Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

KUALITAS PELAYANAN PENGGUNA KARTU JAMINAN KESEHATAN NASIONAL (JKN) DI RSUD dr. DRADJAT PRAWIRANEGARA KABUPATEN SERANG

PUTRI, INDRI DWI and Nugroho, Kandung Sapto and Fuad, Anis (2015) KUALITAS PELAYANAN PENGGUNA KARTU JAMINAN KESEHATAN NASIONAL (JKN) DI RSUD dr. DRADJAT PRAWIRANEGARA KABUPATEN SERANG. Lainnya thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img]
Preview
Text (INDRI DWI PUTRI - ANE 2015)
KUALITAS PELAYANAN PENGGUNA KARTU JAMINAN KESEHATAN NASIONAL (JKN) DI RSUD dr. DRADJAT PRAWIRANEGARA KABUPATEN SERANG - Copy.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview

Abstract

INDRI DWI PUTRI, NIM. 6661112168. Kualitas pelayanan Pengguna Kartu Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di RSUD dr. Dradjat Prawiranegara Kabupaten Serang. Program studi Ilmu Administrasi Negara. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Pembimbing I Kandung Sapto Nugroho, S.Sos, M.Si. Pembimbing II Anis Fuad S.Sos, M.Si. Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, SERVQUAL, Kartu Jaminan Kesehatan Nasional Penelitian ini membahas mengenai kualitas pelayanan pengguna kartu jaminan kesehatan nasional (JKN) di RSUD dr. Dradjat Prawiranegara Kabupaten Serang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar tingkat kualitas pelayanan pengguna kartu Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di RSUD dr. dradjat Prawiranegara Kabupaten Serang ditiinjau dari dimensi Tangibles, Responsiveness, Assurance, Empathy, Reliability . Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif deskriptif. Data didapatkan dengan cara penyebaran kuesioner, kuesioner disebar kepada 170 responden. Responden dari penelitian ini adalah pasien yang berobat menggunakan kartu Jaminan Kesehatan Nasional di RSUD dr. Dradjat Prawiranegara Kabupaten Serang. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis Service Quality (SERVQUAL). Untuk pengolahan dan analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji t-test, dan uji pihak kanan. Hasil dari penelitian ini adalah kualitas pelayanan di RSUD dr. Dradjat Prawiranegara yang berobat menggunakan kartu Jaminan Kesehatan Nasional sudah baik. Hal itu dapat dilihat dari nilai thitung lebih besar dibandingkan dengan nilai ttabel (15,7 > 0,159) yang didukung dengan hasil pencapaian skor 72% dari angka minimal 60%. Jadi kesimpulannya adalah kualitas pelayanan pengguna kartu Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di RSUD dr. Dradjat Prawiranegara Kabupaten Serang sudah baik. Saran dari peneliti indikator responsiveness dapat ditingkatkan lagi.

Item Type: Thesis (Lainnya)
Additional Information: INDRI DWI PUTRI, NIM. 6661112168. Service Quality Used Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) Card in regional public hospital of dr. Dradjat Prawiranegara Serang Regency. Public Administration Department. Faculty of Sosial and Political Sciences. Sultan Ageng Tirtayasa University. The first advisor is Kandung Sapto Nugroho, S.Sos, M.Si. The second advisor is Anis Fuad S.Sos, M.Si. Keywords: Service Quality, SERVQUAL, Jaminan Kesehatan Nasional Card The research discussed about the issue of the service quality used Jaminan Kesehatan Nasional (JKN)) card in regional public hospital of dr. Dradjat Prawiranegara Serang regency. The aim of this study is to measure of service quality used Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) Card in regional public hospital of dr. Dradjat Prawiranegara Serang regency review of the dimensions of Tangibles, Responsiveness, Assurance, Empathy, Reliability. The research used in this research is descriptive quantitative. Method the data were obtained through questionnaire from 170 respondents. Respondents of this research is treatment used Jaminan Kesehatan Nasional (JKN)) card in regional public hospital of dr. Dradjat Prawiranegara Serang Regency. Engineering analysis used in this research is technique analysis service quality (SERVQUAL). To processing and analyze the data using the validity test, reliability test, normality of test, t-test, and the right side test. The result of this research is service quality used Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) card in regional public hospital of dr. Dradjat Prawiranegara is has been best. The result can be seen from the number tcount > ttable (15,7 > 0,159) are supported by the results of the best of the achievement of 72% of the rate ofat least 60%. So the conclusion is service quality used Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) card in regional public hospital of dr. Dradjat Prawiranegara Serang regency is has been well. Researcher’s suggestion is responsiveness indicator is can be increased again.
Subjects: H Social Sciences > Public Administration
Divisions: 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 63201-Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 27 Jul 2016 07:41
Last Modified: 27 Jul 2016 07:41
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/584

Actions (login required)

View Item View Item