Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

Analisis Kinerja Pelayanan di Kantor Kecamatan Mandalawangi Kabupaten Pandeglang Tahun 2010

Sutandi, Sutandi and Yusuf, Maulana and Maisaroh, Ima (2011) Analisis Kinerja Pelayanan di Kantor Kecamatan Mandalawangi Kabupaten Pandeglang Tahun 2010. Lainnya thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img]
Preview
Text (Skripsi ANE B)
Sutandi.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview

Abstract

Sutandi. NIM. 062395. Analisis Kinerja Pelayanan di Kantor Kecamatan Mandalawangi Kabupaten Pandeglang Tahun 2010. Program Studi Ilmu Administrasi Negara. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Pembimbing I, Maulana Yusuf S.IP M.Si, Pembimbing II, Hj. Ima Maesaroh S.ag M.Si. Kata kunci : Kinerja dan Pelayanan. Kinerja pelayanan kecamatan yang baik dari setiap pegawai pemerintah Kecamatan sangat mempengaruhi hasil pelayanan yang maksimal. Setiap pegawai dituntut untuk mampu melaksanakan tugas dalam memberikan pelayanan kapada masyarakat. Namun, di dalam proses pelaksanaannya ditemukan beberapa masalah yang dapat menghambat kegiatan pelayanan tersebut. Salah satunya adalah Prosedur pelayanan, yaitu kemudahan tahapan pelayanan yang di berikan kepada masyarakat dilihat dari sisi kesederhanaan alur pelayanan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sejauhmanakah kinerja pelayanan kecamatan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat di kantor kecamatan Mandalawangi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Kinerja Pelayanan di Kantor Kecamatan Mandalawangi Kabupaten Pandeglang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif, dimana yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat yang datang ke kantor kecamatan Mandalawangi sebanyak 1.562 jiwa. Perhitungan sampel menggunakan rumus Slovin dengan tingkat kesalahan 10 persen, maka jumlah sampel yang didapat adalah 94. Instrumen dalam penelitian ini berupa kisi-kisi pertanyaan (kuesioner) yang didasarkan pada indikator kinerja pelayanan menurut teori Zeithaml. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan judgement sampling. Tehnik analisa data menggunakan uji hipotesis t-test satu sampel. Hasil penelitian menunjukkan Kinerja Pelayanan di Kantor Kecamatan Mandalawangi Kabupaten Pandeglang berjalan dengan baik. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh thitung lebih besar dari pada ttabel (2,34 ≥ 1,296), maka Kinerja Pelayanan di Kantor Kecamatan Mandalawangi Kabupaten Pandeglang mencapai angka 68% lebih besar dari angka yang dihipotesiskan yaitu 65 %. Saran peneliti adalah perlu meningkatkan disiplin kerja petugas pelayanan dan kemampuan masing-masing petugas agar tugas yang diterima bisa diselesaikan dengan baik serta menambah fasilitas penunjang kegiatan pelayanan.

Item Type: Thesis (Lainnya)
Subjects: H Social Sciences > Public Administration
Divisions: 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 63201-Program Studi Administrasi Publik
06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 28 Dec 2012 06:57
Last Modified: 02 May 2013 04:42
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/69

Actions (login required)

View Item View Item