Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGARUH INTENSITAS KOMUNIKASI ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR ANAK DI RUMAH Studi Pada Siwa/I Kelas 6 SDN 1 Parungsari dan SDN 2 Parungsari Lebak

MAYA, MAYA (2017) PENGARUH INTENSITAS KOMUNIKASI ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR ANAK DI RUMAH Studi Pada Siwa/I Kelas 6 SDN 1 Parungsari dan SDN 2 Parungsari Lebak. Lainnya thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img]
Preview
Text (MAYA)
PENGARUH INTENSITAS KOMUNIKASI ORANG TUA TERHADAP - Copy.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Maya,NIM 6662122388. Skripsi. Pengaruh Intensitas Komunikasi Orangtua Terhadap Motivasi Belajar Anak di Rumah (studi pada siswa kelas 6 SDN 1 dan SDN 2 Parungsari Lebak). Pembimbing I Dr.Rd. Nia Kania K. S.I.P., M.Si. dan Pembimbing II Ronny Yudhi Septa Priana, M.Si. Intensitas komunikasi merupakan tingkat kedalaman dan keluasan pesan yang terjadi saat berkomunikasi dengan orang.Dampak secara psikologis dengan adanya intensitas komunikasi orang tua adalah Intensitas komunikasi secara mendalam ditandai dengan adanya kejujuran, keterbukaan dan saling percaya yang dapat memunculkan suatu respon dalam bentuk perilaku atau tindakan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh antara variabel “Intensitas Komunikasi Orang Tua” terhadap “Motivasi Belajar Anak di Rumah”.Teori dalam penelitian ini adalah Teori Hezberg. Teori ini menelaah dorongan seseorang untuk berusaha mencapai kepuasan dan menjauhkan diri dari ketidakpuasan..Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas 6 Sdn 1 Parungsari dan Sdn 2 Parungsari yaitu 78 orang. Sampel penelitian ini sebanyak 78 sampel responden. Sementara teknik sampling yang digunakan adalah Sampling jenuh. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa Variabel intensitas komunikasi orang tua Sdn 1 menghasilkan nilai persentase sebesar 75,56%. Sementara Motivasi Belajar Anak di Sdn 1 Parungsari menghasilkan nilai persentase sebesar 91,78% %. Sedangkan Hasil Penelitian menunjukkan bahwa Variabel intensitas komunikasi orang tua Sdn 2 menghasilkan nilai persentase sebesar 76,43,%. Sementara Motivasi Belajar Anak di Sdn 2 menghasilkan nilai persentase sebesar 67,60 %. Dari hasil uji analisis korelasi dapat dijelaskan bahwa hubungan antara Variabel “Intensitas Komunikasi Orang Tua ”dengan “Motivasi BelajarAnak di Rumah ” Sdn 1 adalah sebesar 0,606. Hal ini menunjukkan bahwa hubungan antara kedua variabel bernilai Tinggi,Sedangkan Intensitas Komunikasi Orang Tua ”dengan “Motivasi Belajar Anak di Rumah” Sdn 2 adalah sebesar 0,728,. Hal ini menunjukkan bahwa hubungan antara kedua variabel bernilai Tinggi. Kata Kunci: Intensitas Komunikasi,Motivasi Belajar

Item Type: Thesis (Lainnya)
Subjects: Communication > Communication (General)
Divisions: 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 70201-Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 07 Apr 2017 08:56
Last Modified: 07 Apr 2017 08:56
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/816

Actions (login required)

View Item View Item