Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

KUALITAS PELAYANAN PEMBUATAN SURAT IZIN USAHA PERDAGANGAN (SIUP) DI DINAS PERINDUSTRIAN DAN PERDAGANGAN KABUPATEN SERANG TAHUN 2009

Parmanto, Chandra (2011) KUALITAS PELAYANAN PEMBUATAN SURAT IZIN USAHA PERDAGANGAN (SIUP) DI DINAS PERINDUSTRIAN DAN PERDAGANGAN KABUPATEN SERANG TAHUN 2009. Lainnya thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img]
Preview
Text (Chandra Parmanto - ANE 2011)
SKRIPSI CHANDRA PARMANTO - Copy.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Chandra Parmanto, 061482, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Jurusan Administrasi Negara, “ Kualitas Pelayanan Pembuatan Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) di Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Serang Tahun 2009 ”, Pembimbing I Dr.Agus Sjafari, M.Si, Pembimbing II Riswanda, S.Sos., M.PA. Kata Kunci : Kualitas Pelayanan Fokus penelitian ini adalah Kualitas pelayanan pembuatan Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) di Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Serang Tahun 2009. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar tingkat Kualitas Pelayanan Pembuatan Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) di Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Serang Tahun 2009 dan untuk mengetahui dimensi kualitas pelayanan apa saja yang bermasalah dalam pelayanan pembuatan SIUP. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif, dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah 615 orang dan untuk menentukan besaran jumlah sampel, peneliti menggunakan rumus slovin dari rumus tersebut diperoleh jumlah sampel sebesar 86 orang dan untuk pengambilan sampel menggunakan teknik sampel acak sederhana. Teori yang digunakan adalah teori yang diungkapkan oleh Parasuraman mengenai dimensi kualitas pelayanan yang terdiri dari lima dimensi yakni, bukti langsung, kehandalan, daya tanggap, jaminan serta perhatian. Dalam mengumpulkan data yaitu dengan cara menyebarkan kuesioner, studi literatur dan observasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kuantitatif dan grafik skala penilaian. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa Kualitas Pelayanan Pembuatan Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) di Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Serang Tahun 2009 tidak memuaskan. Berdasarkan hasil penelitian mencapai 57,25 % dan grafik skala penilaian hasil penelitian menunjukkan berada pada posisi tidak memuaskan. Kualitas pelayanan yang tidak memuaskan bagi pemohon SIUP disebabkan prosedur pelayanan berbelit-belit, peralatan dan perlengkapan jumlahnya minim, adanya biaya tambahan, kepastian waktu penyelesaian SIUP tidak sesuai peraturan, pegawai kurang tanggap terhadap kebutuhan pemohon SIUP, pegawai tidak ramah dan memperlakukan masyarakat berbeda-beda, tidak memiliki unit kotak saran dan pengaduan pelayanan.

Item Type: Thesis (Lainnya)
Additional Information: Chandra Parmanto, 061482, Sultan Ageng Tirtayasa University. Faculty of Social Science and Political Science. Majoring Public Administration, “Service quality of making the trade business license (SIUP) in the Department of industry and trade Serang district in 2009”, Supervisor I Dr. Agus Sjafari, M.Si, Supervisor II Riswanda, S.Sos, M.PA. Keywords: Service Quality Focus of this research is the service quality of making trade business license (SIUP) in the Department of industry and trade Serang district in 2009. The aim of this research is to determine how much the level of service quality of making the trade business license (SIUP) in the Department of industry and trade Serang district in 2009 and to know the dimensions of service quality of what is problematic in the service of making SIUP. The descriptive method is used in this research with quantitative approach. The population in this research are 615 people, and to determine the magnitude the number of samples, the researcher uses a formula from the formula slovin number of samples obtained by 86 people, and for sampling using simple random sampling technique. The theory used is the theory expressed by Parasuraman about the dimensions of service quality consists of five dimensions there are; tangible, reliability, responsiveness, assurance and empathy. In gathering the data that is by distributing questionnaires, literature study and observation. Analysis of the data used in this study is the analysis of quantitative and graphic rating scale. Based on the results showed that the service quality making the trade business license letter (SIUP) in the Department of Industry and Trade Serang district in 2009 was not satisfactory. Based on the results reached 57.25% and the graph scale assessment of the results showed in the position is not satisfactory. Service quality is not satisfactory to the applicant caused SIUP convoluted service procedures, equipment and supplies minimal amount, the additional cost, certainty of completion time SIUP inappropriate regulations, employees are less responsive to the needs of the applicant SIUP, employees are not friendly and treat people differently , does not have a suggestion box units and service complaints.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 63201-Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 13 Jul 2017 07:49
Last Modified: 13 Jul 2017 07:49
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/849

Actions (login required)

View Item View Item