Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

KUALITAS PELAYANAN PENDAFTARAN TANAH (PENGAKUAN HAK) KEMENTERIAN AGRARIA DAN TATA RUANG / BADAN PERTANAHAN NASIONAL KOTA TANGERANG

Mahmud, Anisha and Yulianti, Rina and Handayani, Riny (2017) KUALITAS PELAYANAN PENDAFTARAN TANAH (PENGAKUAN HAK) KEMENTERIAN AGRARIA DAN TATA RUANG / BADAN PERTANAHAN NASIONAL KOTA TANGERANG. Lainnya thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img]
Preview
Text (Anisha Mahmud (Prodi AP))
KUALITAS PELAYANAN PENDAFTARAN TANAH (PENGAKUAN HAK) KEMENTERIAN AGRARIA DAN TATA RUANG BADAN PE - Copy.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview

Abstract

Anisha Mahmud, NIM 6661101949. Kualitas Pelayanan Pendaftaran Tanah (PengakuanHak) Kementerian Agraria dan Tata Ruang atau Badan Pertanahan Nasional Kota Tangerang. Program Studi Ilmu Administrasi Negara. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Pembimbing I: Rina Yulianti, S.Ip.,M.Si. dan Pembimbing II: Riny Handayani, S.Si.,M.Si Penelitian ini dilatar belakangi kualitas pelayanan Badan Pertanahan Nasional Kota Tangerang yang nilai kurang optimal, petugas loket kurang teliti dalam menerima dan memeriksa berkas yang masuk saat di loket, kurangnya pengawasan kepada petugas ukur, proses penyelesaian yang tidak sesuai dengan standar operasional prosedur yang telah ditetapkan, kurangnya informasi tertulis mengenai biaya yang harus dikeluarkan pemohon untuk biaya pembuatan sertifikat tanah sampai dengan selesai proses pembuatan, nomor antrian manual dan lahan parkir yang kurang memadai. Dengan rumusan masalah seberapa besar Kualitas Pelayanan Kementerian Agraria dan Tata Ruang atau Badan Pertanahan Nasional Kota Tangerang dalam Pendaftaran Tanah (pengakuan hak). Penelitian ini menggunakan teori kualitas pelayanan Valerie A. Zeithaml A. Parasuraman Leoran L. Berry (1990). Dengan lima dimensi kualitas pelayanan tangibles, reliability, responsiveness, assurance, emphaty. Dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelayanan pendaftaran tanah yang diberikan Badan Pertanahan Nasional Kota Tangerang dikatakan baik dengan perolehan hasil 87,39%. Hanya saja ketepatan waktu dalam proses penyelesaian pengakuan hak lebih diperhatikan agar tidak melebihi batas waktu yang telah ditetapkan. Standar operasional pelayanan yang telah ditetapkan, dapat diterapkan dengan baik untuk pencapaian tujuan masyarakat dan pencapaian kepuasan masyarakat itu sendiri karena permohonan pengajuan pembuatan sertifikat tanah bisa selesai tanpa hambatan dan tepat waktu. Saran penelitian ini yaitu (1) pelayanan yang lebih baik mengenai nomor antrian menggunakan mesin (2) petugas loket lebih teliti dalam menerima dan memeriksa berkas yang akan diterima dan diproses Kata Kunci :Kualitas Pelayanan, Pendaftaran Tanah

Item Type: Thesis (Lainnya)
Additional Information: Anisha Mahmud, NIM 6661101949. Land Registry Service Quality (Recognition of Rights) the Ministry of Agrarian and Spatial Planning or Land Agency Kota Tangerang. Departemen of Public Administration.Social and Political Science Faculty. Sultan Ageng Tirtayasa University. Supervisor I: Rina Yulianti, S.Ip., M.Si. and Supervisor II: Riny Handayani, S.Si.,M.Si This research was motivated by the careful les of the counter officer in receiving and examining the current files in counter, the lack of supervision towards measuring officer, inappropriate completion process with standard operating procedures which have been determined, lack of written information about the payment of making certificate up to complete process, the manual queue number and inadequate parking area. By the formulation of the problem, how good the service quality of the Agricultural Ministry and Spatial Planning or the National Land Agency Kota Tangerang in Land Registry (Recognition of Right). This research used the theory of service quality Valerie A. Zeithaml A. Parasuraman Leoran L. Berry. With five dimensions service quality tangibles, reliability, responsiveness, assurance, empathy, by using descriptive quantitative method. The results showed that land granted service of the National Land Agency Kota Tangerang was good. However the timeliness in process of completion recognition of right has to be more noticed so that not exceeds the limit specified time. The standard operational that have been determined can be applied as good for the society goals achievement and society satisfaction achievement itself because the petition submission land certificate can be completed without any obstacle and timely. Suggestion of this research are (1) using queue number machine for better service (2) the counter officer have to be more careful in receiving and examining the files that will be accepted and processed Keywords: Quality of Service, Land Registry
Subjects: H Social Sciences > Public Administration
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 63201-Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 21 Nov 2017 02:46
Last Modified: 21 Nov 2017 02:46
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/878

Actions (login required)

View Item View Item