Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP PELAYANAN KESEHATAN DI PUSKESMAS SERANG KOTA

EKA, SEPTIYAN (2016) INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP PELAYANAN KESEHATAN DI PUSKESMAS SERANG KOTA. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP PELAYANAN KESEHATAN DI PUSKESMAS SERANG KOTA - Copy.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Fokus penelitian ini adalah untuk mengetahui kepuasan masyarakat di Puskesmas Serang Kota Kota Serang. Dengan rumusan masalah yaitu seberapa besar Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) di Puskesmas Serang Kota. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Indeks kepuasan masyarakat pada pelayanan publik. Subyek penelitian ini adalah masyarakat pengguna pelayanan yaitu sebanyak 150 responden. Instrumen dalam penelitian ini adalah pedoman umum penyusunan indeks kepuasan masyarakat yang di tetapkan Menteri Pendayagunaa Aparatur Negara dalam Per. MENPAN NO.16/2014.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah uantitatif deskriptif dengan pendekatan survey. Dalam mengumpulkan data menggunakan angket, wawancara, studi dokumentasi dan observasi. Teknik sample yang digunakan adalah sample insidental. Berdasarkan hasil penelitianmenunjukan bahwa Indeks Kepuasan Masyarakat terhadap Pelayanan Kesehatan diPuskesmas Serang Kota memperoleh nilai indeks 3.17 dan nilai indeks kepuasan masyarakat setelah dikonversi adalah 79,25 sehingga mutu pelayanannya adalah “B” Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, nilai Indeks Kepuasan Masyarakat di Puskesmas Serang Kota sudah mencapai nilai “baik”. Dengan diketahui nilai nilai mutu di Puskesmas Serang kota mendapat hasil yang baik secara keseluruhan walaupun dalam beberapa unsur masih ada yang belum memenuhi nilai-nilai pada setiap unsur yang telah tercantum dalam Kep. MENPAN No.16/2014 sehingga peneliti memberikan saran adanya kebijakan tentang prosedur pelayanan dan harus lebih meningkatkan nilai-nilai pada setiap unsur agar masyarakat dapat lebih terlayani secara maksimal dengan melengkapi fasilitas kerja yang masih kurang untuk mengatasi persoalan-persoalan yang mengganggu pelayanan kepada masyarakat. Kata Kunci : Indeks Kepuasan Masyarakat, Pelayanan Publik

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorAGUSTINO, LEOUNSPECIFIED
Thesis advisorLISTYANINGSIH, LISTYANINGSIHUNSPECIFIED
Additional Information: The focus of this study was to determine people’s satisfaction of integrated service community health center Serang City, with the formulation of the problem is how big people’s satisfaction index in the Community Health Center Serang city. The purpose of this study was to determine the satisfaction index of society in public service. The subject of this research is the public is the public using the service of 150 respondent. Instuiment in this study are general guidelines for preparing an index of public satisfaction is determine by the minister of administrative reform in Kep. MENPAN No.16/201. The method used in this research is descriptive quantitative servey approach. In collecting data using quisionnaires, iterviews, documentation, an abservation studies. Sample technique used is incidental sample. Based on the result showed that the index of public satisfaction with public service in the community health center serang city obtain an index value of 3,17 and public satisfaction index value after conversion is 79,25 so the quality of service is the “B” based on result of research condected, the value of people took part in the satisfaction index in the office of intergrated service serang city has reached a value of “good” with the know value of the quality in the community haelth center get good result overall, altought in some elements are still there is an element that still has not meet the values of every procedure element that has been listed in Kep. MENPAN No.16/2014 so that researchers provide advice to the policy of procedure certainy and should further increase the values on each element so that people can more optimally served by complementing the work facilities are still lacking to address problems that interfrece service to the public. Keywords : Public Satisfaction, Public Service
Uncontrolled Keywords: Public Satisfaction, Public Service
Subjects: H Social Sciences > Public Administration
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 63201-Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 16 Feb 2017 08:36
Last Modified: 21 Apr 2022 09:53
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/740

Actions (login required)

View Item View Item