Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

IMPLEMENTASI KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS NASKAH DRAMA SISWA KELAS XI SMK INSAN MULYA KIBIN TAHUN AJARAN 2014/2015

Murtasiah, Ita (2015) IMPLEMENTASI KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS NASKAH DRAMA SISWA KELAS XI SMK INSAN MULYA KIBIN TAHUN AJARAN 2014/2015. S1 thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text
IMPLEMENTASI KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only until 2015.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Hubungan antara kemampuan membaca pemahaman terhadap kemampuan menulis naskah drama siswa kelas XI SMK Insan Mulya Kibin, 2) Kekuatan hubungan antara kemampuan membaca pemahaman terhadap kemampuan menulis naskah drama siswa kelas XI SMK Insan Mulya Kibin. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pemikiran tentang ada tidaknya hubungan antara kemampuan membaca pemahaman terhadap kemampuan menulis naskah drama pada siswa kelas XI SMK Insan Mulya Kibin. Adapun rumusan masalah penelitian ini adalah: 1) Apakah kemampuan membaca pemahaman memiliki hubungan dengan kemampuan menulis naskah drama siswa kelas XI SMK Insan Mulya Kibin? 2) Bagaimana kekuatan hubungan antara kemampuan membaca pemahaman terhadap kemampuan menulis naskah drama siswa kelas XI SMK Insan Mulya Kibin?. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasi. Teknik penelitian yang digunakan yaitu studi pustaka dan tes. Instrumen penelitian ini adalah soal tes kemampuan membaca pemahaman berupa tes objektif dan tes kemampuan menulis naskah drama berupa tes uraian. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMK Insan Mulya Kibin semester II tahun ajaran 2014/2015 dengan jumlah 194 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik simple random sampling, yang penulis ambil hanya satu kelas. Dengan sampel sebanyak 32 siswa yang terdiri atas 30 siswa perempuan dan 2 siswa laki-laki. Berdasarkan hasil penelitian secara statistik pada t–tabel dengan taraf signifikansi 5% dan 1% terhadap db= n – 2 = 30 adalah 0,349 dan 0,449 maka t-hitung > t-tabel, yaitu 0,783 > 0,449 > 0,349. Dengan ketentuan t-hitung > t-tabel maka Ha diterima dan Ho ditolak. Dapat disimpulkan bahwa “terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kemampuan membaca pemahaman terhadap kemampuan menulis naskah drama siswa kelas XI SMK Insan Mulya Kibin dan implementasi kemampuan membaca pemahaman teks sastra berupa naskah drama memiliki kekuatan hubungan yang kuat terhadap kemampuan menulis naskah drama dengan kekuatan hubungan berada pada nilai koefesien korelasi sebesar 0,60 – 0,799”. Kata Kunci : Kemampuan, Membaca Pemahaman, Menulis Naskah Drama.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorEdiwarman, Ediwarman196610052001121001
Thesis advisorIbnu Wahid, Farid197902072008121002
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Kemampuan, Membaca Pemahaman, Menulis Naskah Drama.
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PM Hyperborean, Indian, and Artificial languages
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 88201-Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 22 Mar 2022 09:01
Last Modified: 22 Mar 2022 09:01
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/10420

Actions (login required)

View Item View Item