Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

KINERJA PELAYANAN PUBLIK BERBASIS E-GOVERNMENT DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA SERANG

Wati, Rezki Handoyo and Sjafari, Agus and Fuad, Anis (2017) KINERJA PELAYANAN PUBLIK BERBASIS E-GOVERNMENT DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA SERANG. Lainnya thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img]
Preview
Text (Rezki Handoyo Wati - PRODI AP 2017)
KINERJA PELAYANAN PUBLIK BERBASIS E-GOVERNMENT DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA SE - Copy.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview

Abstract

Rezki Handoyo Wati. NIM 6661132249. Kinerja Pelayanan Publik Berbasis E-Government di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Serang Program Studi Ilmu Administrasi Negara. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Dosen Pembimbing I Dr. Agus Sjafari M. Si. Dosen Pembimbing II Anis Fuad M.Si Penelitian ini dilatar belakangi karena kebutuhan informasi yang sangat cepat, dan tepat menjadi suatu kebutuhan utama disegala aspek terutama dalam pelayanan yang diberikan kepada masyarakat. Salah satu teknologi yang paling berkembang adalah teknologi yang berbasis web yang sering disebut dengan internet. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pelayanan berbasis e-government yang dilakukan oleh Disdukcapil Kota Serang. Metode yang peneliti gunakan kualitatif deskriptif. Indikator yang digunakan adalah lima dimensi Balanced E-Government Scorecard dari Booz Allen dan Hamilton. Dari lima dimensi tersebut dapat diidentifikasi beberapa masalah utama yang perlu mendapatkan perhatian untuk membangun dan mengembangkan pelayanan berbasis e-government. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Serang masih memiliki masalah dalam pelayanan publik berbasis e-government dalam pembuatan dokumen kependudukan Kota Serang. Hal tersebut dibuktikan dengan belum memadainya server dan jaringan yang di gunakan dalam pelayanan berbasis e-government di Disdukcapil Kota Serang, belum maksimalnya software yang digunakan oleh Disdukcapil Kota Serang., belum terpenuhinya standar Sumber Daya Manusia pelaksanaan e-government, lambatnya pelayanan dengan basis e-government dan pemberian informasi kepada masyarakat. Namun, dengan adanya perencanaan yang Disdukcapil Kota Serang inginkan yaitu pelayanan online berbasis android agar dapat segera direalisasikan agar pelayanan e-government dapat lebih mudah digunakan. Disdukcapil Kota Serang memberikan rekomendasi bahwa pelayanan berbasis online harus lebih memperhatikan aspek penting seperti server dan jaringan, kualifikasi khusus untuk pegawai di divisi Pengelolaan Informasi Teknologi dan Komunikasi, sistem hardware dan software yang selalu bermasalah dengan memiliki jaringan internal, dan server dengan kapasitas RAM yang lebih banyak. Kata kunci : e-government, pelayanan online, pelayanan publik

Item Type: Thesis (Lainnya)
Additional Information: Rezki Handoyo Wati. NIM 6661132249. Performance of Public Service Based on E-Government in the Department of Population and Civil Registration of Serang City State Administration Science Study Program. Faculty of Social Science and Political Science. University of Sultan Ageng Tirtayasa. 1st Advisor Dr. Agus Sjafari M. Si. 2nd Advisor Anis Fuad M.Si This study is based on the need for information very quickly, and precisely become a major requirement in all aspects, especially in services provided to the community. One of the most developed techno logies is web-based technology that is often called the internet. The purpose of this study is to find out the e-government-based services conducted by Office of Population and Civil Registration of Serang City. The method that researchers use qualitative descriptive. The indicators used are the five dimensions of Balanced E-Government Scorecard from Booz Allen and Hamilton. From these five dimensions can be identified some major issues that need to get attention to build and develop e-government-based services. The results showed that the Office of Population and Civil Registration of Serang City still has problems in public service based on e-government in making the document of residence of Serang City. This is evidenced by the inadequacy of servers and networks that are used in e-government-based services in Office of Population and Civil Registration of Serang City, not the maximum software used by Office of Population and Civil Registration of Serang City, the lack of Human Resource implementation standards of e-government, the slow service with a base e -government and the provision of information to the public. However, with the planning that Office of Population and Civil Registration of Serang City want an online service based on android to be realized in order to e-government services can be more easily used. Office of Population and Civil Registration of Serang City recommends that online-based services should pay more attention to important aspects such as servers and networks, special qualifications for employees in the Information Technology and Communications Management division, hardware and software systems that are always problematic with internal networks, and servers with more RAM many capacity. Keywords: e-government, online service, public service
Subjects: H Social Sciences > Public Administration
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 63201-Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 10 Jan 2018 03:29
Last Modified: 10 Jan 2018 03:29
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/893

Actions (login required)

View Item View Item