Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

Strategi Media Relations PT Antam (Persero) Tbk Unit Bisnis Pertambangan Emas Pongkor

Chandra, Muhamad and Afrilla, Naniek and Nesia, Andin (2013) Strategi Media Relations PT Antam (Persero) Tbk Unit Bisnis Pertambangan Emas Pongkor. Lainnya thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI KOM - MUHAMAD CHANDRA - 2013)
SKRIPSI KOM - MUHAMAD CHANDRA - 2013.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview

Abstract

Muhamad Chandra. NIM. 6662090993. Skripsi. Strategi Media Relations PT Antam (Persero) Tbk Unit Bisnis Pertambangan Emas Pongkor. Skripsi konsentrasi Ilmu Humas; Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik; Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Kata Kunci: Strategi, Media Relations, Proses Perencanaan, Implementasi dan Evaluasi Media Relations, Antam Pongkor. PT Antam (Persero) Tbk Unit Bisnis Pertambangan Emas Pongkor merupakan sebuah perusahaan tambang Emas. Permasalahan lingkungan menjadi isu utama yang dihadapi setiap perusahaan tambang. Serangkaian kegiatan CSR dan kebijakan-kebijakan perusahaan perlu dipublikasikan secara maksimal di media massa agar pemberitaan yang terjadi sesuai dengan fakta yang ada, maka dari itu diperlukan untuk membina hubungan yang baik dengan media massa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Proses perencanaan, Implementasi dan Evaluasi dari strategi media relations PT Antam (Persero) Tbk Unit Bisnis Pertambangan Emas Pongkor. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui: wawancara langsung dengan 1 (satu) orang key informan dari Antam Pongkor dan 4 (empat) orang informan yang terdiri dari 1 orang dari Antam Pongkor, 2 orang dari media massa yang diwakili oleh wartawan yang berhubungan langsung dengan Antam Pongkor, 1 orang dari Muspika Kecamatan Nanggung sebagai perwakilan dari khalayak Antam Pongkor dan pengamatan langsung peneliti di lapangan. Proses perencanaan dimulai dari mapping media yaitu pemetaan terhadap media massa yang berada di wilayah Bogor untuk mengetahui media mana saja yang menjadi prioritas dalam strategi media relations dan Humas Antam Pongkor menggunakan strategi by serving the media, yaitu memberikan pelayanan terbaik kepada media massa. Pada proses implementasi, monitoring media dilakukan setiap hari dengan menganalisis berbagai media cetak baik lokal maupun nasional, selain itu perusahaan memberikan kebijakan terbuka bertanggung jawab yaitu memberikan informasi yang seluas-luasnya kepada media namun sesuai dengan batas yang ditetapkan. Kegiatan yang dilaksanakan adalah press release, press gathering dan press tour. Pada proses evaluasi, perlu dilakukan mapping media yang lebih luas lagi mengingat terus berkembangnya organisasi maupun institusi media di wilayah Bogor.

Item Type: Thesis (Lainnya)
Additional Information: ABSTRACT : Muhamad Chandra. NIM. 6662090993. Thesis. Media Relations Strategy PT Antam (Persero) Tbk Gold Mining Business Bogor West Java. Final concentrations of Science of Public Relations, Communication Sciences, Studies Program Faculty of Social and Political Sciences, University of Sultan Ageng Tirtayasa. Keywords: Strategy, Media Relations, Process Planning, Implementation and Evaluation of Media Relations, Antam Pongkor. PT Antam (Persero) Tbk Gold Mining Business Bogor West Java is a gold mining company. Environmental problems become a major issue that facing by any mining company. A csr activities series and the policies company have been publishing maximally in the mass media to annunciation the news that happened, goes along with the fact. So it require a good relationship between a company and mass media. This research purpose is to find such as : planning process, implementation, and evaluation of media relations strategy PT Antam (Persero) Tbk Gold Mining Business Bogor West Java. The method that used by this research is descriptive qualitative with collective technique through as : live interview with 1(one) key informant from antam pongkor and 4 (four) informants consisting of 1 (one) person from antam pongkor, 2 (two) person from mass media, represented by journalists who connect with antam pongkor, 1 (one) person from nanggung district leaders as representative from public of antam pongkor and direct observation at the field. The planning process starts from mapping media as mapping to mass media located at Bogor to know which one from media became priority in media relations strategy and public relations from Antam Pongkor use by serving the media strategy. In implementation process, media monitoring is used everyday to analyzing various newspaper from local region and domestic region. apart from that, the company make a policy which called extroverted and responsible to provide information as wide as the media want, however it still must comply with the stipulated restriction. The activities implemented are press release, press gathering, and press tour. During the evaluation process, the media relations company should perform a broader mapping media because the media organization and institutions are constantly grow in Bogor area.
Subjects: Communication > Public Relations Science
Communication > Communication (General)
Divisions: 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 70201-Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 06 Jan 2014 06:43
Last Modified: 06 Jan 2014 06:43
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/300

Actions (login required)

View Item View Item