Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PERENCANAAN KOMUNIKASI PADA KARYA DAKWAH KOMUNITAS FILM MAKER MUSLIM

Wahdah, Siti Novit and Restu, Uliviana and Sagita, Darwis (2018) PERENCANAAN KOMUNIKASI PADA KARYA DAKWAH KOMUNITAS FILM MAKER MUSLIM. Lainnya thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img]
Preview
Text (Siti Novit Wahdah NIM. 6662132060)
SITI NOVIT_PERENCANAAN KOMUNIKASI PADA KARYA DAKWAH KOMUNITAS FILM MAKER MUSLIM - Copy.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview

Abstract

Siti Novit Wahdah. NIM. 6662132060. Skripsi. Perencanaan Komunikasi pada Karya Dakwah Komunitas “Film Maker Muslim”. Pembimbing I: Uliviana Restu H, M.I.Kom dan Pembimbing II: Darwis Sagita, M.I.Kom. Dakwah saat ini telah mengalami perubahan dari metode penyampaian dan media yang digunakan. Komunitas Film Maker Muslim, sebuah komunitas sekaligus sineas film yang berfokus pada karya-karya religi berupa film pendek yang disebar melalui channel Youtube dan media sosial lainnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan komunikasi pada karya-karya dakwah komunitas “Film Maker Muslim” yang merujuk pada tahapan perencanaan komunikasi Assifi dan French. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan paradigma post-positivisme. Teknik analisis menggunakan tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Metode wawancara dan studi dokumentasi ditempuh untuk melengkapi data dan memperkuat analisis. Hasil penelitian menunjukan bahwa karya dakwah milik komunitas Film Maker Muslim melakukan tahapan perencanaan komunikasi secara bertahap dari analisis masalah yaitu dengan observasi, berkonsultasi dengan ahli, pengalaman pribadi; analisis khalayak yaitu target usia 16-50 tahun, diprioritaskan untuk usia muda atau produktif, untuk khalayak muslim dan non muslim; perumusan tujuan komunikasi yaitu agar penonton mengaplikasikan nilai-nilai Islami dalam kehidupan sehari-hari; pemilihan media atau saluran yaitu dengan memilih media film yang disebarkan melalui media sosial yang populer; pengembangan pesan yaitu dengan penggunaan bahasa yang sederhana, mudah dimengerti; menyisipkan unsur romansa dan komedi; merencanakan produksi media yaitu dengan menerapkan kombinasi media, me-review karya, dan merevisinya hingga final; merencanakan manajemen komunikasi yaitu dengan adanya peran ganda dalam pembagian tugas saat produksi karya dakwah; monitoring dan evaluasi pada semua karya dakwah yang berupa film pendek dengan melihat statistik penonton di Youtube dan komentar penonton sebagai bahan untuk membuat karya dakwah yang lebih kreatif, sehingga mampu mengedukasi, mempersuasi dan menginformasikan nilai-nilai keagamaan kepada masyarakat dengan kemasan pesan agama yang menarik dan mengikuti perkembangan zaman. Kata Kunci: Perencanaan Komunikasi, Film, Dakwah Komunitas

Item Type: Thesis (Lainnya)
Additional Information: Siti Novit Wahdah. NIM. 6662132060. Bachelor Thesis. Communication Planning on Da'wah Works of "Film Maker Muslim" Community. Advisor I: Uliviana Restu H, M.I.Kom and Advisor II: Darwis Sagita, M.I.Kom. Da'wah today has changed from delivery method and media used. “Film Maker Muslim” Community, as community of film makers that focuses on religious works specifically short films spread through Youtube channels and other social media. The purpose of this research is to know the communication planning on da’wah works of "Film Maker Muslim" community which refers to phases of communication planning Assifi and French. This research uses descriptive qualitative approach with post-positivism paradigm. Analytical techniques using three phases, data reduction, data presentation, and withdrawal of conclusions. Interview method and documentation study used to completing data and strengthen the analysis. Research results showed that da’wah works of “Film Maker Muslim” community perform phases of communication planning gradually from problem analysis by observation, consultation with expert, personal experience; audience analysis is making target age 16-50 years, especially young or productive age, for Muslim and non-muslim audience; formulation of aim communication that audience able to apply Islamic values in everyday life; media or channel selection is selecting film media distributed through popular social media; evolve of message is with using simply language, easy to understand; insert romance and comedy contens; planning media production by applying media combination, reviewing the works, and revising it till final; planning communication management that is with dual role in division of tasks during production of da'wah works; monitoring and evaluation on all works of da'wah in form of short films by viewing audience statistics on Youtube and audience comments to create more creative da'wah works, so as to educate, persuade and inform religious values to people with packaging interesting religious messages and keep up with headway era. Keywords: Communication Planning, Film, Community Dakwah
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Communication > Communication (General)
Divisions: 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 70201-Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 19 Oct 2018 07:53
Last Modified: 19 Oct 2018 07:53
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/985

Actions (login required)

View Item View Item