Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DI PUSAT KESEHATAN MASYARAKAT (PUSKESMAS) KOTA SERANG

Rosdiana, Rosdiana and Widyastuti, Yeni and Listyaningsih, Listyaningsih (2017) KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DI PUSAT KESEHATAN MASYARAKAT (PUSKESMAS) KOTA SERANG. Lainnya thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img]
Preview
Text (Rosdiana (Prodi AP))
KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DI PUSAT KESEHATAN MASYARAKAT (PUSKESMAS) KOTA SERANG - Copy.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Rosdiana. 6661122017. 2017. Kualitas Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Kota Serang. Program Studi Ilmu Administrasi Negara. Fakultas Ilmu Sosial Ilmnu Politik. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Pembimbing I : Listyaningsih, M.Si dan Pembimbing II : Yeni Widyastuti, M.Si. Penelitian ini mengenai Kualitas Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Kota Serang. Masalah penelitian terkait dengan kualitas pelayanan yang diberikan oleh petugas Puskesmas kepada masyarakat. Penelitian ini menggunakan teori kualitas pelayanan menurut Parasuraman yang memiliki lima dimensi yaitu Tangiables, Reliability, Responsiveness, Assurance, dan Emphaty. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian adalah pasien kunjungan rawat jalan di Puskesmas di Kota Serang yang berjumlah 150.562 orang. Sementara sampel yang diambil sebanyak 100 orang dengan menggunakan teknik Proporsional Area Rendom Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menyebarkan kuisioner, melakukan observasi, wawancara. Hasil penelitiannya adalah Kualitas pelayanan kesehatan di Kota Serang mencapai 59,39% yang mana menunjukan angka di bawah 65%, hal tersebut dikarenakan masih terdapatnya Puskesmas yang menyediakan fasilitas fisik yang kurang memadai, masih terdapatnya petugas yang memberikan pelayanan tidak sesuai dengan yang dijanjikan, keterlambatan membuka loket, kurang cepat nya pelayanan yang diberikan, kurangnya sosialisasi yang diberikan, dan masih terdapatnya petugas layanan yang kurang ramah dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Saran dalam penelitian ini yaitu agar petugas yang berada di Puskesmas lebih memperhatikan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat dan juga sarana dan prasarana yang disediakan. dengan begitu petugas bisa memberikan pelayanan kesehatan sesuai dengan harapan masyarakat. Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Puskesmas, Kesehatan, Kota Serang

Item Type: Thesis (Lainnya)
Additional Information: Rosdiana. 6661122017. 2017. Quality of Health Care in Centers Health Community (PUSKESMAS) Serang City. Department of Public Administration. Faculty of Social and Political Science. University of Sultan Ageng Tirtayasa. Ist Supervisor : Listyaningsih, S.Sos, M.Si and 2nd Supervisor : Yeni Widyastuti, S.Sos, M.Si. This study on the Quality of Health Care in Centesr HealthCommunity (PUSKESMAS) Serang City. The problem of this research is the case it is about service quality by officers. This study uses the theory of service quality by Zeithmal and others that have been developed by Parasuraman, and there are five dimensions namely Tangiables, Reliability, Responsiveness, Assurance, and Empathy. The research method is descriptive method with quantitative approach. The study population was patients of outpatient visits in health centers in the city of Serang, amounting to 150 562 people. While samples taken by 100 respondents using Rendom Area Proportional Sampling technique. Data collection techniques used by distributing questionnaires, observation, and interviews. The results of the research quality of health care in the city of Serang reached 59.39% which shows the number below 65%, it is because there are health centers that provide facilities and inadequate infrastructure, still the presence of officers who provide services not in accordance with the promised, still PHC presence of a less precise in the open window, her fast enough services delivered, still the presence of health centers that do not provide public education about, and still have a concierge service that is less friendly in providing services to the public. Suggestions in this study that personnel at health centers were noticed in providing services to the public and also the facilities and infrastructure provided. Keywords: Quality of Care, Health, Community Health Center in Serang City
Subjects: H Social Sciences > Public Administration
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 63201-Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 17 Nov 2017 03:53
Last Modified: 17 Nov 2017 03:53
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/858

Actions (login required)

View Item View Item