Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PELAYANAN BALAI PELAYANAN PENEMPATAN DAN PERLINDUNGAN TENAGA KERJA INDONESIA (BP3TKI) SERANG DALAM PENEMPATAN DAN PERLINDUNGAN TENAGA KERJA INDONESIA ASAL KABUPATEN SERANG

DATU, VERONICA TORRO and Sjafari, Agus and Widyastuti, Yeni (2015) PELAYANAN BALAI PELAYANAN PENEMPATAN DAN PERLINDUNGAN TENAGA KERJA INDONESIA (BP3TKI) SERANG DALAM PENEMPATAN DAN PERLINDUNGAN TENAGA KERJA INDONESIA ASAL KABUPATEN SERANG. Lainnya thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img]
Preview
Text (VERONICA TORRO DATU - ANE 2015)
PELAYANAN BALAI PELAYANAN PENEMPATAN DAN PERLINDUNGAN TENAGA KERJA INDONESIA (BP3TKI) SERANG DALA - Copy.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview

Abstract

Nama, Veronica Torro Datu NIM. 6661110597 Judul Skripsi. Pelayanan Balai Pelayanan Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BP3TKI) Serang dalam Penempatan dan Perlindungan TKI asal Kabupaten Serang. Program Studi Ilmu Administrasi Negara. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Pembimbing I DR. Agus Sjafari., M.Si. Pembimbing II Yeni Widyastuti, M.Si. Penelitian ini membahas mengenai pelayanan balai pelayanan penempatan dan perlindungan tenaga kerja Indonesia (BP3TKI) Serang dalam penempatan dan perlindungan tenaga kerja Indonesia asal Kabupaten Serang. Dimana dalam melayani pengguna layanan masih terdapat kendala yang membuat TKI asal Kabupaten Serang kurang puas dengan pelayanan yang diberikan. Seperti kurangnya pengawasan dan koordinasi pihak BP3TKI Serang dengan pihak terkait penempatan dan perlindungan, kurangnya komitmen pihak BP3TKI Serang dan kepastian untuk melakukan sosialisasi serta kurangnya sumber daya yang memadai, prosedur yang berbelit-belit dan sarana prasarana serta instruktur yang kurang memadai. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui tingkat pelayanan Balai Pelayanan Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BP3TKI) Serang dalam Penempatan dan Perlindungan TKI asal Kabupaten Serang ditinjau dari indikator Tangibles, Reliability, Responsiveness, Assurance, dan Emphaty. Metode yang digunakan adalah metode deskirptif kuantitatif. Data didapatkan dengan cara penyebaran kuisioner yang disebar kepada 278 responden. Responden dari penelitian ini adalah Tenaga Kerja Indonesia asal Kabupaten Serang. Hasil dari penelitian ini adalah pengguna layanan kurang puas dengan pelayanan yang diberikan oleh pihak BP3TKI Serang. Hal ini dapat dilihat dari kelima indikator, yaitu indikator Tangibles dengan rata-rata angka penafsiran sebesar (1,85), indikator Reliability (1,79), indikator Respponsiveness (1,85), indikator Assurance (1,96), dan indikator Emphaty (1,91). Saran yang peneliti berikan adalah adanya pengawasan dan koordinasi dari pihak BP3TKI terkait penempatan dan perlindungan, sosialisasi diadakan rutin guna memberikan informasi kepada masyarakat, meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia dan memperbaiki sarana dan prasarana penunjang pelayanan. Kata Kunci : Pelayanan, BP3TKI, TKI asal Kabupaten Serang

Item Type: Thesis (Lainnya)
Additional Information: Veronica Torro Datu. 6661110597. Ministry Placement Service Hall and Labor Protection Indonesia (BP3TKI) Serang in the placement and protection of TKI in Serang Regency Study Program of Pubic Administration. Faculty of Social and Politic Science. University of Sultan Ageng Tirtayasa. 1st Advisor Dr. Agus Sjafari., M.Si and 2nd Advistor Yeni Widyastuti., M.Si. This reasearch deals with the placement service Hall service and protection of the workforce of Indonesia origin Serang Regency. Where in serving the users there are still obstacles which make the Labor in Serang Regency less satisfied with thw service provided. Such a lack of supervision and coordination part of BP3TKI Serang with the placement and protection of related parties, the lack of commitment of parties BP3TKI Serang and certainty for doing socialization and lack of adequate resources, the procedures are convoluted and infrastructure as well as the inadequate instructor. The purpose of the research is to know the level of sevice placement and protection of Labor in Serang Regency in terms of indicators of tangibles, reliability, responsiveness, asssurance, and emphaty. Methods used in this research is a method of descriptive quantitativ. Data obtained with a questionaire, in a scattering manner a questionaire distributed to 278 of respondents. Respondents of this research is labor of Indonesia in Serang Regency. The result of this research are users less satified with service provided by BP3TKI Serang. It can be seen from a score servqual on the fifth dimension namely dimension of Tangibles that has a score sevqual (2,06), dimensions reliability (1,97), dimensions Responsiveness (1,93), dimensions Assurance (1,94), dimensions Emphaty (2,1). Suggestion that can be researchers give you is improving facilities and existing infrastructure, increasing the number of officers, improve the employee performance, the quality of human resources needs to be improved by providing training, and increase in discipline against the officers. Suggestion that researchers give is the existence of the supervision and coordination of the placement and related BP3TKI protection, socialization is held regularly in order to provide information to the public, improve the quality of human resources an improve the supporting facilities and infrastrcture services. Keywords: Service, BP3TKI, Labor in Serang Regency
Subjects: H Social Sciences > Public Administration
Divisions: 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 63201-Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 19 Jul 2016 01:56
Last Modified: 19 Jul 2016 01:56
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/483

Actions (login required)

View Item View Item