumah Sakit yang ada di Cilegon adalah Rumah Sakit Krakatau Medika. Banyak rumah sakit yang belum menggunakan metode Lean Healthcare untuk meminimalkan waste, Rumah Sakit Krakatau Medika salah satunya, dalam sistem pelayanan di rumah sakit ini belum menggunakan metode Lean ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi waste yang terjadi pada bagian lokasi aktivitas rawat jalan dan memberikan usulan perbaikan agar waste tersebut terminimalisir serta membuat simulasi sistem usulan perbaikan administrasi rawat jalan. Penelitian ini menggunakan metode lean healthcare dan simulasi. Hasil simulasi model pada kondisi eksisting menunjukkan waktu rata-rata pasien berada di dalam sistem aktivitas rawat jalan di Rumah Sakit Krakatau Medika yaitu untuk pasien di Poli A selama 980,31 detik. Pasien di Poli B selama 916,81 detik. Sedangkan pasien di Poli C selama 968,81 detik. Rancangan perbaikan yang dibuat terhadap sistem eksisting terdiri dari skenario 1 yang mereduksi waktu berjalan pasien rawat jalan, skenario 2 yang mereduksi waktu bertanya pasien rawat jalan dan skenario 3 yang menggabungkan skenario 1 dan skenario 2. Dari ketiga skenario tersebut terpilih skenario terbaik yaitu pada skenario 3 yang menggabungkan skenario 1 dan skenario 2 sehingga menghasilkan rata-rata pasien berada di dalam sistem aktivitas rawat jalan di Rumah Sakit Krakatau Medika yaitu untuk pasien di Poli A selama 905,42 detik. Pasien di Poli B selama 853,84 detik. Sedangkan pasien di Poli C selama 887,67 detik. Berdasarkan hasil perhitungan persentase Process Cycle Efficiency (PCE), maka diketahui bahwa efisiensi waktu aktivitas rawat jalan Rumah Sakit Krakatau Medika mengalami peningkatan sebesar 0,94% dari sistem eksisting.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorHerlina, LelyUNSPECIFIED
Thesis advisorIlhami, Muhammad AdhaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Waste, Lean Healthcare, Simulasi
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: 03-Fakultas Teknik
03-Fakultas Teknik > 26201-Jurusan Teknik Industri
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 26 Mar 2022 23:43
Last Modified: 26 Mar 2022 23:43
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/10803

Actions (login required)

View Item View Item