Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

GAYA HIDUP KAUM URBAN DALAM IKLAN 3 (THREE) (Analisis Semiotika Roland Barthes terhadap Iklan Operator Selluler 3 (Three) Versi Indie+ “Jadi Orang Gede Menyenangkan, Tapi Susah Dijalani”)

Putri, Resti Septriana and Fitriyah, Neka and Prasetya, Teguh Iman (2014) GAYA HIDUP KAUM URBAN DALAM IKLAN 3 (THREE) (Analisis Semiotika Roland Barthes terhadap Iklan Operator Selluler 3 (Three) Versi Indie+ “Jadi Orang Gede Menyenangkan, Tapi Susah Dijalani”). Lainnya thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img]
Preview
Text (Resti Septriana Putri - KOM 2014)
SKRIPSI RESTI SEPTRIANA PUTRI (cover-abstrak) - Copy.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Resti Septriana Putri. 6662101202. SKRIPSI. GAYA HIDUP KAUM URBAN DALAM IKLAN 3 (Analisis Semiotika Terhadap Iklan Operator Selluler 3 (Three) Versi Indie+ “Jadi Orang Gede Menyenangkan, Tapi Susah Dijalani). Program Ilmu Komunikasi. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. 2012. Saat ini iklan telah tumbuh sebagai industri kreatif yang tidak hanya memiliki nilai jual suatu produk atau jasa. Selain bersifat persuasif, iklan televisi juga merupakan bentuk komunikasi massa yang mengandung banyak tanda yang menampilkan realitas sosial tertentu, di mana khalayak dapat melakukan interpretasi makna yang ada dalam iklan. Tanda-tanda itu antara lain terdiri dari tanda verbal (judul, jargon, dan naskah iklan) dan tanda nonverbal (visualisasi, ilustrasi, dan sinematik). Iklan Operator Selluler 3 (Three) adalah salah satu iklan televisi yang tanda dan maknanya mengarah pada suatu realitas sosial, yaitu realitas sosial gaya hidup kaum urban. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk menemukan dan mengungkapkan tentang: (1) Makna denotasi dan konotasi yang terdapat dalam iklan 3 versi Indie+, (2) Mitos yang dibangun melalui sistem tanda dalam 3 versi Indie+. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan metode semiotika dari Roland Barthes. Melalui metode semiotika, tanda verbal dan nonverbal dalam iklan dapat dianalisis melalui kombinasi petanda dan penandanya, lalu dianalisis berdasarkan tataran denotatif dan konotatif, sehingga peneliti menemukan mitos-mitos yang menyertainya. Subjek penelitian mengambil iklan televisi operator selluler 3 versi Indie+ yang ditayangkan pada tahun 2011. Hasil penelitian menunjukkan bahwa iklan 3 mencitrakan mitos dan ideologi yang ada dalam gaya hidup urban, dimana profesi, bahasa, dan kekayaan materi mengkonotasikan status, kelas, dan prestise masyarakat urban. Serta perilaku masyarakat urban yang selalu mengikuti gaya hidup modern yang mengarah pada konsumerisme, materialisme, dan hedonisme yang diukur sebagai kebahagiaan hidup. Semua itu berakhir pada satu tujuan, yaitu eksistensi diri sebagai masyarakat modern yang seutuhnya. Disisi lain, gaya hidup kaum urban merupakan dilema yang melanda kelas sosial tertentu. Maksudnya disini adalah kelas menengah bawah masyarkat perkotaan, karena tidak hanya kaum elit saja yang menjadi bagian dari gaya hidup kaum urban mengingat gaya hidup kini bukan lagi lintas kelas, melainkan kebebasan yang menjadi hak golongan atau kelas manapun, tidak terkecuali golongan menengah ke bawah. Itulah yang terjadi pada masyarakat modern yang menjadi korban dari penjajahan dominasi barat serta industri kapitalis terhadap negara dunia ketiga. Kata Kunci: Gaya Hidup Kaum Urban, Iklan, 3 (Three), Semiotika

Item Type: Thesis (Lainnya)
Additional Information: Resti Septriana Putri. 6662101202. THESIS. URBAN LIFESTYLE IN 3 Commercial Ads (Semiotics Analysis of Roland Barthes to 3 (Three) Commercial Ads Indie+ Version “Jadi Orang Gede Menyenangkan, Tapi Susah Dijalani). Communication Science. Faculty of Social and Politics Science. Sultan Ageng Tirtayasa University. 2012. Currently, there are so many advertising grow as creative industries and not only selling-product oriented. Television advertising not only about a persuasive message, but also a form of mass communication contains a lot of signs that show a certain social reality, in which audience can interpret the meaning that contained in the ad. The following signs are verbal signs (titles, jargon, ad copy) and nonverbal signs (visualization, illustration, cinematic). 3 (Three) commercial ads Indie+ version is one of the television commercials which its signs and its meaning reflects a social reality, specifically the social reality of urban lifestyle. The main objective of this research is to discover and reveal about: (1) The meaning of denotation and connotation contained in advertisements Indie + 3 version, (2) Myths are built through the system of signs in 3 (Three) commercial ads Indie+ version. The approach in this study is qualitative method of Roland Barthes semiotics. Through the method of semiotics, verbal and nonverbal signs in advertisements can be analyzed through a combination of signifier, and analyzed by denotative and connotative level, so that researchers can discover the hidden meaning and the following myths in the message. The subject of research taking a television commercial ads of provider 3 (Three) Indie+ version which is aired in 2011. The results showed that 3 (Three) commercial ads Indie+ version represents myths and ideologies that exist in the urban lifestyle. Where the urban society opinion that profession, language, and material can elevate status, class, and someone prestige. More, urban society behavior always follow the modern lifestyle that leads to consumerism, materialism, and hedonism which is measured as the joy of life. All that thing is ended in one goal, where urban society want the existence of a whole modern society. On the other side, urban lifestyle is a dilemma that struck a particular social class, like the lower middle class urban society. Because not only the elite who can become a part of the urban lifestyle, considering the lifestyle is no longer a cross-class, but a human rights of freedom, even the lower middle class. That's what happens now in modern society who are the victims of western collonialiation and capitalist industry to the third world countries. Keyword: Urban Lifesyle, Advertising, 3 (Three), Semiotics
Subjects: Communication > Public Relations Science
Communication > Communication (General)
Divisions: 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 70201-Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 22 Jul 2016 03:01
Last Modified: 22 Jul 2016 03:01
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/556

Actions (login required)

View Item View Item