Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

Konsep Special Event Humas Yayasan Cinta Anak Bangsa (Studi Evaluatif Pelaksanaan Event Becak Terus)

Nursita, Anisa (2016) Konsep Special Event Humas Yayasan Cinta Anak Bangsa (Studi Evaluatif Pelaksanaan Event Becak Terus). Lainnya thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img]
Preview
Text (Anisa Nursita - 2016)
KONSEP SPECIAL EVENT HUMAS YAYASAN CINTA ANAK BANGSA - Copy.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview

Abstract

Anisa Nursita. NIM. 6662120883. Skripsi. Konsep Special Event Humas Yayasan Cinta Anak Bangsa (Studi Evaluatif Pelaksanaan Event Becak Terus) Pembimbing I: Dr. Rahmi Winangsih, M.Si dan Pembimbing II: Naniek Afrilla Framanik., S.Sos., M.Si Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) memiliki peran untuk berkontribusi kepada masyarakat, salah satunya adalah untuk memperbaiki kondisi sosial masyarakat. Special event Becak Terus merupakan aksi fundraising yang diselenggarakan oleh Humas Yayasan Cinta Anak Bangsa yaitu mengayuh becak untuk beramal selama 21 hari melintasi 7 provinsi oleh Scott Thompson, seorang warga negara Skotlandia. Tujuan dari kegiatan fundraising Becak Terus ini adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan isu-isu sosial juga dukungan terhadap 4 NGO untuk misi mereka dan juga untuk memperingati 10 tahun Tsunami Aceh. Special Event ini tentunya memiliki langkah-langkah penyelenggaraan event yang matang oleh PR organisasi tersebut, yaitu divisi partnership and communication. Dalam penelitian ini Konsep Kinerja Public Relations Scott M. Cutlip, Allen H. Center dan Glen M. Broom, dan konsep penyelenggaraan Special Event Philip Lesly merupakan pedoman peneliti yang digunakan untuk merancang kerangka penelitian dalam mengolah analisis temuan dengan paradigma post positivisme. Pada wawancara yang dilakukan dengan 5 orang anggota PR YCAB yaitu divisi partnership dan komunikasi diperoleh hasil bahwa kegiatan pengumpulan fakta informasi sesuai kebutuhan dijalankan oleh masing-masing panitia sesuai dengan keahliannya, lalu kegiatan perencanaan dan pengorganisasian dilakukan untuk menentukan rincian kegiatan dan publik yang akan diajak bekerjasama,lalu tahap pelaksanaan dilakukan dengan maksimal meskipun masih ada kekurangan yang harus diperbaiki dan PR mampu memunculkan publisitas positif sebelum dan setelah acara. Pada tahap evaluasi PR YCAB mengklaim bahwa tujuan-tujuan telah tercapai secara keseluruhan. Kata kunci : Becak Terus. Acara Khusus. Lembaga Swadaya Masyarakat. Yayasan Cinta Anak Bangsa.

Item Type: Thesis (Lainnya)
Additional Information: Anisa Nursita. NIM. 6662120883. Thesis. The Special Event Concept by Public Relations of Yayasan Cinta Anak Bangsa (Evaluative Study in the Implementation of Becak Terus Event). Thesis Adviser I: Dr. Rahmi Winangsih, M.Si and Thesis Adviser II: Naniek Afrilla Framanik., S.Sos., M.Si Non-Governmental Organization (NGO) has a role to contribute to the society, which is to improve the social issues in society. The Becak Terus special event is a fundraising program that held by Yayasan Cinta Anak Bangsa (YCAB)’s PR is a rickshaw charity ride in 21 days crossing 7 provinces by Scott Thompson, a Scottish. The objective of Becak Terus is to increase public awareness about social issues and to support four NGOs for their mission, and also to commemorate the 10th anniversary of Tsunami in Aceh. This special event that held by Yayasan Cinta Anak Bangsa, definitely has the well-done steps of organizing events by the PR of the organization, partnership and communiction division. In this study, the concept of public relations process by Scott M. Cutlip, Allen H. Center and Glen M. Broom, and the concept of special event management by Philip Lesly are used to design a research framework and to analyze the findings with the paradigm of post-positivism. In interviews conducted with 5 members of the YCAB’s PR which is partnership and communication division, the results from fact finding activity shows that the finding of informations had been run by each of committee. The planning and organizing acitivity had been done to determine the details of event activity and the public that had been asked to join this event. The implementation of event or communicating activity had been done well even though there’re some lacks that need to be improved and the PR were able to bring up a positive publicity before and after the event. In evaluation stage, the PR claimed that the purposes of the event had been achieved over all. Keywords : Becak Terus. Special Event. Non Governmental Organization. Yayasan Cinta Anak Bangsa
Subjects: Communication > Communication (General)
Divisions: 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 70201-Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 09 Mar 2017 02:44
Last Modified: 09 Mar 2017 02:44
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/791

Actions (login required)

View Item View Item