Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

KUALITAS PELAYANAN RAWAT JALAN DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH (RSUD) DR. ADJIDARMO TERHADAP PENGGUNA PROGRAM KARTU LEBAK SEHAT (KLS) DI KABUPATEN LEBAK PROVINSI BANTEN

FIRDAUS, RIESKY APRIL and Widyastuti, Yeni and Handayani, Riny (2015) KUALITAS PELAYANAN RAWAT JALAN DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH (RSUD) DR. ADJIDARMO TERHADAP PENGGUNA PROGRAM KARTU LEBAK SEHAT (KLS) DI KABUPATEN LEBAK PROVINSI BANTEN. Lainnya thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img]
Preview
Text (RIESKY APRIL FIRDAUS - ANE 2015)
SKRIPSI RIESKY - Copy.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Riesky April Firdaus, NIM 6661083056. Kualitas Pelayanan Rawat Jalan Di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr. Adjidarmo Terhadap Pengguna Program Kartu Lebak Sehat (KLS) di Kabupaten Lebak Provinsi Banten. Program Studi Ilmu Administrasi Negara. Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Pembimbing I Yeni Widyastuti, M.Si dan Pembimbing II Riny Handayani, M.Si. Kata Kunci : Pengguna Kartu Lebak Sehat (KLS), Kualitas Pelayanan. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Kurangnya sarana dan prasarana peralatan ruang tunggu yang tersedia, penggunaan waktu pelayanan serta ketepatan waktu yang tidak sesuai dengan waktu yang sudah ditentukan, Keramahan pelayanan yang tidak sesuai dengan harapan pasien atau masyarakat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan teori Standar Kualitas Pelayanan menurut Gronroos (Arief : 2007) meliputi Professionalism and skill (Profesionalisme dan keahlian), Attitudes and behavior (Sikap dan perilaku), Accessibility and Flexibility (Kemudahan pencapaian dan penyesuaian pelayanan), Reliability and trustworthiness (Keandalan dan Kepercayaan), Recovery (Pengendalian situasi dan pemecahan masalah), Reputation and Credibility (Nama baik dan dapat dipercaya). Teknik Pengumpulan data yang dilakukan adalah melalui wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Teknik analisa data menggunakan teknik analisis interaktif dari Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukan bahwa Kualitas Pelayanan Rawat Jalan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr. Adjidarmo Kabupaten Lebak, Provinsi Banten sudah berjalan dengan cukup baik akan tetapi masih ada beberapa hal yang perlu diperbaiki. profesionalitas dan keahlian petugas medis sudah cukup baik, sikap dan prilaku petugas medis sudah cukup baik akan tetapi masih ada beberapa yang kurang ramah terutama tenaga medis yang berusia muda, respon yang diberikan sudah cukup baik hanya perlu lebih dimaksimalkan, Sarana ruang tunggu masih kurang serta ketidaksesuaian jadwal yang sudah ditentukan dengan pelaksanaanya. Saran dari peneliti adalah Perbaikan sarana dan prasarana dan kelengkapan alat-alat medis yang dibutuhkan oleh pihak RSUD Dr. Adjidarmo, pihak RSUD Dr. Adjidarmo harus memberlakukan reward and punishment untuk petugas medis dan administrasi, Meningkatkan kualitas pelayanan dengan meningkatkan kualitas petugas medis dan administrasi, memberikan sanksi tegas kepada petugas yang tidak ramah terhadap pasien.

Item Type: Thesis (Lainnya)
Additional Information: Riesky April Firdaus, NIM 6661083056. Quality of Outpatient Services at Regional General Hospital (RSUD) Dr. Adjidarmo to owner Card lebak Health (KLS) in Lebak Regency, Province of Banten. Department of Public Administration. Faculty of Politics and Social. Sultan Ageng Tirtayasa University, Advisor I Yeni Widyastuti, M.Si, Advisor II Riny Handayani, M.Si. Keyword : owner Card lebak Health, Quality of Service The research is back grounded by a Lack of Facilities and Infrastructure Equipment waiting, Use and timelines of service time that is not in accordance with the specified time, attitude in the service that is not in accordance with the expectations of the patient or society. The research based on descriptive method with qualitative approach. This research used theories Standards Quality of Service by Gronroos, among other Professionalism and skill, Attitudes and behavior, Accessibility and Flexibility, Reliability and trustworthiness, Recovery, Reputation and Credibility, the technique collecting data is taken trough interview, documentation study and observation. The technique of analyse data used interaktif analyse of Miles and Huberman. The results showed that the quality of outpatient services at the General Hospital Dr Adjidarmo in Lebak, Banten Province has running quite well but there are still some things that need to be repaired. professionalism and expertise of medical personnel has been pretty good, the attitude and behavior of medical personnel has been quite good but there are still some are less friendly medical workers, especially the young, the response has been pretty good just needs to be maximized, facilities and infrastructure are still far away from a decent category and mismatches schedule set by the implementation. Suggestion of researcher is to Improvement of infrastructure and completeness of medical devices required by the local public hospital Dr. Adjidarmo, the local general hospital Dr. Adjidarmo must enforce reward and punishment for the medics and administration, improve the quality of service by improving the quality of medical personnel and administration, give strict punishment to officers who are not friendly to the patient.
Subjects: H Social Sciences > Public Administration
Divisions: 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 63201-Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 18 Jul 2016 04:46
Last Modified: 18 Jul 2016 04:46
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/467

Actions (login required)

View Item View Item