Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

STRATEGI KOMUNIKASI PENGGIAT KELOMPOK SEPEDA “TANGERANG LAST FRIDAY RIDE”

Sastrapraja, Dany Saputra (2014) STRATEGI KOMUNIKASI PENGGIAT KELOMPOK SEPEDA “TANGERANG LAST FRIDAY RIDE”. Lainnya thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img]
Preview
Text (Dany Saputra Sastrapraja - IKOM 2014)
SKRIPSI - Dany Saputra Sastrapraja - 6662091476 - Copy.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Dany Saputra Sastrapraja. NIM. 6662091476 / 2013. Strategi Komunikasi Penggiat Kelompok Sepeda Tangerang Last Friday Ride. Tangerang Last Friday Ride (TLFR) merupakan aktivitas bersepeda bersama pada hari jumat terakhir ditiap bulannya di Kota Tangerang. Aktivitas ini tidak memerlukan pendaftaran dan dapat diikuti oleh semua pengguna sepeda, baik dari komunitas maupun pengguna sepeda secara individu. TLFR sendiri tidak memiliki ketua maupun pemimpin, karena aktivitas ini milik semua pengguna sepeda. Tujuan TLFR adalah mempersatukan komunitas dan pencinta sepeda di Kota Tangerang. Keberadaan komunitas dan pengguna sepeda yang mulai marak di Kota Tangerang membuat penggiat TLFR memberikan wadah untuk berkumpul dan bersepeda bersama tiap bulannya. Namun tidak mudah untuk mempersatukan komunitas dan pecinta sepeda dalam sebuah aktivitas rutin, oleh karena itu dibutuhkan strategi komunikasi yang baik yang dilakukan penggiat TLFR agar tujuannya tercapai. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi yang digunakan penggiat kelompok sepeda TLFR, mengacu pada konsep yang dikemukakan Anwar Arifin. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data yang diperoleh melalui wawancara semistruktur, dan observasi. Narasumber dalam penelitian ini adalah orang yang giat dalam aktivitas Tangerang Last Friday Ride dan pengguna sepeda yang ada di Kota Tangerang. Hasil dari penelitian ini adalah, (1) Strategi mengenal khalayak yang dilakukan penggiat kelompok sepeda Tangerang Last Friday Ride merupakan mereka yang ingin bersepeda, tanpa membedakan jenis sepedanya, (2) Penggiat kelompok sepeda Tangerang Last Friday Ride menerapkan konsep AIDDA dalam menyusun pesan, (3) Penggiat kelompok sepeda Tangerang Last Friday Ride menyampaikan pesan dengan metode redundancy dan metode informatif, persuasif, dan edukatif dalam bentuk pesan yang disampaikan, (4) Penggiat kelompok sepeda Tangerang Last Friday Ride dalam seleksi dan penggunaan media yang dilakukan dengan menggunakan pamflet saat awal perkenalan, dan media baru/internet yaitu facebook (media social) yang menjadi andalan dalam menyampaikan informasi. Kata Kunci : Strategi komunikasi, Tangerang Last Friday Ride

Item Type: Thesis (Lainnya)
Subjects: Communication > Communication (General)
Divisions: 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 70201-Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 05 Jul 2017 07:56
Last Modified: 05 Jul 2017 07:56
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/838

Actions (login required)

View Item View Item